Sukses


5 Pemain Arsenal Paling Berkembang Pesat Musim Ini: Jaga Asa Juara Liga Inggris

Bola.com, London - Arsenal belum mau lempar handuk dalam perburuan gelar Liga Inggris 2023/2024. Meski kembali melorot ke posisi ketiga klasemen sementara dengan tabungan 58 poin, The Gunners maju tak gentar menantang dua pesaing terberat yakni Liverpool dan Manchester City.

Berkaca dari musim lalu, ketika pasukan Mikel Arteta nyaris menggondol gelar Liga Inggris 2022/2023, Meriam London tak mau lagi mengulangi kesalahan dengan tampil mengecewakan di pekan-pekan terakhir.

Beruntung, Arsenal punya sederet pemain nan mumpuni di semua lini. Bahkan, lima di antaranya mengalami peningkatan yang sangat signifikan sepanjang musim ini.

Jika bisa mempertahankan performa terbaik, bukan tak mungkin Arsenal bakal meraih gelar yang sangat mereka idam-idamkan selama ini.

Bersama lima bintangnya tadi, Arsenal siap menuntaskan misi suci. Lantas, siapa saja kelima pemain tersebut?

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Jorginho

Perekrutan Jorginho pada Januari 2023 merupakan tindakan cepat Arsenal untuk memperkuat skuad dengan pemain berpengalaman para paruh kedua musim itu untuk membantu dalam perebutan gelar Liga Inggris 2022/2023. Namun, dampak Jorginho hanya sementara dan tim asuhan Mikel Arteta terpuruk.  

Jorginho sempat ragu menjelang musim 2023/2024, namun berhasil memulihkan performa terbaik saat bekerja bersama Declan Rice, yang juga tampil luar biasa. Keberadaan Rice berhasil mengeluarkan kemampuan terbaik Jorginho, yang berdarah Italia-Brasil.

Pada usia 32 tahun, dia menemukan alur pada musim penuh pertamanya di Emirates. Jorginho terus melakukan umpan-umpan untuk bersenang-senang agar Arsenal terus melaju menuju gelar.

Penampilannya tidak terdeteksi radar, namun ia berada pada level yang sama dengan saat Chelsea menjuarai Liga Champions dan Italia memenangi Euro 2020.

Dia sangat penting bagi The Gunners.

 

3 dari 6 halaman

2. Bukayo Saka

Potensi besar dan bakat saka sudah diketahui publik selama beberapa waktu. Tetapi, rasanya kita seperti menyaksikan dia meroket menuju ketenaran secara nyata pada musim 2023/2024.

Mengintimidasi para pemain belakang dengan serangan memotong ke dalam dan kaki kirinya yang mengerikan, musim ini ia menambahkan kekuatan yang lebih besar, yaitu kaki kanannya. Itu terbukti mematikan.

Sebanyak 16 gol dan 13 assist dalam 34 penampilan di semua kompetisi bahkan belum menceritakan kisah lengkapnya. Pemain berusia 22 tahun ini tidak diragukan lagi telah mencapai level kelas dunia dan layak mendapatkan penghargaan atas kemajuan signifikan saat dibutuhkan.

Statistiknya tidak berbohong. Kelas dunia.

 

4 dari 6 halaman

3. Kai Havertz

Orang-orang masih enggan mengakuinya, tapi Havertz diam-diam tampil luar biasa untuk Arsenal, meski tidak selalu konsisten.

Pada musim pertamanya sebagai pasukan Gunners setelah didatangkan dari Chelsea dengan nilai transfer 65 juta pounds, Havertz selalu menjadi buah bibir.  Arteta selalu percaya pada pemain Jerman itu dan membuahkan hasil dalam bentuk sepak bola yang indah dan efektif.

Sebagai pesepak bola yang sangat lengkap, Havertz akan berlari melewati tembok untuk Arteta dan tampil cemerlang baik itu di lini tengah, di sayap, atau sebagai penyerang tengah. 

Arsenal tidak akan sebaik ini tanpa pemain berusia 24 tahun itu.

 

5 dari 6 halaman

4. David Raya

Pilihan yang agak licik karena Raya tidak benar-benar bermain untuk Arsenal musim lalu. Tetapi Raya belum berkembang pesat pada 2022/2023 ketika berada di bawah mistar gawang Brentford.

Banyak alis terangkat ketika Arteta memboyong Raya jelang musim 2023/2024. Terlebih lagi ketika ia mencopot Aaron Ramsdale untuk menjadi penjaga gawang pilihan pertama.

Namun, setelah awal yang buruk, pria asal Spanyol ini tampak seperti kiper yang cerdik dan berperan penting dalam kemajuan Arsenal secara keseluruhan.

Ramsdale kurang beruntung, namun dalam permainan dengan margin yang bagus, Raya terbukti lebih tenang di saat-saat menegangkan dan lebih konsisten.

Keuntungan kecil itulah yang perlu dicari oleh The Gunners agar menjadi lebih baik, dan kebangkitan Raya adalah kunci.

 

6 dari 6 halaman

5. Jakub Kiwior

Tidak terdeteksi radar, Kiwior mungkin menjadi salah satu pemain yang paling diremehkan di Premier League saat ini. Peningkatan performanya sejak penandatanganan kontrak sangat mencolok.

Kiwior mengalami awal yang lambat di London setelah meninggalkan Spezia pada Januari 2023.

Dia berjuang menemukan alur ketika tuntutan gelar mereka semakin berkurang dan harus bersabar lagi musim ini, tetapi cedera telah memberinya kesempatan. Dia tidak pernah menoleh ke belakang.

Pemain internasional Polandia berusia 24 tahun itu terbang sebagai bek kiri menggantikan Oleksandr Zinchenko.

Meskipun jelas masih memiliki ruang untuk berkembang, Kiwior berperan penting dalam keamanan pertahanan Arsenal pada 2024.

Pengaruhnya terhadap peningkatan pertahanan The Gunners tidak boleh diabaikan.

Sumber: Planet Football

Video Populer

Foto Populer