Sukses


Liverpool Bakal Untung Besar Tunjuk Richard Hughes Jadi Direktur Olahraga: Ini 5 Transfer Hebatnya Bersama Bournemouth

Bola.com, Jakarta - Klub raksasa Inggris, Liverpool menunjuk Richard Hughes sebagai direktur olahraga mereka yang baru pada Rabu (20/3/2024), yang merupakan fase lanjutan dari upaya perombakan manajemen klub.

Hughes yang merupakan mantan pemain internasional Skotlandia, sebelumnya mengumumkan kepergiannya sebagai direktur teknik Bournemouth pada awal bulan ini. Ia akan efektif mengisi posisi barunya tersebut mulai 1 Juni mendatang.

Pria berusia 44 tahun ini akan bergabung dengan The Reds setelah meninggalkan jabatannya sebagai direktur teknik di AFC Bournemouth, di mana ia menjalani sepuluh tahun kepemimpinan yang sukses bersama klub di pesisir selatan tersebut.

"Hughes secara resmi akan mengambil alih tanggung jawab di AXA Training Centra pada tanggal 1 Juni menjelang musim 2024/2025 setelah ditunjuk oleh Michael Edwards, yang baru-baru ini diangkat sebagai Fenway Sports Group’s CEO of Football. Keduanya sebelumnya pernah bekerja sama selama karier Hughes sebagai pemain di Portsmouth," demikian tulisan Liverpool dari situs resmi mereka.

Liverpool disebut bakal untung dengan bergabungnya Richard Hughes yang dinilai sebagai juru transfer yang hebat. Ia memiliki rekam jejak yang menunjukkan bahwa dia adalah orang yang tepat untuk menerima tantangan tersebut.

Berikut ini beberapa transfer hebat yang pernah dilakukannya saat bersama Bournemouth.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Tyrone Mings

Bek Aston Villa, Tyron Mings menjadi nama pertama dalam daftar ini. Pemain berusia 22 tahun yang pernah bermain di klub seperti Ipswich dan Chippenham.

Sosoknya tidak jelas akan menjadi pemain seperti apa Mings ketika dia menandatangani kontrak dengan Bournemouth seharga 8 juta pounds. 17 penampilan di Premier League dalam tiga setengah musim tidak mengubah anggapan tersebut.

Namun masa pinjaman di Aston Villa diikuti dengan biaya transfer 20 juta pounds, dan akhirnya panggilan Timnas Inggris untuk Mings. Ketertarikan Hughes terhadap bakat-bakat baru serta kecerdasan finansialnya terbukti menjadi kunci bagi keuntungan 12 juta yang diterima The Cherries (julukan Bournemouth) melalui bisnis ini.

3 dari 7 halaman

Callum Wilson

Setelah mencetak 21 gol di League One saat membela Coventry City, Wilson dibawa Hughes ke Bournemouth dengan harga 3 juta pounds. Callum Wilson adalah bakat yang belum terbukti pada saat itu hanya dengan satu penampilan.

Beberapa musim kemudian, dia mencetak 67 gol untuk Bournemouth di semua kompetisi dan menjadi pemain pertama Bournemouth yang dipanggil oleh Timnas Inggris saat berada di The Carries.

Lalu Wilson pindah ke Newcastle setelah Bournemouth terdegradasi, dan The Cherries menerima 20 juta pounds sebagai imbalannya. Berarti biaya enam kali lipat dari uang yang mereka keluarkan untuk mendatangkannya.

4 dari 7 halaman

Aaron Ramsdale

Pada tahun 2017 kiper Aaron Ramsdale bergabung dengan Bournemouth dari Sheffield United dengan harga 800 ribu pounds. Dia kemudian menyelesaikan pinjamannya ke Chesterfield dan Wimbledon, di samping 37 penampilan untuk Bournemouth.

Bournemouth mengantongi 18,5 juta pounds, setelah hanya satu musim menjadi pilihan pertama klub. Jelas mereka mendapat keuntungan £17,7 juta dari kiper yang kini bermain di Arsenal.

5 dari 7 halaman

Dominic Solanke

Biaya transfer Solanke mencapai 19 juta pounds, diikuti dengan 42 penampilan di Premier League dan tiga gol bukanlah tanda bisnis transfer yang cerdik.

Namun ketika kepindahannya dipertanyakan, Hughes masih sangat yakin dengan potensi Solanke. Sekarang jelas bahwa Hughes dan Solanke telah terbukti benar-benar menjadi tumpuan Bournemouth.

29 gol pada musim 2021/2022 membuat Bournemouth kembali ke kasta tertinggi. Solanke juga bersaing dengan Ollie Watkins dan Erling Haaland dalam daftar pencetak gol terbanyak musim ini.

6 dari 7 halaman

Nathan Ake

Siapa tak kenal Nathan Ake, bek andalan Manchester City. Setelah tiga musim di Bournemouth, penjualannya senilai 41 juta pounds ke Manchester City adalah rekor penjualan klub.

Treble, clean sheet di final Liga Champions, dan perburuan gelar liga keempat berturut-turut menunjukkan kemampuan Ake bersama Man City dan bukanlah bek sembarangan.

Bournemouth jelas punya keuntungan mencapai 21 juta pounds dalam investasi bek asal Belanda itu.

Belum lagi keuntungan £21 juta yang dikantongi Hughes untuk klub setelah penjualannya. Namun namanya juga manusia, Richard Hughes juga punya beberapa investasi gagal seperti Jordan Ibe, Benik Afobe, Brad Smith, dan Lewis Grabban.

 

Sumber: Mail Sport

7 dari 7 halaman

Intip Pesaingan di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer