Sukses


Declan Rice Ditunjuk Jadi Kapten Timnas Inggris saat Hadapi Belgia, Sampai Tak Bisa Berkata-kata!

Bola.com, Jakarta - Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, menunjuk Declan Rice sebagai kapten tim saat menghadapi Belgia dalam laga uji coba internasional, Rabu (27/3/2024) dini hari WIB. Declan Rice mengaku tidak bisa berkata-kata setelah diberikan kepercayaan tersebut.

Pertandingan melawan Belgia di Stadion Wembley akan menjadi caps ke-50 Declan Rice bersama Timnas Inggris. Hal itu juga akan menjadikan Declan Rice sebagai pemain Inggris termuda dengan 50 penampilan bersama The Three Lions.

Menariknya, Declan Rice mengaku kaget dan terdiam ketika diberitahukan oleh Gareth Southgate mengenai keputusan menjadikan dirinya kapten dalam laga tesebut.

"Kami saling menatap dengan canggung," ujar Declan Rice dikutip dari Dailymail, Selasa (26/3/2024)

"Saya tidak bisa berkata-kata. Saya berdiri, berjabat tangan dengannya, memberikan pelukan, dan berkata, 'terima kasih banyak'," lanjut gelandang Timnas Inggris itu.

"Sejak saya bergabung dengan tim, dia telah memberikan kepercayaan dan keyakinannya pada saya. Untuk sekarang memenangkan 50 caps dan menjadi kapten tim, saya tidak bisa berkata-kata,” ujar Declan Rice.

2 dari 4 halaman

Merasa Terhormat

Mengenai kesempatannya menjadi kapten Timnas Inggris, Declan Rice, merasa mendapatkan kehormatan, terutama karena pertandingan ini memiliki arti baginya.

Mantan kapten West Ham United ini mengikuti jejak pendahulunya Bobby Moore dan bonus tambahan menyalip 49 caps Sir Geoff Hurst.

“Pengalaman 10 tahun di West Ham membentuk saya menjadi seperti sekarang ini. Ketika saya menjadi kapten West Ham, kepercayaan diri saya dan sebagai seorang pemimpin semakin meningkat. Saya masih melihat diri saya berjalan ke arah itu,” ujar Rice.

“Lima puluh caps adalah momen. Saya telah berkembang pesat sebagai pemain dan pribadi sejak saya pertama kali masuk ke grup pada usia 19 tahun," ujar Declan Rice.

"Saya mungkin adalah pemain yang gugup ketika pertama kali masuk ke skuad Inggris. Tapi saya pikir saya sudah dewasa. Saya menikmati setiap momen,” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Menatap 50 Caps

Saat ini hanya Wayne Rooney, Michael Owen, Raheem Sterling, dan Marcus Rashford, yang mencapai 50 caps bersama Timnas Inggris lebih cepat dari Declan Rice.

Dengan begitu Declan Rice menunjukkan kualitasnya, sehingga ia bisa mencapai 50 caps pada usianya yang masih 25 tahun karena dipercaya memperkuat Timnas Inggris. Rice mencetak gol pertamanya saat menang 5-0 atas Republik Ceska pada Maret 2019.

“Suatu malam, kami melihat caps dan orang-orang yang telah saya lampaui. Semoga saya terus naik. Bagiku, itu masih belum terasa nyata," ujar Declan Rice.

"Saya tetap Dec, hanya laki-laki biasa. Saya bermain untuk Inggris, bermain untuk Arsenal, dan saya meraih impian saya,” kata gelandang Inggris itu.

4 dari 4 halaman

Menjadi Diri Sendiri

Declan Rice juga mengatakan pendekatan terbaik untuk menjadi seorang kapten adalah dengan menjadi diri sendiri. Namun, dalam peran ini ada satu hal yang membuatnya terganggu, yaitu pembicaraan tim sebelum pertandingan.

“Itu bagian terburuknya. Harry Kane selalu berbicara. Ada malam yang bicara adalah Kyle Walker. Kieran Trippier ketika dia menjadi kapten membuat pidato yang lucu dan mengacaukannya dan semua orang mulai tertawa," ujar Rice.

“Saya tahu akan ada tekanan kepada saya. Namun, saya akan membuatnya singkat dan manis sebelum pertandingan,” lanjutnya. (Farrel Hetharia)

Sumber: Dailymail

Video Populer

Foto Populer