Sukses


Kans MU Menyodok ke Empat Besar Liga Inggris: Bak Misi Mustahil Geser Aston Villa

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) punya target finis di peringkat empat besar klasemen akhir Premier League 2023/2024. Namun, dengan sisa 9 laga hingga akhir musim, The Red Devils masih berada di peringkat keenam dengan selisih 11 poin dari Aston Villa yang ada di posisi empat besar.

MU tercatat sudah meraih 15 kemenangan dan 3 hasil imbang dari 29 pertandingan yang sudah mereka jalani. The Red Devils punya 48 poin, terpaut 19 poin dari Liverpool yang tengah berada di puncak klasemen.

Ya Liverpool tengah bersaing ketat dengan Arsenal dan Man City untuk menjadi juara Liga Inggris. Sementara satu posisi terakhir di empat besar, yang merupakan jatah terakhir ke Liga Champions, juga masih diperebutkan oleh Aston Villa, Liverpool, MU, dan mungkin juga West Ham United.

Melihat selisih poin dengan Liverpool, MU secara matematika masih mungkin untuk naik hingga ke puncak klasemen. Namun, logikanya tentu tidak semudah itu.

Sulit membayangkan The Reds terpeleset dalam tujuh pertandingan dari sembilan laga tersisa, sementara MU konsisten meraih kemenangan dalam jumlah laga yang sama.

2 dari 5 halaman

Empat Besar Masih Realistis

 

Kondisi itu tentu membuat mengejar posisi puncak klasemen Premier League adalah sesuatu yang jauh lebih mustahil dibandingkan posisi empat besar Premier League. Jarak 11 poin dari Aston Villa tampaknya menjadi jarak yang lebih realistis meski juga tak mudah menggapainya.

Untuk itu, MU harus berharap Aston Villa terpeleset dalam empat pertandingan dari lima laga tersisa. Sementara MU pun harus bisa memaksimalkan jumlah yang sama dengan raihan tiga poin penuh.

Melihat sisa 9 pertandingan yang dimiliki Aston Villa, setidaknya ada tiga pertandingan yang berpotensi membuat mereka terpeleset, yaitu ketika bertandang ke Etihad Stadium dan Emirates Stadium untuk menghadapi Man City dan Arsenal pada 4 dan 14 April. Serta saat menjamu Liverpool pada 11 Mei 2024.

Artinya, dengan harapan Aston Villa juga terpeleset dalam satu laga lain di antra laga kontra Brentford, Bournemouth, Chelsea, Brighton, dan Crystal Palace, bisa saja MU mengambil alih posisi empat besar.

3 dari 5 halaman

Masih Hadapi Arsenal dan Liverpool, MU Harus Pastikan Kemenangan di 7 Laga Lain

 

Sementara itu, MU masih akan menjamu Liverpool pada 7 April dan Arsenal pada 11 Mei 2024. Mungkin dua pertandingan yang digelar di Old Trafford itu juga belum pasti bisa dimenangkan oleh The Red Devils, tetapi setidaknya MU harus bisa meraih kemenangan dalam tujuh laga lain.

Ketujuh laga lain itu antara lain bertandang ke markas Chelsea dan Bournemouth, menjamu Newcastle United dan Sheffield United, menjamu Burnley, dan bertandang ke markas Crystal Palace dan Brighton.

Andai MU bisa memastikan konsistensi mereka dalam minimal 7 laga tersisa, sementara Aston Villa juga terpeleset dalam empat laga yang mereka jalani, The Red Devils bisa finis di posisi empat besar.

4 dari 5 halaman

Jangan Lupakan Tottenham Hotspur

Namun, di antara Aston Villa dan MU, ada Tottenham Hotspur yang ada di peringkat kelima. Spurs memiliki 56 poin, terpaut tiga poin di belakang Aston Villa dan unggul delapan poin atas MU.

Jadi Spurs juga menjadi rintangan besar bagi MU untuk bisa finis di peringkat empat besar walau hitungan Aston Villa terpeleset dalam empat laga yang dibutuhkan bagi MU demi meraih empat besar.

Dengan selisih delapan poin, MU minimal berharap Tottenham Hotspur terpeleset dalam tiga pertandingan di antara sembilan laga tersisa. Menariknya, melihat lawan-lawan yang dihadapi, kemungkinan itu sangat besar.

Tottenham Hotspur masih harus menghadapi tim-tim peringkat tiga besar Premier League. Totetnham masih akan menjamu Man City dan Arsenal serta bertandang ke markas Liverpool. Tiga laga itu akan sangat berat bagi Spurs.

Selain itu, Tottenham juga masih akan bertandang ke markas West Ham United, Newcastle United, dan Sheffield United. Mereka juga masih akan menjamu Nottingham Forest dan Burnley.

Jadi mampukah MU menjadi tim yang lebih konsisten daripada Aston Villa dan Tottenham Hotspur dalam 9 laga tersisa di Premier League musim ini?

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Video Populer

Foto Populer