Sukses


16 Statistik Dahsyat Erling Haaland, Raja Gol Premier League: Maaf, Kylian Mbappe Minggir Dulu Ya

Bola.com, Jakarta Erling Haaland mencetak dua gol saat Manchester City mengalahkan Tottenham 2-0 di Stadion Tottenham Hotspur, Rabu (15/5/2024) dini hari WIB.

Juara bertahan tiga kali itu akan memasuki pertandingan putaran terakhir dengan keunggulan dua poin atas Arsenal.

City akan menjamu West Ham pada pertandingan liga terakhirnya musim ini, sementara Arsenal juga akan menjamu Everton.

“Para pemain tenis mengatakan ‘servis untuk memenangkan Wimbledon’, pertandingan terakhir, adalah yang tersulit,” kata manajer City Pep Guardiola. “Kami tahu untuk apa kami bermain. Ketegangannya ada, saingannya sangat bagus. Itu sebabnya ini sulit, kami tahu itu.”

Erling Haaland membawa City unggul pada menit ke-51 setelah mengkonversi umpan silang Kevin De Bruyne dari jarak dekat.

Dia mencetak gol keduanya dari titik penalti pada menit pertama masa tambahan waktu setelah Pedro Porro menjatuhkan Jeremy Doku.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

8 Rekor Pertama

  1. Haaland menjadi pemain tercepat yang mencetak 50 gol di Premier League, hanya membutuhkan 48 pertandingan untuk mencapai itu. Andy Cole butuh 65 pertandingan, Alan Shearer 66,Ruud v an Nistelrooy 68, sedangkan Mo Salah dan Fernando Torres masing-masing membutuhkan 72 penampilan.
  2. Tidak ada pemain yang pernah mencetak dua gol pertama dalam satu musim Premier League sebelum Haaland berhasil mencetaknya melawan Burnley.
  3. Haaland telah mencetak tepat dua gol pada matchday pertama dari empat musim liga terakhirnya.
  4. Haaland telah mencetak gol melawan 22 lawan yang dia hadapi di Premier League, menyelesaikan set tersebut melawan Luton. Chelsea, Liverpool dan Brentford adalah satu-satunya tim yang tidak bisa memasukkan Haaland musim lalu, dan semua tim tersebut kini telah masuk dalam daftarnya bersama dengan tiga klub promosi.
  5. Erling Haaland memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim Premier League di musim debutnya untuk Manchester City, mencetak 36 gol dalam 35 penampilannya, mengalahkan Andy Cole dan Alan Shearer (yang keduanya mencetak rekor dalam 42 pertandingan)
  6. Tidak ada pemain yang mencetak gol lebih banyak di musim liga papan atas Inggris daripada 36 gol Haaland pada musim 2022/23 sejak Ron Davies mencetak 37 gol untuk Southampton pada musim 1966/67.
  7. Haaland memecahkan rekor gol terbanyak dalam satu musim di semua kompetisi oleh pemain Premier League (52), melampaui Mo Salah pada 2017/18 dan Ruud van Nistelrooy pada 2002/03 (keduanya 44).
  8. Satu-satunya pemain dalam sejarah sepak bola papan atas Inggris yang mencetak lebih banyak gol di semua kompetisi dalam satu musim daripada 52 gol Haaland pada 2022/23 adalah Dixie Dean (63 untuk Everton pada 1927/28).
3 dari 5 halaman

Rekor Hattrick

  • Haaland adalah pemain pertama di Premier League yang mencetak hattrick dalam tiga pertandingan kandang berturut-turut, dan merupakan pemain Manchester City pertama yang mencetak hattrick derby Manchester sejak tahun 1970 sebelum Phil Foden segera bergabung dengannya.
  • Haaland adalah pemain tercepat yang pernah mencetak 25 gol di bawah Pep Guardiola, melakukannya dalam 20 pertandingan untuk mengalahkan Lionel Messi (28), Samuel Eto’o (30), Sergio Aguero (35) dan Thierry Henry (41).
  • Tidak ada pemain yang mencetak gol lebih banyak dalam satu musim untuk Manchester City selain Haaland. Rekor 38 gol Tommy Johnson bertahan sejak 1929 sebelum Haaland memecahkannya pada pertengahan Maret di kampanye debutnya.
4 dari 5 halaman

Monster Muda

  • Haaland adalah pemain tercepat dan termuda yang mencapai 20 gol di Liga Champions, menghapus rekor Harry Kane sebelumnya yang sangat mengesankan yaitu 24 pertandingan dengan selisih 10 gol ketika mencapai rekor tersebut hanya dalam 14 pertandingan untuk Salzburg dan Dortmund. Pada usia 20 tahun 231 hari, Haaland setahun lebih muda dari pemegang rekor sebelumnya Kylian Mbappe sebagai pemain termuda yang mencapai 20 gol Liga Champions.
  • Haaland juga menjadi pemain tercepat dan termuda yang mencapai 30 gol di Liga Champions, mencapai angka tersebut dalam 25 pertandingan dan dengan demikian memecahkan rekor 34 pertandingan Ruud van Nistelrooy sebelumnya, sekaligus mengalahkan Kylian Mbappe dengan selisih 116 hari.
  • Haaland memang juga menjadi pemain tercepat dan termuda yang mencapai 40 gol di Liga Champions.
  • Hanya Lionel Messi, Cristiano Ronaldo (keduanya 8), Robert Lewandowski (6), Karim Benzema (4), Mario Gomez, Filippo Inzaghi, Luiz Adriano dan Neymar (3) yang mencetak hat-trick Liga Champions lebih banyak dalam kariernya daripada dua hattrick Haaland.
5 dari 5 halaman

Rekor Gol Premier League

Erling Haaland kini telah mencetak 63 gol dalam 65 penampilan Liga Inggris, yang terbanyak dari pemain mana pun dalam dua musim pertamanya di kompetisi. Dia unggul delapan gol dari Andrew Cole.

 

 

Sumber: Opta, Football 365

Video Populer

Foto Populer