Sukses


Sepak Bola Inggris Dinilai Sudah Kehilangan Identitas

Bola.com, London - Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, menilai sepak bola Inggris saat ini sudah kehilangan identitas. Menurut dia, salah satu alasannya karena Premier League terlalu didominasi dengan pemain-pemain luar negeri. 

Pernyataan itu diungkapkan Del Bosque menjelang laga uji coba melawan Inggris di Estadio Jose Rico Perez, Sabtu (14/11/2015). Pertandingan tersebut merupakan persiapan kedua tim menghadapi putaran final Piala Eropa 2016 Prancis. 

Inggris lolos setelah sukses memuncaki Grup E, sementara Spanyol menjadi juara Grup C. Namun, statistik skuat The Three Lions lebih baik lantaran mampu meraih catatan sempurna, 10 kali menang dari 10 pertandingan. 

Meski begitu, Del Bosque mengaku tidak terlalu memusingkan rekor tersebut. Menurut pelatih yang sukses membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 itu, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) harus tetap serius mengatasi masalah identitas permainan Inggris. 

"Menurut saya, sudah tidak ada lagi 'sepak bola Inggris'. Mereka tidak punya identitas asli. Hal itu terjadi karena ada percampuran gaya berbeda setelah kedatangan beberapa pemain dari luar negeri sehingga membuat mustahil untuk memertahankan gaya bermain 'sepak bola Inggris'," ujar Del Bosque. 

"Saya membayangkan masih ada beberapa keanehan di dalam klub Inggris yang sejak dulu dikenal dengan gaya bermain 'sangat Inggris', tetapi sulit untuk menemukan klub-klub tersebut di dalam lapangan."

"Pada akhirnya identitas murni tim nasional hilang. Menurut saya, kondisi ini memang tidak terlalu berbeda di negara-negara lain. Mungkin saya melewatkan sesuatu, tetapi timnas Inggris saat ini telah mulai terlihat seperti tim lain di benua Eropa," tambah Del Bosque. 

Inggris memang belum pernah kembali mencicipi trofi Internasinal sejak meraih trofi Piala Dunia 1966. Setelah itu, prestasi terbaik tim yang kini dilatih Roy Hodgson tersebut adalah mencapai semifinal Piala Dunia 1990 dan Piala Eropa 1996. 

Sumber: Skysports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer