Sukses


Statistik Keberhasilan Persipura Tundukkan Bengaluru FC

Bola.com, Bengaluru - Persipura Jayapura melangkah ke babak 16 besar Piala AFC 2015 dengan status sebagai juara Grup E usai mengalahkan Bengaluru FC. Berikut statistik pertandingannya.

Pertandingan yang berlangsung Stadion Sree Kanteerava, Selasa (12/5/2015) malam WIB, itu memang menjadi partai penentu juara Grup E.

Pada pertemuan pertama di Jayapura Maret lalu, Bengaluru mengalami kekalahan 3-1, dan setelahnya Bengaluru tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan di liga domestik. Hal tersebut menunjukkan performa tim asuhan pelatih Ashley Westwood itu sedang bagus.

Tapi di pertandingan itu, Persipura tampak menjadi tim yang paling haus kemenangan. Pelatih Osvaldo Lessa sebelum pertandingan memang menargetkan lawatan tersebut tidak hanya untuk mencari hasil imbang, dan hal tersebut terbukti dari jalannya pertandingan.

Baca Halaman Selanjutnya------>

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

1

Passing Game Persipura Mematikan

Bengaluru pada pertandingan kali ini kembali diperkuat beberapa pemain intinya seperti striker Robin Singh. Dengan modal itu Pelatih Ashley Westwood mencoba langsung menggempur Persipura.

Usaha mereka berhasil di pertengahan babak pertama melalui gol Udanta Singh yang muncul dari lini kedua memanfaatkan umpan Robin Singh yang berhasil menarik pertahanan Persipura melebar ke sisi kiri pertahanan Mutiara Hitam.

Tersengat dengan gol tersebut, Persipura langsung mengurung Bengaluru dengan passing game khas ala Persipura. Total, para punggawa  Persipura melepaskan 276 operan sukses dengan akurasi 91% di sepanjang babak pertama.

Ian Louis Kabes menjadi pemain Mutiara Hitam yang paling banyak melakukan operan pada babak pertama. Akurasi umpan suksesnya mencapai 98 persen.

Paham bahwa para pemain Bengaluru akan banyak menumpuk di lini pertahanannya, pelatih Lessa sepertinya menginstruksikan pemainnya untuk juga mencoba melakukan tembakan jarak jauh.

Tercatat, ada total tujuh tembakan dari luar kotak penalti yang dilakukan oleh para pemain Persipura, di mana satu diantaranya berbuah gol yang dicetak oleh Robertino Pugliara.

3 dari 4 halaman

2

Permainan Persipura Efektif di Babak Kedua

Di awal babak kedua, tempo permainan sempat menurun. Hal tersebut dikarenakan Bengaluru memang menggunakan taktik bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik cepat. Sementara Persipura terlihat susah untuk menembus lini pertahanan Bengaluru.
 
Untuk menambah intensitas serangan, pelatih Lessa memasukkan Lim Jun Sik menggantikan Nelson Alom yang memang cenderung lebih bertahan. Perubahan taktik ini membuahkan hasil, lagi-lagi melalui tendangan jarak jauh, kali ini dilakukan Imanuel Wanggai bekerja sama dengan Boaz.

Dengan skor 2-1, Bengaluru membutuhkan setidaknya dua gol untuk bisa memuncaki klasemen grup E. Pemain Bengaluru sepertinya mulai kehabisan motivasi, hal tersebut berujung pada gol ketiga Persipura yang dicetak sang kapten Boaz Solossa.

Bermula dari pergerakan Ruben Sanadi yang bermain aggresif di sisi kanan pertahanan Bengaluru, pemain bernomor punggung 14 itu melepaskan umpan silang yang dengan mudah ditanduk Boaz.

Umpan tersebut menjadi umpan silang kedua Ruben yang menemui target di pertandingan ini. Akurasi umpan silang Ruben mencapai 40%.

Taktik serangan balik Bengaluru dengan mudah dapat dibaca pertahanan Persipura. Tercatat bahwa Bio Paulin saja mampu melakukan 11 clearance dan 3 intersep, dikarenakan pemain Bengaluru hanya mengirim umpan silang ke kotak penalti Persipura tanpa tujuan yang jelas.

Hingga berakhirnya pertandingan penguasaan bola jauh berada di pihak Persipura, yakni 64% berbanding 36%. Immanuel Wanggai, Ruben Sanadi, Ian Kabes, dan Robertino menjadi pemain sentral di lini tengah dengan total passing sukses Persipura sebanyak 516, jauh dibanding Bengaluru sebanyak 256 operan.

Skor 1-3 cukup menggambarkan pertandingan, Persipura yang berani bermain menyerang meskipun dikandang lawan. Persipura nantinya berhak menjadi tuan rumah (babak 16 besar AFC hanya 1 leg) menghadapi peringkat kedua grup G, laga tersebut akan digelar pada 26 Mei mendatang.

4 dari 4 halaman

4

Data & Statistik Lab Bola

http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/875604/original/052800900_1431496157-Bengaluru_FC_vs_Persipura-01.jpg

Baca Juga:

Bungkam Bengaluru, Persipura Juara Grup E

Bengaluru FC Akui Partai Kontra Persipura Akan Jadi Laga Sulit

[[WAWANCARA]: Oswaldo Lessa: Persipura Sudah Seperti Keluarga](2226403 "")

Video Populer

Foto Populer