Sukses


Bayern Munchen: Di Mana Posisi Terbaik David Alaba?

Bola.com, Munchen - Bayern Munchen, melalui akun Instagram-nya, melakukan jajak pendapat mengenai posisi terbaik bagi David Alaba. Ternyata, mayoritas para follower menyebut Alaba lebih pantas bermain sebagai bek kiri.

Polling tersebut jelas berbeda dengan kenyataan asli di lapangan. Pelatih Die Roten, Josep Guardiola, lebih sering menempatkan Alaba sebagai bek tengah untuk berduet dengan Jerome Boateng ataupun Mehdi Benatia.

Pada musim ini saja, Alaba 14 kali ditempatkan sebagai bek tengah. Sedangkan satu-satunya kesempatan Alaba bermain selain sebagai bek tengah terjadi saat Bayern menghadapi VfL Wolfsburg pada Piala Super Jerman, 1 Agustus 2015. Saat itu, Alaba bermain di posisi bek kiri.

Sebelum pertandingan melawan FC Koln, Sabtu (24/10/2015), Guardiola memuji kemampuan Alaba yang bisa ditempatkan di berbagai posisi. Guardiola bahkan menyebut Alaba sebagai "Tuhan"-nya Bayern.

"David Alaba adalah 'Tuhan' kami. Dia bisa bermain di sepuluh posisi selain penjaga gawang," kata Guardiola kepada Sport.

Pada awal karier bersama Bayern, Alaba merupakan seorang gelandang bertahan. Seiring waktu, Alaba bertransformasi sebagai bek kiri yang bertahan hingga beberapa tahun.

Namun, sejak kedatangan Guardiola ke Bayern, Alaba mulai dipercaya tampil di posisi bek tengah. Meski tidak memiliki postur yang tinggi, Alaba dinilai mampu membaca permainan dengan baik.

Selain kemampuannya mengisi banyak posisi, Alaba juga piawai mencetak gol. Tendangan bebas menjadi salah satu spesialisasi pemain asal Austria itu.

Sumber: Transfermarkt, Squawka

Video Populer

Foto Populer