Sukses


Taklukan Lintasan Basah, Rossi Kampiun MotoGP Inggris 2015

Bola.com, Silverstone - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, membuktikan kepiawaiannya membalap di atas lintasan basah dengan memenangi MotoGP Inggris, Minggu (30/8/2015). Rossi finis pertama setelah mencatat waktu balapan tercepat, 46 menit 15.617 detik.

The Doctor unggul 3.010 detik atas pebalap Pramac Racing, Danilo Petrucci, yang membuat kejutan besar dengan menempati posisi runner up. Menggenapi podium, terdapat pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, dengan catatan waktu lebih lambat 4.117 detik dari Rossi. Hasil ini pun menjadikan MotoGP Inggris sebagai arena para pebalap Italia.

Khusus untuk Rossi, kemenangannya di Sirkuit Silverstone musim ini menjadi edisi perdana yang diraih sepanjang karier balap MotoGP-nya. Sebelumnya, Rossi sudah tiga kali naik podium kampiun saat MotoGP Inggris masih digelar di Sirkuit Donington Park.

Sementara itu, nasib sial harus ditanggung pemegang pole position, Marc Marquez. Pebalap Repsol Honda itu gagal finis lantaran mengalami crash di lap ke-12. Padahal, sebelum terjatuh, Marquez tengah fokus mengejar Rossi, yang berada di depannya persis.

"Ketika saya melihat Marc (Marquez) terjatuh di layar besar di dalam sirkuit, saya sempat memelankan laju motor saya. Tapi, kemudian saya sadar kalau ini adalah MotoGP, Anda tidak bisa santai di balapan ini," tutur Rossi seusai balapan, dilansir Fox Sports.

"Saya hanya terus mencoba untuk lebih fokus, dan jangan sampai membuat kesalahan, terutama saat memasuki tikungan. Motor saya juga luar biasa di balapan hari ini," sambungnya.

Seri balap MotoGP Inggris 2015 berjalan di luar ekspetasi banyak pebalap. Hujan yang mengguyur Sirkuit Silverstone saat balapan kelas Moto2 digelar, menyisakan trek dalam keadaan basah membuat para pebalap harus bekerja lebih keras mengendalikan tunggangan besinya masing-masing.

Bahkan, pebalap sekelas Marquez pun tak kuasa bertahan hingga garis finis. Menyisakan delapan lap lagi, Baby Alien, yang mengalami over speed jelang tikungan pertama, terpelanting dari motornya.

Situasi serupa juga dialami pebalap Monster Yamaha Tech 3, Pol Espargaro. Satu putaran pasca crash yang dialami Marquez, Pol juga masuk dalam daftar pebalap yang gagal finis di MotoGP.

Sebelum mereka, rider Pramac Racing, Yonny Hernandez, serta duo pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow dan Jack Miller, sudah lebih dulu menyingkir dari lintasan balap.

Jalannya balapan

MotoGP Inggris 2015 dimulai sedikit lebih lambat dari jadwal semula lantaran kondisi cuaca yang dinilai penyelenggara kurang bersahabat. Setelah menunggu sekitar 15 menit, balapan seri ke-12 musim ini akhirnya digelar.

Saat lampu hijau tanda balapan resmi dimulai, Lorenzo langsung menunjukkan kehebatannya dalam melakukan start. Dalam hitungan sepersekian detik, pebalap Spanyol itu sudah menyalip Marquez. Sementara di bagian belakang, Hernandez, yang tengah mencari celah untuk mendapat posisi lebih depan justru harus keluar balapan paling awal lantaran bersenggolan dengan motor pebalap lain.

Satu lap berselang, aksi salip-menyalip sudah dipertontonkan sejumlah pebalap. Termasuk Rossi dan Marquez, yang berturut-turut melewati Lorenzo. Posisi tiga pebalap terdepan pun berubah menjadi Rossi-Marquez-Lorenzo.

Namun, situasi ini tidak berjalan lama. Pelan-pelan, Lorenzo juga berhasil disalip pebalap-pebalap lain. Dia bahkan sempat tergelincir sampai urutan kelima, sebelum akhirnya naik satu posisi setelah Marquez jatuh dari motornya pada lap ke-12.

Sementara itu, di bagian depan, Rossi sama sekali tidak menemui kendala berarti. Usai melahap 20 putaran, pebalap berusia 36 tahun itu berhasil melintasi garis finis pertama dan memenangi gelar juara MotoGP Inggris pertamanya di Sirkuit Silverstone.

Lewat kemenangan ini, Valentino Rossi kembali ke puncak klasemen pebalap dengan koleksi 236 poin. Dia kini unggul 12 angka atas Jorge Lorenzo.

Hasil balapan MotoGP Inggris:
(posisi-pebalap-tim-catatan waktu/selisih waktu)

1. Valentino Rossi, Movistar Yamaha, 46 menit 15.617 detik
2. Danilo Petrucci, Octo Pramac Racing, +3.010 detik
3. Andrea Dovizioso, Ducati, +4.117 detik
4. Jorge Lorenzo, Movistar Yamaha, +5.726 detik
5. Dani Pedrosa, Repsol Honda, +11.132 detik
6. Scott Redding, Marc VDS, +25.467 detik
7. Bradley Smith, Monster Yamaha Tech 3, +26.717 detik
8. Andrea Iannone, Ducati, +29.393 detik
9. Aleix Espargaro, Suzuki Ecstar, +38.815 detik
10. Alvaro Bautista, Aprilia Racing Gresini, +41.712 detik
11. Maverick Vinales, Suzuki Ecstar, +44.776 detik
12. Nicky Hayden, Aspar, +52.489 detik
13. Hector Barbera, Avintia Racing, +1 menit 11.211 detik
14. Mike Di Meglio, Avintia Racing, +1 menit 15.292 detik
15. Alex De Angelis, E-Motion IodaRacing, +1 menit 17.863 detik
16. Loris Baz, Forward Racing, +1 menit 19.310 detik
17. Eugene Laverty, Aspar MotoGP, +1 menit 19.735 detik
18. Claudio Corti, Forward Racing, +1 menit 58.086 detik
19. Karel Abraham, AB Motoracing, +1 lap

Baca juga:

Start di Posisi ke-2, Lorenzo Kian Pede di MotoGP Inggris

Puas di Posisi ke-4, tapi Rossi Takut dengan Pedrosa

Raih Pole Position, Marquez : Saya Masih Bisa Lebih Cepat

Video Populer

Foto Populer