Sukses


4 Legenda yang Membela Rossi soal Insiden Terjatuhnya Marquez

Bola.com, Sepang - Insiden terjatuhnya Marc Marquez akibat mengalami clash dengan Valentino Rossi di Sepang, Malaysia, pada 25 Oktober 2015, terus menjadi polemik. Spekulasi menyangkut hal ini juga terus berkembang.

Ada yang menuding Valentino Rossi sengaja menjatuhkan Marquez. Namun, tak sedikit yang menilai pebalap Repsol Honda itu yang lebih pantas disalahkan atas insiden ini.

Pihak yang mendukung Rossi, beberapa di antaranya merupakan legenda MotoGP, sebut saja Mick Doohan.

Tak hanya dari legenda dari kalangan MotoGP, pebalap asal Italia juga mendapat dukungan dari legenda Formula One, Felipe Massa. Dia bahkan rela membela The Doctor sampai mati.

Berikut 4 legenda balap yang membela Valentino Rossi terkait insiden pada ajang MotoGP Malaysia di Sepang, 25 Oktober 2015:

Mick Doohan (Legenda MotoGP)

Michael Doohan

Mick Doohan ikut berkomentar terkait masalah ini. Dia menilai manuver Valentino Rossi pada balapan tersebut bukan hal yang salah.

Doohan mengatakan apa yang dilakukan The Doctor kerap terjadi pada eranya. Dia malah menilai Marquez yang terlalu lemah dalam menghadapi manuver pebalap asal Italia tersebut.

"Tak ada batasan yang dilewati. Balapan adalah balapan dan itu sama seperti era saya di mana Anda mendorong dan menyingkirkan lawan di sekitar Anda," ungkap Doohan kepada Crash.

"Ini bukan tari balet. Ini adalah persaingan sengit karena ada banyak pertarungan antara juara dunia, persaingan antarpebalap yang ingin memenangi balapan dan tak ada yang mau kehilangannya," tambahnya.

Wayne Gardner (Legenda MotoGP)

Meski lebih banyak menghabiskan karier di Honda, pria asal Australia ini tak memihak kepada Marc Marquez. Dia justru menuding The Baby Alien yang memicu insiden tersebut.

"Pangkal seluruh masalah ini adalah ulah Marquez yang mencoba menahan laju Rossi sehingga Jorge Lorenzo bisa melenggang jauh," ujar Gardner dikutip dari motorsport.com.

Menurut Gardner, Rossi tak mendorong Marquez dengan lututnya. "Marquez terdorong karena menyandarkan dirinya ke Rossi," tambah pebalap yang menjadi juara dunia di kelas 500cc pada 1987 tersebut.

2 dari 2 halaman

1

Felipe Massa (Legenda F1)

Felipe Massa - Valentino Rossi (insella.it)

Tak hanya kalangan pebalap MotoGP yang ikut menyikapi kontroversi antara Valentino Rossi dan Marc Marquez. Pebalap Formula 1 pun terpancing untuk ikut berkomentar.

Mantan pebalap Ferrari, Felipe Massa, mengakui The Doctor telah melakukan tindakan yang keliru. Namun, hal tersebut tak akan terjadi tanpa ada sebab.

"Rossi memang jelas salah, ia gagal menjaga kakinya untuk tidak membuat kontak. Terapi, ia lebih marah lagi dengan apa yang sudah dibuat Marquez di trek," kata Massa.

Phil Read (Legenda MotoGP)

Pandangan menarik dilontarkan dua kali juara dunia kela 500cc, Phil Read. Menurutnya, insiden yang terjadi pada MotoGP Malaysia tersebut jelas merugikan Valentino Rossi.

Dorna, kata Read, lebih memihak para pebalap Spanyol. Ini terlihat dair hukuman yang dijatuhkan Race Director untuk Rossi.

"Sangat tak adil Valentino dihukum di Malaysia dan harus start dari grid paling belakang di Valencia. Menurut saya, itu salah Marquez. Dia yang menyandarkan motornya ke Valentino," kata Read, seperti dilansir Motorsport.

Video Populer

Foto Populer