Sukses


Vinales Juara MotoGP Inggris, Rossi Ketakutan

Bola.com, Silverstone - Kemenangan Maverick Vinales pada balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, akhir pekan lalu, membuat Valentino Rossi ketar-ketir. The Doctor mulai mencemaskan ancaman Vinales pada musim 2017.

Vinales meraih kemenangan pertama di kelas MotoGP secara gemilang. Pebalap asal Spanyol itu mendominasi lomba sejak awal hingga finis terdepan guna mempersembahkan kemenangan pertama buat Suzuki di MotoGP sejak 2007.

Vinales diprediksi akan lebih sering naik podium utama pada MotoGP 2017. Pada musim depan, pebalap berusia 21 tahun itu bakal membalap untuk Yamaha. Dia menjadi rekan setim baru Rossi, menggantikan Jorge Lorenzo yang pindah ke Ducati.

Bicara faktor pengalaman dan prestasi di MotoGP, Vinales masih di bawah Lorenzo. Vinales baru melakoni debut tahun lalu, sedangkan Lorenzo sudah tiga kali jadi juara dunia. Meski demikian, Rossi enggan memandang remeh Vinales.

"Menurut saya, Lorenzo adalah salah satu pebalap terkuat dan tercepat di MotoGP. Namun, saya khawatir dengan kedatangan Vinales. Dari awal saya sudah mengetahui potensinya," kata Rossi, yang finis ketiga di Silverstone, seperti dikutip dari Motorsport-Total.com.

Sejak debut di kejuaraan dunia balap motor grand prix pada 2011, Vinales langsung mencuri perhatian. Setelah menempati posisi ketiga pada dua musim pertama di kelas 125cc/Moto3, Vinales sukses jadi juara dunia pada 2013. Naik ke kelas Moto2 pada 2014, Vinales mampu mengakhiri musim di posisi tiga besar.

Talenta Vinales dilirik Suzuki yang langsung mengikatnya untuk menjadi pebalap utama saat comeback ke MotoGP pada 2015. Pada musim debut di MotoGP, Vinales belum mampu naik podium. Namun, berkat penampilannya yang konsisten, Vinales dinobatkan sebagai rookie of the year.

Bakat Vinales semakin terlihat nyata pada musim 2016. Setelah mencicipi podium pertamanya di Le Mans, Prancis, Vinales akhirnya sukses meraih kemenangan di Silverstone.

"Banyak orang yang baru membicarakan Maverick Vinales setelah kemenangannya di Inggris. Namun, semua orang di paddock MotoGP sudah mengetahui talenta besar Vinales sejak lama. Sejak dia meneken kontrak dengan Yamaha, saya sadar tahun depan tak akan mudah. Saya tak boleh santai. Akan tetapi, saya senang melihat kesuksesannya saat ini," ujar Valentino Rossi.

Video Populer

Foto Populer