Sukses


Valentino Rossi akan Kurangi Latihan Motocross dan Enduro

Bola.com, Aragon - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mempertimbangkan tak lagi melakukan latihan motocross dan enduro saat musim MotoGP sedang berjalan. The Doctor ingin meminimalisir risiko cedera yang memaksanya melewati balapan.

Rossi menderita cedera patah kaki setelah mengalami kecelakaan saat berlatih enduro di bukit dekat rumahnya pada 31 Agustus 2017. Akibat insiden tersebut, pebalap berusia 38 tahun itu mesti naik meja operasi dan absen pada MotoGP San Marino di Misano, 10 September 2017.

Rossi juga hampir melewati balapan MotoGP Aragon, 24 September 2017. Namun, dia memaksakan diri tampil meski belum pulih 100 persen dan mampu finis kelima.

Sebelumnya, Valentino Rossi juga mengalami kecelakaan saat latihan motocross pada akhir Mei 2017. Saat itu dia mengalami cedera di bagian dada dan perut. Namun, Rossi masih mampu tampil pada MotoGP Italia di Mugello, 4 Juni 2017. Membalap sambil menahan rasa sakit, Rossi akhirnya finis keempat.

"Problem semua pebalap MotoGP selalu sama. Kami tak bisa latihan menggunakan motor MotoGP, sehingga kami terpaksa berlatih dengan motor dari disiplin balap lain. Motocross sudah masuk daftar hitam saya karena saya, Franco Morbidelli, dan beberapa pebalap lain pernah cedera karena latihan motocross," kata Rossi seperti dikutip dari Motorsport edisi Spanyol, Rabu (4/10/2017).

Rossi selama ini berlatih offroad dengan kombinasi latihan flat track di Ranch miliknya, motocross, dan juga enduro.

"Saya selalu melakukan latihan offroad bersama teman-teman saya empat sampai lima kali dalam setahun sejak masih berusia 18 tahun. Saya harus bisa berkompromi saat musim sedang berjalan karena saya mesti tetap berlatih meski di sisi lain semua orang tahu kalau mengendarai sepeda motor itu berbahaya," ujar Valentino Rossi.

2 dari 2 halaman

Jack Miller Korban Terbaru

Sebenarnya selama ini banyak pebalap yang menyewa sirkuit untuk berlatih dengan motor balap atau supermoto. Rossi kerap melakukannya di Misano, Tito Rabat di Almeria, dan Jorge Lorenzo di Alcarras.

Hambatan utama dalam berlatih di sirkuit permanen adalah faktor logistik. Karena itu, para pebalap mengambil alternatif yang lebih praktis, yakni latihan offroad, terutama dengan menggunakan motor motocross, enduro, dan trial.

Hanya, berlatih offroad berisiko tinggi cedera. Pada musim ini, Rossi sudah dua kali cedera. Maret lalu, Alex Rins (Suzuki) juga cedera saat berlatih motocross. Korban terbaru adalah Jack Miller (Marc VDS Honda) yang mengalami patah kaki karena insiden saat latihan trial di Andorra, Jumat (29/9/2017), sehingga terpaksa absen pada MotoGP Jepang, 15 Oktober 2017.

Melihat rentetan cedera itu, wajar jika Valentino Rossi mempertimbangkan tak latihan motocross dan enduro lagi saat musim sedang berjalan. Rossi bukan pebalap pertama yang membatasi latihan offroad di tengah musim. Lorenzo sudah lebih dahulu melakukannya dan  kini dia hanya berlatih offroad pada jeda musim dingin.

Video Populer

Foto Populer