Sukses


Bos KTM Enggan Hamburkan Uang demi Marc Marquez

Bola.com, Berlin - Bos KTM, Stefan Pierer, membantah rumor yang menyebut timnya sedang mengincar pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, untuk MotoGP 2019. Pierer enggan menghamburkan uang hanya demi Marquez.

Isu mengenai masa depan Marquez mulai bermunculan pada beberapa pekan terakhir. Pemicunya adalah kontrak juara dunia MotoGP empat kali itu di Honda yang tinggal tersisa setahun lagi.

Beberapa media Eropa mengaitkan Marquez dengan pabrikan lain, termasuk KTM. Namun, kabar tersebut segera ditepis KTM.

KTM menegaskan tak memburu tanda tangan Marquez. Pabrikan asal Austria itu tak ingin mengulangi kegagalan proyek mahal Ducati pada 2017. Ducati melakukan investasi besar dengan mendatangkan Jorge Lorenzo dari Yamaha. Alih-alih mempersembahkan gelar juara dunia, Lorenzo malah kalah bersaing dengan rekan setimnya, Andrea Dovizioso.

"Saya tak ingin mengeluarkan banyak uang untuk mengontrak pebalap seperti Marquez. Coba Anda lihat contoh kasus Ducati. Sungguh ironis melihat kesuksesan Dovi saat rekannya digaji 12,5 juta euro (Rp 201 miliar) per tahun. Kami tak mau situasi itu terjadi di KTM," kata Pierer seperti dilansir Corsedimoto, Senin (27/11/2017).

Daripada mendatangkan Marquez, Pierer lebih memilih berinvestasi dengan cara lain. Dia ingin membentuk tim satelit pada 2019 untuk membuka jalan kepada dua pebalap muda KTM di Moto2, Miguel Oliveira (22 tahun) dan Brad Binder (22), tampil di MotoGP.

"Kami ingin mengelola tim satelit layaknya tim junior. Nantinya, tim satelit kami akan mendapatkan motor dan suku cadang yang sama seperti tim pabrikan. Dengan cara itu, kami bisa mengembangkan bakat pebalap muda kami di Moto2 yang sedang dipersiapkan naik ke kelas MotoGP. Jika mendatangkan Marquez, perkembangan talenta muda kami akan terhambat. Padahal, Oliveira dan Binder punya potensi besar untuk menjadi pebalap top MotoGP di masa depan," ujar Pierer.

Namun, Pierer tetap membuka peluang KTM mendatangkan pebalap baru sebagai tandem Pol Espargaro pada MotoGP 2019. Bukan Marc Marquez yang masuk daftar incaran Pierer, melainkan pebalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. "Satu-satunya pebalap yang kami pertimbangkan untuk musim 2019 hanya Zarco," tutur Pierer.

Video Populer

Foto Populer