Sukses


Tahukah Anda, Hanya Ada 8 Pabrikan Pernah Merasakan Juara Dunia MotoGP / 500cc

Bola.com, Jakarta - Sepanjang sejarah kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor, tercatat puluhan pabrikan pernah ikut serta.

Namun tahukan Anda, dari jumlah puluhan tersebut, hanya ada delapan pabrikan yang pernah merasakan titel juara dunia kelas MotoGP atau dulu yang bernama 500cc.

Ini merupakan sebuah bukti, untuk sukses di kelas tertinggi, sebuah pabrikan tidak hanya bermodal nama besar.

Karena beberapa merek besar seperti Aprilia, BMW, KTM, dan Kawasaki bahkan belum pernah mengecap gelar terbaik.

Contohnya Aprilia. Tim ini punya sejarah panjang di Kejuaraan Dunia Balap Motor. Pabrikan asal Italia sempat sangat berjaya di era 125cc dan 250cc.

Tapi ketika mencoba peruntungan di kelas 500cc sampai MotoGP saat ini, Aprilia masih gagal total. Mereka untuk sementara kalah dari pabrikan asal Italia lainnya, Ducati yang sudah merasakan satu gelar juara.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 3 halaman

Dulu Juara, tapi Kini Tenggelam

Namun jika melihat daftarnya, ada juga beberapa pabrikan yang dahulu sangat berjaya tapi saat ini tidak lagi bertaji di kelas tertinggi.

Sebut saja MV Agusta. Dahulu pabrikan ini begitu disegani lantaran melahirkan sosok Giacomo Agostini. Alhasil, MV Agusta total merasakan 16 titel juara dunia kelas 500cc.

Tapi kini MV Agusta sudah tidak berkiprah di MotoGP. Kemudian ada Gilera, Norton sampai AJS yang bernasib sama seperti MV Agusta.

Kemudian ada juga pabrikan yang dulu berjaya, kini sedang berjuang menapak kembali ke tangga tertinggi. Adalah Suzuki. Pabrikan asal Jepang ini sudah mengecap tujuh gelar.

Tapi pada era MotoGP, Suzuki kalah cemerlang dibandingkan pabrikan Jepang lainnya, Honda dan Yamaha.

Berikut Bola.com merilis daftar pabrikan yang pernah menjadi juara dunia kelas tertinggi:

3 dari 3 halaman

Pabrikan Pernah Jadi Juara Dunia Kelas Tertinggi

25 kali - Honda

16 - MV Agusta

14 - Yamaha

7 - Suzuki

4 - Gilera

2 - Norton

1 - Ducati, AJS

Sumber: Dari berbagai sumber 

Video Populer

Foto Populer