Sukses


Mengetahui Lagi, Tim-tim Valentino Rossi di Ajang MotoGP: Berawal dari Satelit kembali ke Satelit

Bola.com, Catalunya - Valentino Rossi akhirnya teken kontrak bersama tim satelit Petronas Yamaha untuk MotoGP 2021 pada sela-sela rangkaian seri kedelapan musim ini: MotoGP Catalunya, Sabtu (26/9/2020).

Artinya juara dunia sembilan kali ini akan turun ke tim satelit untuk kali pertama sejak tahun 2000 atau musim perdana Valentino Rossi di kelas premier bersama Honda.

Meskipun memperkuat Petronas Yamaha, Valentino Rossi akan mengendarai motor Yamaha YZR-M1 2021 atau sama dengan duo pabrikan: Fabio Quartararo dan Maverick Vinales.

Dengan gabung Petronas Yamaha, maka Valentino Rossi akan menjadi rekan setim Franco Morbidelli, pembalap yang berstatus anggota akademi VR46 Riders Academy.

"Sangat menyenangkan memiliki Franco sebagai rekan setim. Karena ia merupakan pembalap dari akademi (VR46 Riders Academy). Ini hebat. Saya pikir kami bisa bekerja bersama untuk mewujudkan banyak hal hebat," Valentino Rossi menerangkan.

Yuk sembari menunggu sepak terjang Valentino Rossi bersama Petronas Yamaha pada MotoGP 2020, Bola.com mengajak Anda mengetahui tim apa saja yang pernah dibela rider berjuluk The Doctor ini.

2 dari 6 halaman

1. Honda

Tim pertama Valentino Rossi di kelas premier adalah tim satelit Nastro Azzurro Honda. Dia memperkuat tim ini pada dua musim 2000-2001. Kala itu kelas tertinggi masih bernama 500cc.

Hasilnya Rossi menjadi juara dunia pada musim 2001. Pada 2002 atau era pertama MotoGP, Rossi hijrah ke tim pabrikan Repsol Honda.

Fantastis. Bersama Repsol Honda, Valentino Rossi merasakan dua gelar juara dunia MotoGP pada musim 2002 dan 2003.

3 dari 6 halaman

2. Yamaha

Pada musim 2004, Valentino Rossi membuat gempar dengan meninggalkan Honda dan hengkang ke Yamaha yang saat itu berstatus tim gurem.

Periode pertama Valentino Rossi di Yamaha berlangsung pada musim 2004-2010. Dia langsung juara dunia pada tahun pertama bersama Yamaha di MotoGP 2004.

Total ia mengecap empat titel juara dunia lagi dengan tim berlambang garpu tala. Rinciannya 2004, 2005, 2008, dan 2009. Sampai sekarang, gelar musim 2009 belum bisa diulangi lagi oleh Valentino Rossi.

4 dari 6 halaman

3. Ducati

Valentino Rossi sempat hengkang ke Ducati pada MotoGP 2011-2012. Kala itu ekspektasi besar ada di puncak pembalap asal Italia itu.

Maklum banyak orang ingin melihat, Ducati tim asal Italia dibawa menjadi juara dunia oleh pembalap dari Italia. Tapi hasilnya gagal total.

Dalam dua musim di Ducati, Valentino Rossi hanya merasakan tiga podium. Pada MotoGP 2013, ia pun memutuskan kembali ke Yamaha.

5 dari 6 halaman

4. Yamaha

Ketika semua berpikir kariernya sudah habis, Valentino Rossi kembali ditampung Yamaha terhitung sejak MotoGP 2013. Meski belum pernah juara dunia lagi, ia sempat merasakan banyak kemenangan lagi.

Paling diingat adalah MotoGP 2015 di mana ia nyaris menjadi juara dunia dan akhirnya dikalahkan rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Pada MotoGP 2020, Valentino Rossi pun bakal menjalani musim terakhirnya sebagai pembalap pabrikan Yamaha. Dia akan hijrah ke tim satelit Petronas Yamaha mulai musim 2021.

Ya, mengawali karier di tim satelit Honda, kini kemungkinan besar ia akan menyelesaikan kariernya pada ajang MotoGP juga bersama tim satelit.

 

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

MotoGP Aragon 2020: Alex Rins Juara, Fabio Quartararo Terpuruk

Video Populer

Foto Populer