Sukses


Aspal Sirkuit Mandalika Telah 100 Persen Rampung, MGPA: Ini Hadiah untuk Kemerdekaan Indonesia ke-76

Bola.com, Jakarta - Kabar gembira datang dari proses pembuatan Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok yang dipersiapkan menggelar MotoGP Indonesia 2022.

Tepat di hari kemerdekaan Indonesia ke-76, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara MotoGP di Tanah Air mengabarkan proses pengaspalan Sirkuit Mandalika sudah 100 persen rampung.

Hal di atas diungkapkan Happy Harinto selaku Chief Strategic and Communication MGPA saat diwawancara Bola.com hari Selasa (17/08/2021). Menurutnya secara teknis pengaspalan trek itu bagian tersulit dalam pembuatan sirkuit dan kini mereka telah melewatinya.

Happy mengutarakan mempersembahkan sukses penyelesaian aspal Sirkuit Mandalika sebagai kado untuk HUT RI ke-76.

"Bagian tersulit secara teknis yaitu pembuatan lintasan sirkuit telah selesai 100 persen. Proses yang begitu detail, begitu kompleks dan penuh dengan perhitungan akhirnya selesai," kata Happy.

"Inilah persembahan dari kami seluruh tim di Mandalika International Street Circuit untuk kemerdekaan Indonesia yang ke-76 ini," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Kualitas Aspal Seperti Sirkuit Silverstone, Yas Marina, dan Phillip Island

Happy turut menceritakan aspal Sirkuit Mandalika memiliki kualitas terbaik di dunia. Jenis aspal yang digunakan bahkan baru dipakai tiga trek di dunia yaitu Silverstone (Inggris), Yas Marina (Abu Dhabi), dan Phillip Island (Australia).

"Karena produk ini tergolong masih baru dan baru keluar di tahun 2015. Jenis ini dinamakan SMA (Stone Mastic Asphalt) yang memiliki daya penetrasi tinggi atau Penetration Grade (PG) 82," Happy memberikan penjelasan.

"Jadi baru sirkuit–sirkuit di atas (Silverstone, Yas Marina, dan Phillip Island) yang menggunakan. Keunggulan dari aspal ini adalah pembalap tidak mudah sliding dan terjatuh saat wet race berlangsung," lanjut pria yang juga menjabat sebagai Plt. Waketum International Road Racing Event IMI (Ikatan Motor Indonesia) itu.

SMA adalah campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Tujuannya memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kerja stone by stone. Sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil.

Video Populer

Foto Populer