Sukses


Bos Superbike Puji Cepatnya Pembangunan Sirkuit Mandalika, Balapan Bulan November Bisa Berlangsung

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Jalan Raya Mandalika, Lombok yang digarap oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bukan hanya dipersiapkan untuk menggelar MotoGP Indonesia tahun 2022.

Sirkuit Mandalika juga diplot untuk menggelar event World Superbike musim ini. Trek ini bahkan sudah masuk kalender Superbike 2021 pada 13-14 November.

Terbaru Sirkuit Mandalika sudah menyelesaikan proses pengaspalan dan hal ini mendapat perhatian dari Direktur Eksekutif WorldSBK Gregorio Lavilla.

Dia bahkan secara khusus memuji cepatnya pembangunan trek dan menyebut jika hal ini terus berlanjut, maka balapan di Sirkuit Mandalika bisa digelar sesuai jadwal.

"Sirkuit di Indonesia (Mandalika) masih dalam proses pengerjaan. Trek dan bagian pengamanan sudah selesai dikerjakan. Sementara Race Control, ruang medis, TV Compound dan heliport sudah setengah jalan proses pembuatannya," kata Lavilla.

"Untuk hotel, kami telah mendapat jaminan jumlah kamar besar bakal tersedia untuk seluruh komunitas paddock."

"Mereka bekerja sangat cepat dan bekerja keras. Jika tidak ada unsur eksternal yang dapat menghentikan perkembangan ini, untuk saat ini sedang direncanakan dengan asumsi dapat dicapai tepat waktu," lanjutnya.

 

2 dari 3 halaman

Terus Memantau

Lebih lanjut Gregorio Lavilla bakal terus memonitor proses pembangunan Sirkuit Mandalika. Karena walau bagaimanapun, balapan bulan November berlangsung dalam hitung beberapa pekan ke depan.

"Karena balapan berlangsung pada bulan November dan tersisa beberapa pekan ke depan, kami akan terus mengikuti situasi sampai kami mencapai titik di mana kami harus melakukan konfirmasi," lanjutnya.

Jika sesuai rencana, Sirkuit Mandalika bakal berstatus penutup atau seri terakhir Superbike 2021.

3 dari 3 halaman

Apa Perbedaan MotoGP dengan Superbike?

Sejatinya MotoGP dan Superbike sama-sama digelar oleh Dorna. Dua event ini juga sama-sama berstatus Kejuaraan Dunia. 

Yang membedakan dua ajang ini adalah MotoGP balapan memakai motor prototipe alias tidak dijual di pasaran. 

Sementara Superbike menggunakan motor produksi massal. Alhasil motor yang dipakai pada event ini juga dijual oleh masing-masing pabrikan untuk dijual di pasar komersial. 

Namun tentu saja motor produksi massal ini mengalami beberapa modifikasi agar layak balap. 

Sumber: Superbike  

Video Populer

Foto Populer