Sukses


3 Pemandangan Menarik Saat Valentino Rossi Jalani Balapan Terakhir di Tanah Italia pada MotoGP Emilia Romagna: Grazie Vale!

Bola.com, Misano - Valentino Rossi menyelesaikan balapan MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano dengan finis posisi sepuluh, Minggu (24/10/2021). Balapan ini menjadi yang terakhir dilakukannya di tanah kelahirannya, Italia.

Seperti diketahui, Valentino Rossi memutuskan pensiun dari dunia MotoGP akhir musim ini. Keputusan itu diambil Rossi karena merasa sudah tak kompetitif lagi di MotoGP.

Musim 2021/2022 menjadi yang terakhir bagi Rossi mengaspal di MotoGP. Pembalap berjulukan The Doctor itu tercatat berkarier di balapan elite dunia itu selama 21 tahun atau sejak 2002.

Sejak saat itu, Rossi sudah memenangi 115 balapan, 65 kali podium kedua, dan 53 kali peringkat ketiga. Rossi tercatat sudah balapan di 21 negara di seluruh dunia.

Rossi juga sukses meraih lima gelar juara dunia. Namun, sejak tiga tahun terakhir karier Rossi menurun dalam balapan sehingga harus tergusur ke Petronas Yamaha SRT pada awal musim 2021.

Situasi itu tak kunjung membuat kariernya berjalan baik sehingga Valentino Rossi akhirnya memutuskan pensiun. Lantas, seperti apa pemandangan menarik yang menghiasai balapan terakhir Rossi di Italia?

2 dari 4 halaman

Ada Livery Khusus

Valentino Rossi mendapatkan kejutan jelang balapan MotoGP Emilia Romagna 2021. Tim milik Rossi yakni VR46 yang balapan di Moto2 menggunakan livery khusus.

Livery dengan kelir berwarna kuning itu dilengkapi tulisan Grazie Vale yang berarti terima kasih Vale. Selain itu pada bagian belakang motor juga ada angka 46 yang jadi nomor ikonik dari Rossi.

Motor livery khusus itu digunakan oleh Marco Bezzecchi dan Calestino Vietti yang balapan di Moto2, plus Luca Marini di MotoGP. Ketiganya juga menggunakan helm dengan desain serupa sebagai kado perpisahan untuk Rossi yang pensiun pada akhir musim ini.

3 dari 4 halaman

Finis ke-10

Valentino Rossi berhasil finis di urutan ke-10 pada balapan MotoGP Emilia Romagna 2021. Rossi finis dengan cataatn waktu +27,735 lebih lambat dari Marc Marquez yang jadi juara.

Pencapaian ini menjadi yang terbaik ketiga diraih Rossi musim ini. Sebelumnya, pembalap berjulukan The Doctor itu pernah finis ke-10 pada MotoGP Mugello dan kedelapan pada edisi MotoGP Austria.

Balapan MotoGP 2021 masih menyisakan dua seri lagi. Rossi masih punya peluang untuk berburu podium terakhirnya sebelum pensiun.

4 dari 4 halaman

Fabio Quartararo Juara

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, berhasil menyegel gelar MotoGP 2021. Gelar itu diraih Quartararo meski finis di urutan keempat pada MotoGP Emilia Romagna yang berlangsung di Sirkuit Misano.

Tambahan 13 poin membuat Quartararo kini mengoleksi 267 poin. Dengan dua seri tersisa, mustahil bagi Francesco Bagnaia yang berada di urutan kedua dengan 202 poin untuk mengejar defisit poin.

Gelar ini menjadi yang perdana diraih Quartararo di MotoGP 2021. Selain itu, Quartararo juga mencetak sejarah sebagai rider Prancis pertama yang sukses meraih gelar di MotoGP.

Video Populer

Foto Populer