Sukses


Juara Dunia MotoGP pada Tahun Perdana di Tim Pabrikan, Fabio Quartararo Melampaui Ekspektasi Yamaha

Bola.com, Misano - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, takjub dengan pencapaian yang diraih Fabio Quartararo yakni merengkuh gelar juara MotoGP 2021. Menurut Lin Jarvis, pencapaian itu melampaui ekspektasi dari Yamaha.

Pernyataan Lin Jarvis seputar keberhasilan Fabio Quartararo meraih gelar MotoGP 2021 cukup masuk akal. MotoGP 2021 merupakan musim perdana bagi Quartararo membela tim pabrikan yakni Monster Energy Yamaha.

Pada dua musim sebelumnya, Quartararo membela tim satelit yakni Petronas Yamaha SRT. Penampilan Quartararo langsung menggebrak pada debutnya di tim pabrikan.

Pembalap asal Prancis sukses memenangi lima balapan, dua kali meraih podium kedua, serta tiga kali berada di peringkat ketiga. Pencapaian itu sukses mengantarkan Quartararo menjuarai MotoGP 2021 berbekal 267 poin dengan dua seri tersisa.

"Saya sangat bahagia untuk memberi selamat kepada Fabio karena telah mengamankan gelar kejuaraan di Misano. Kami meminta Fabio untuk bergabung dengan tim pabrikan pada 2021 karena sudah tahu betul sejauh mana bakatnya," kata Lin Jarvis seperti dikutip situs resmi Yamaha MotoGP.

"Namun, dia berhasil tidak hanya memenuhi harapan kami, tetapi melampauinya. Fabio tidak mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan tim dan menemukan kecepatan di motor YZR-M1," tegas Lin Jarvis.

Gelar yang diberikan Fabio Quartararo juga mengembalikan kejayaan Yamaha di MotoGP. Pabrikan berlambang Garpu Tala itu terakhir kali menjadi kampiun di MotoGP pada edisi 2015 melalui Jorge Lorenzo.

2 dari 3 halaman

Sinergi Semua Pihak

Lin Jarvis juga tak lupa menyebut gelar yang diraih Fabio Quartararo merupakan bentuk sinergi dari semua pihak di Monster Energy Yamaha. Lin Jarvis ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Quartararo meningkatkan penampilan di lintasan.

"Gelar ini spesial karena diraih melalui sinergi yang luar biasa antara Fabio, tim, dan Yamaha. Saya ingin mengucapkan terima kasih dan selamat kepada anggota tim Monster Energy Yamaha MotoGP yang bekerja langsung dengan Fabio dan insinyur Yamaha," ucap Lin Jarvis.

"Semua pencapaian hebat Fabio adalah bukti kerja keras mereka. Pertanyaan besar yang tersisa sekarang adalah apakah kami juga dapat memenangi gelar Tim dan Konstruktor? Dengan hanya dua putaran tersisa kami pasti akan memberikan 100 persen untuk klimaks pada musim yang mendebarkan ini," tegas Lin Jarvis.

Yamaha saat ini berada di urutan kedua klasemen sementara Konstruktor MotoGP 2021. Yamaha terpaut 12 poin dari Ducati yang berada di puncak.

3 dari 3 halaman

Cetak Sejarah

Fabio Quartararo juga mencatatkan sejarah baru di MotoGP sebagai pembalap Prancis pertama yang berhasil menjadi juara. Dengan demikian, Prancis kini bergabung dengan enam negara lain yang pembalapnya berhasil menjuarai MotoGP atau balapan elite.

Italia menjadi negara yang paling sukses pada balapan MotoGP atau yang paling elite. Sejauh ini terdapat enam pembalap Italia yang sukses mempersembahkan 20 gelar juara.

Adapun Inggris menjadi negara kedua yang paling sukses di balapan elite. Terdapat enam pembalap yang sukses mempersembahkan gelar juara.

Video Populer

Foto Populer