Sukses


Usai Tes Pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, ITDC Bakal Lakukan Pembenahan

Bola.com, Jakarta - Sirkuit Mandalika, Lombok menuai pujian sekaligus kritik usai menggelar tes pramusim MotoGP 2022, 11-13 Februari lalu.

Mengenai beragam kritik, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang The Mandalika bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bakal terus melakukan pembenahan jelang menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022 bulan Maret nanti.

ITDC Group akan melakukan pembenahan dan penyempurnaan main track untuk memastikan kondisi lintasan Sirkuit Mandalika sesuai standar safety yang ditetapkan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM).

Guna memastikan kondisi lintasan dalam kondisi bersih saat race pada Maret mendatang, ITDC Group juga akan melakukan pembersihan menggunakan kendaraan pembersih track “Track Jet Truck” yang memiliki penyemprot air bertekanan tinggi.

Alat tersebut dilengkapi rotating brush untuk memasuki lintasan dan membersihkan area-area tertentu, dibantu dengan crew maintenance. Tidak menutup kemungkinan ITDC Group juga akan menambah kebutuhan alat untuk membersihkan lintasan sirkuit.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan FIM terkait kebutuhan sejumlah pembenahan dan penyempurnaan di main track sirkuit.

"Dan FIM telah menerima rencana kerja kami dalam peningkatan kualitas sirkuit tersebut. Kami bersama kontraktor utama kami PT Pembangunan Perumahan Tbk serta Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI), akan bekerja keras untuk memenuhi tenggat yang ditetapkan oleh FIM," kata Abdulbar.

"Kami optimistis dapat selesai tepat waktu. Kami berharap komitmen kami untuk menjaga kondisi dan meningkatkan kualitas lintasan Pertamina Mandalika Circuit ini dapat memberikan race experience terbaik bagi para riders dan penonton saat balapan digelar nanti," tambahnya.

 

2 dari 2 halaman

Fasilitas Pendukung

Terkait persiapan fasilitas pendukung, saat ini ITDC akan membenahi sejumlah fasilitas penting seperti Race Control dan bangunan-bangunan kantor untuk operasional Grand Prix agar nanti siap digunakan.

ITDC juga tengah menyiapkan tribun penonton antara lain, Hospitality Suites VIP Village, tribun Grandstand dan Royal Box. Royal Box atau kategori VIP Premiere Class merupakan kelas tertinggi untuk menonton yang akan dipersiapkan khusus untuk jajaran VIP seperti Presiden RI, para Menteri, VIP Swasta dan Sponsor.

Sementara, VIP Village merupakan tempat eksklusif berkapasitas hingga 2.400 orang yang disediakan bagi penonton dari kategori Hospitality Suites. VIP Village ini memiliki sejumlah kelebihan antara lain parkir VIP eksklusif, ruangan ber-AC, open bar, F&B dan grandstand eksklusif.

Di tengah Sirkuit Mandalika juga sedang ada pekerjaan pembuatan Grandstand yang ditargetkan selesai pada bulan Maret minggu kedua dengan total 50 ribu tempat duduk.

Tempat duduk untuk tribun yang disiapkan ini diimpor langsung dari luar negeri yaitu dari Jepang, Perancis dan sisanya dari China. ITDC Group memastikan bahwa seluruh fasilitas pendukung sirkuit ini akan siap digunakan saat race MotoGP Maret mendatang.

Video Populer

Foto Populer