Sukses


Dag Dig Dug FIM Bakal Lakukan Proses Homologasi Trek MotoGP Mandalika, MGPA Optimistis Dapat Grade A

Bola.com, Jakarta - Jelang MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika, Lombok, 18-20 Maret, trek bakal segera menjalani proses homologasi dari Federasi Sepeda Motor Internasional atau FIM.

Awalnya homologasi bakal diberikan selepas tes pramusim MotoGP Mandalika, bulan Februari lalu. Namun karena ada satu lain hal, khususnya pengaspalan ulang, proses homologasi baru bisa dilakukan saat ini.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan pada awal pekan ini, sirkuit kebanggaan Tanah Air tersebut akan diperiksa pihak FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional).

Priandhi turut menyebut syarat utama homologasi adalah lintasan. Nah jika melihat trek MotoGP Mandalika setelah melakukan pengaspasal ulang, ia optimistis bisa mendapatkan Grade A dari FIM.

"Paling penting aspal (untuk homologasi), lainnya hanya beautifikasi. Kami optimistis bisa dapat homologasi Grade A dan penyelenggaraan MotoGP aman," ujar Priandhi melalui keterangan pers yang diterima Bola.com.

"Semoga penonton dan masyarakat Indonesia mendukung keberadaan MotoGP 2022 demi Indonesia lebih dikenal di mata dunia," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Melebihi Permintaan FIM

Lebih lanjut Priandhi Satria menuturkan pengerjaan pengaspalan ulang ini adalah bukti komitmen ITDC dan MGPA untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia jelang MotoGP Mandalika.

Bahkan menurutnya pihak Dorna dan FIM sebenarnya hanya menyarankan perbaikan di beberapa tikungan lintasan sepanjang 4,31 km tersebut.

Namun, karena waktunya cukup, PT Pembangunan Perumahan sebagai operator melakukan pengelupasan aspal ulang dari setelah Tikungan 16 hingga ke Tikungan 5.

"Sekarang lintasan terlihat jauh lebih bagus. Butiran-butirannya lebih besar dan lebih rapat. Pihak FIM akan datang pada hari ini atau besok. Lintasan akan dilihat safety officer untuk proses homologasi," Priandhi menuturkan.

Selain itu, beberapa hal lain yang terus dibenahi memasuki pekan balapan adalah hal-hal minor berupa cat warna merah-putih di kerb dan cat hijau di run-off area.

Kemudian tembok dibersihkan dan juga ada beberapa titik yang dikasih global branding, yakni sponsor-sponsor yang bekerja sama dengan Dorna di seluruh event Kejuaraan Dunia MotoGP.

Video Populer

Foto Populer