Sukses


MotoGP 2023 Diikuti 11 Tim dan 22 Pembalap, Didominasi Rider Asal Spanyol

Bola.com, Jakarta - MotoGP tahun depan bakal diikuti 11 tim dan 22 pembalap. Sebanyak tujuh negara menurunkan wakilnya, dan Spanyol mendominasi daftar pembalap di MotoGP 2023.

Bersama Italia, Spanyol merupakan negara yang paling produktif mengorbitkan pembalap motor bertalenta. Hal itu bukan kebetulan, dan tak hanya karena pemegang hak komersial MotoGP, Dorna Sports, berasal dari Negeri Matador.

Seperti halnya sepak bola dan tenis, balap motor Spanyol memang memiliki program junior yang sangat mumpuni.

Pencarian bakat sudah dilakukan sejak usia anak-anak lewat ajang minibike, dan setiap jenjang kejuaraan nasional juga diurus secara profesional dan menjanjikan.

Satu di antara faktor yang membuat Spanyol dan Italia terus menghadirkan banyak pembalap berbakat adalah, kejuaraan junior dengan spek motor yang mirip Moto3, yakni JuniorGP dan CIV Moto3.

 

 

2 dari 5 halaman

Alex Criville Jadi Inspirasi

Alhasil, bakat mereka segera terlihat, dan tim-tim Grand Prix lebih mudah memilih dan menggaet pembalap untuk diletakkan dalam naungan mereka.

Yang lebih menakjubkan lagi, jika dibandingkan Italia yang sudah berkuasa sejak era 1950-an, Spanyol justru tergolong 'baru' dalam menjalankan program junior yang jitu.

Angel Nieto memang jadi pahlawan Spanyol dengan meraih 13 gelar dunia pada era 1970-an. Namun, kegilaan balap motor di negara tersebut lebih membludak usai Alex Criville menjuarai GP500 1999.

Sejak itu, talenta-talenta Spanyol memenuhi paddock Grand Prix dan bahkan rajin merebut gelar dunia.

 

3 dari 5 halaman

7 Pembalap Spanyol di MotoGP 2023 Pernah Jadi Juara

Contohnya saja, dari 22 pembalap MotoGP 2023, 13 di antaranya pernah mengecap gelar dunia dan 7 dari mereka berkebangsaan Spanyol. Tak hanya itu, dua di antaranya merupakan juara dunia MotoGP, yakni Marc Marquez dan Joan Mir.

Fakta menarik lainnya, dari 22 pembalap yang turun lintasan pada 2023 nanti, 10 di antaranya merupakan pembalap Spanyol. Jumlah itu tentu hampir separuh dari grid yang tersedia! Italia hanya menurunkan enam pembalap.

Dorna, meski merupakan perusahaan asal Spanyol, ternyata cukup gusar melihat fakta ini dan begitu gencar melakukan berbagai upaya agar bisa memberi jalan kepada rider non-Spanyol dan non-Italia. Pasalnya, Dorna ingin MotoGP menjadi ajang olahraga yang lebih global seperti Formula 1.

4 dari 5 halaman

Kini Banyak Ajang Balap untuk Rider Non-Spanyol

Dorna Sports memang tak ingin mempersempit akses para talenta muda Spanyol dan Italia untuk bergabung ke Grand Prix. Namun, mereka juga berusaha menggaet banyak rider dari berbagai negara berbeda.

Upaya Dorna terlihat dari berbagai ajang junior yang mereka helat. Beberapa di antaranya adalah Asia Talent Cup, British Talent Cup, dan Northern Talent Cup.

Dorna juga memiliki ikatan kuat dengan Red Bull Rookies Cup, yang pesertanya berasal dari berbagai negara, tak hanya Eropa. Untuk Amerika Serikat, Dorna erat berkolaborasi dengan MotoAmerica.

Efeknya memang belum cukup terasa, tetapi setidaknya banyak pintu sudah mulai terbuka untuk para rider non-Spanyol dan non-Italia. Nah, ingin tahu siapa saja pembalap yang mewakili tujuh negara peserta di MotoGP 2023? Berikut perinciannya.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Pembalap MotoGP 2023 Berdasarkan Negara Asal

Spanyol (10): #12 Maverick Vinales, #25 Raul Fernandez, #36 Joan Mir, #37 Augusto Fernandez, #41 Aleix Espargaro, #42 Alex Rins, #44 Pol Espargaro, #73 Alex Marquez, #89 Jorge Martin, #93 Marc Marquez

Italia (6): #10 Luca Marini, #21 Franco Morbidelli, #23 Enea Bastianini, #49 Fabio di Giannantonio, #63 Francesco Bagnaia, #72 Marco Bezzecchi

Prancis (2): #5 Johann Zarco, #20 Fabio Quartararo

Afrika Selatan (1): #33 Brad Binder

Australia (1): #43 Jack Miller

Jepang (1): #30 Takaaki Nakagami

Portugal (1): #88 Miguel Oliveira

Disadur dari: Bola.net (Anindhya Danartikanya/Published: 20/12/2022)

Video Populer

Foto Populer