Sukses


5 Pembalap Favorit untuk Menang MotoGP Mandalika 2023: Duo Aprilia Favorit, Ada Kejutan?

Bola.com, Jakarta - MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok, hari Sabtu (14/10/2023) bakal menggelar sesi menarik. 

Pembalap akan mengikuti sesi FP2, dilanjutkan kualifikasi plus Sprint Race. Sementara Main Race sendiri berlangsung hari Minggu (15/10/2023). 

Jadi siapa pembalap favorit untuk berjaya di MotoGP Mandalika? Sesi FP1 dan Practice hari Jumat memberikan kita semua banyak indikasi. 

Paling menarik tentunya adalah terlemparnya sang pimpinan klasemen, Pecco Bagnaia dari sepuluh besar practice. 

Ini membuatnya harus bekerja keras pada kualifikasi 1 (Q1) untuk lolos ke Q2. Pada artikel ini, Bola.com coba memilih lima nama pembalap favorit memenangkan MotoGP Mandalika 2023 dan Pecco Bagnaia kami kesampingkan. 

2 dari 6 halaman

1. Aleix Espargaro

Aleix Espargaro jelas berstatus pembalap paling favorit untuk memenangkan MotoGP Mandalika 2023, baik saat Sprint Race hari Sabtu maupun Main Race di hari Minggu.

Cukup melihat performa solid sang pembalap sepanjang Jumat. Dia bahkan finis pertama pada practice dengan rekor lap baru motor MotoGP di Mandalika yaitu 1 menit 30,474 detik.

Usai sesi practice, Aleix menyebut dirinya merasa sangat nyaman mengaspak di Mandalika dengan motornya Aprilia RS-GP, bahkan lebih nyaman ketimbang saat dirinya menang di Catalunya.

3 dari 6 halaman

2. Maverick Vinales

Seperti Aleix, pembalap Aprilia lainnya, Maverick Vinales juga masuk jadi kandidat pemenang balapan MotoGP Mandalika.

Dia selalu menempati posisi kedua pada FP1 dan Practice hari Jumat. Apalagi Vinales merupakan salah satu pembalap yang dikenal sangat baik pada sesi kualifikasi.

Jika meraih hasil kualifikasi bagus, Vinales punya modal berharga untuk Sprint Race dan Main Race.

4 dari 6 halaman

3. Jorge Martin

Akhirnya kita sedang membicarakan pembalap dengan performa terbaik di kelas MotoGP saat ini.

Jika raihan tiga balapan terakhir jadi pedoman, Jorge Martin selalu menang di Sprint Race dan finis pertama dua kali pada Main Race di Misano plus Motegi.

Jorge Martin punya kans mengkudeta Pecco Bagnaia yang belum terlihat menjanjikan di Mandalika sejauh ini.

5 dari 6 halaman

4. Marco Bezzecchi

Meski baru saja mengalami cedera dan menjalani operasi, Marco Bezzecchi sama sekali tidak kehilangan kecepatan di Mandalika.

Pada sesi Practice, Bezzecchi bahkan bisa menempati posisi ketiga. Jika kita membicarakan Sprint Race, anak didik Valentino Rossi ini bakal jadi favorit.

Namun untuk Main Race di hari Minggu, di mana ia harus melahap banyak lap, kondisi fisik Bezzecchi diragukan bisa bersaing sampai akhir.

6 dari 6 halaman

5. Marc Marquez

Pada akhirnya kita akan membicarakan potensi kejutan di MotoGP Mandalika: Marc Marquez memenangkan balapan! Ya, di atas kertas, kans dirinya menang di Mandalika sangat kecil.

Apalagi melihat duo Aprilia yang sangat kencang dan serbuan pembalap Ducati. Namun Marc Marquez, dalam kondisi mood bagus dan motor Honda punya performa mumpuni, merupakan kombinasi menakutkan.

Jika melihat hasil latihan bebas hari Jumat, Marc Marquez pun tidak terlalu jauh dari pembalap yang berada di posisi lima besar.

Video Populer

Foto Populer