Sukses


Euro 2020: Timnas Inggris dan Kroasia untuk Ketiga Kalinya Bersua di Turnamen Besar, Siapa yang Bakal Menang?

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris akan berhadapan dengan Kroasia pada laga pertama Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB. Bagi kedua tim, ini adalah duel ketiga di turnamen besar,

Dalam dua pertemuan sebelumnya, Inggris dan Kroasia saling mengalahkan. Pada laga pertama terjadi di partai terakhir fase grup Euro 2004.

Dalam laga yang berlangsung di Estadio da Luz, 21 Juni 2004 tersebut, The Three Lions berhasil mengalahkan The Blazers dengan skor 4-2. Wayne Rooney menjadi bintang kemenangan Timnas Inggris berkat sumbangan dua golnya pada menit ke-45+1 dan 86'.

Sementara itu, pada pertemuan kedua terjadi di semifinal Piala Dunia 2018. Menjalani pertandingan hingga babak tambahan di Luzhniki Stadium, Moscow, 11 Juli 2018, giliran Kroasia yang membungkam Timnas Inggris dengan skor 2-1.

Kini, kedua tim akan saling berhadapan pada pertandingan pertama Grup D Euro 2020. Menjalani pertandingan di Stadion Wembley, Timnas Inggris tentu lebih dijagokan untuk memetik kemenangan.

Apalagi, Tim Tiga Singa tak pernah kalah dalam 11 laga terakhir di turnamen besar yang dihelat di Wembley, dengan perincian tujuh kemenangan dan empat hasil imbang.

Namun, Timnas Kroasia bukan lawan yang sembarangan. Masih diperkuat pemain-pemain yang tampil di Piala Dunia 2018, seperti Dejan Lovren, Domagoj Vida, Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Ivan Perisic, Kroasia diprediksi bakal merepotkan Inggris.

Lantas, tim mana yang akan memenangkan duel di Euro 2020 kali ini? Timnas Inggris atau Kroasia. Layak untuk dinantikan. Berikut ini adalah data dan fakta jelang Inggris versus Kroasia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Head to head kedua tim:

1. Bagi Timnas Inggris dan Kroasia, ini adalah pertemuan ketiga di turnamen besar (Piala Dunia dan Euro).

2. Pada pertemuan pertama, yakni fase grup Euro 2004, Inggris meraih kemenangan 4-2 atas Kroasia. Sementara itu, pada laga kedua giliran Kroasia yang membungkam Inggris pada semifinal Piala Dunia 2018 dengan skor 2-1.

 

3 dari 4 halaman

Data dan fakta Timnas Inggris:

1. Timnas Inggris untuk ke-10 kalinya tampil di Piala Eropa dan belum pernah lolos ke final (31 pertandingan; 0 final). Tidak ada negara lain yang menorehkan tren buruk tersebut selain Inggris.

2. The Three Lions tidak pernah kalah di Stadion Wembley dalam turnamen besar (Piala Dunia 1966 dan Euro 1966). Mereka berhasil meraih tujuh kemenangan dan empat hasil imbang dari 11 laga sebelumnya.

3. Timnas Inggris tak pernah meraih kemenangan dalam sembilan laga pembuka di Euro, dengan perincian lima hasil imbang dan menelan empat kekalahan.

4. Gareth Southgate untuk kedua kalinya memimpin Timnas Inggris berlaga di turnamen besar (tidak termasuk UEFA Nations League). Sebelumnya, dia memimpin Inggris di Piala Dunia 2018 dan finis di posisi empat besar.

 

4 dari 4 halaman

Data dan fakta Timnas Kroasia:

1. Timnas Kroasia untuk keenam kalinya berlaga di Piala Eropa, serta yang kelima secara beruntun.

2. Tidak termasuk adu penalti, Timnas Kroasia hanya menelan dua kekalahan dari 11 pertandingan terakhir di Piala Eropa. Dua kekalahan tersebut didapat ketika takluk dari Spanyol pada Piala Eropa 2012 dan kontra Portugal di Euro 2016 (keduanya dengan skor 1-0).

3. Ivan Perisic adalah pemain yang paling sering terlibat dalam mencetak gol untuk Timnas Kroasia dalam sejarah turnamen besar (7 gol dan 4 assist di Piala Dunia/Piala Eropa, tidak termasuk UEFA Nations League).

4. Pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic, bertugas sejak Oktober 2017. Dalic menjadi manajer kedua yang memimpin Kroasia di dua turnamen besar secara beruntun (Piala Dunia dan Euro), setelah Miroslav Blazevic (Euro 1996 dan Piala Dunia 1998).

Sumber: BBC Sport

Video Populer

Foto Populer