Sukses


    Piala AFF 2020: Bedah Kreativitas Lini Serang Timnas Indonesia Saat Hadapi Kamboja

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia meraih kemenangan dalam laga perdana mereka di ajang Piala AFF 2020. Dalam laga yang berlangsung di Bishan Stadium, Kamis (9/12) itu, Indonesia menang 4-2 atas Kamboja.

    Rachmat Irianto tampil apik di laga ini. Putra dari legenda sepak bola Jawa Timur, Bejo Sugiantoro ini mencetak dua gol di laga ini. Dua gol Indonesia yang lain dicetak oleh Evan Dimas dan Ramai Rumakiek.

    Sementara itu Kamboja bisa mencetak dua gol. Yue Safy mencetak gol lewat sundulan di babak pertama. Sementara Prak Mony Udom mencetak gol lewat tendangan bebas pada menit ke-60.

    Pada laga ini, lini kedua Timnas Indonesia terlihat sangat bisa diandalkan. Para pencetak gol Indonesia di laga ini semuanya merupakan pemain yang menempati posisi gelandang.

    Peran lini kedua Indonesia di laga ini sangat terlihat di babak pertama. Terutama saat Evan Dimas mencetak gol. Gelandang Bhayangkara FC itu tiba-tiba ada di dalam kotak penalti dan dengan mudah menaklukkan kiper Kamboja, Kinhuy Hul.

    Satu yang disayangkan adalah minimnya peran penyerang utama tim asuhan Shin Tae-yong di laga ini, Ezra Walian. Satu-satunya peran menonjol Ezra adalah ketika ia membuat gerakan tipuan yang memudahkan Ramai Rumakiek mencetak gol di babak kedua.

    Ezra pun tak tampil penuh di laga ini. Ia digantikan penyerang Arema FC, Kushedya Hari Yudo ketika pertandingan berjalan 80 menit.

     

    2 dari 3 halaman

    Witan dan Irja Masih Kurang Maksimal

    Shin Tae-yong menurunkan formasi 4-1-4-1 di laga ini. Irfan Jaya dan Witan Sulaeman diplot untuk mengisi posisi gelandang sayap sejak awal laga. Keduanya bergerak dinamis saling bergantian.

    Namun, ketika pertandingan berjalan formasi tersebut tak selamanya bertahan. Kerap kali formasi berubah menjadi 4-3-2-1. Dengan Irfan Jaya dan Witan maju ke posisi winger.

    Keduanya diharapkan untuk bisa menusuk lini pertahanan Kamboja. Juga memberikan umpan-umpan manis kepada Ezra Walian. Namun, keduanya tampil tak maksimal.

    Terutama Irfan Jaya, ia bahkan harus ditarik keluar pada awal babak kedua. Posisi pemain PSS Sleman itu digantikan Ramai Rumakiek yang kemudian mencetak gol keempat Indonesia di laga ini.

    Witan sendiri bermain penuh di laga ini. Namun, perannya kurang maksimal. Penjagaan ketat dan tekel-tekel keras yang dilakukan para pemain Kamboja juga sedikit banyak mempengaruhi performa pemain Lechia Gdansk itu.

    3 dari 3 halaman

    Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

    Kamis, 9 September 2021

    • Timnas Indonesia Vs Kamboja 4-2

    Minggu, 12 Desember 2021

    • Laos Vs Timnas Indonesia

    Rabu, 15 Desember 2021

    • Timnas Indonesia Vs Vietnam

    Minggu, 19 Desember 2021

    • Malaysia Vs Timnas Indonesia

    Video Populer

    Foto Populer