Sukses


    Piala AFF 2020: 3 Catatan Menarik saat Timnas Indonesia Melumat Laos, Semua Lini Berkontribusi

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan kedua di fase grup Piala AFF 2020. Terbaru, Evan Dimas dkk. menang telak 5-1 atas Laos, Minggu (12/12/2021) malam WIB.

    Kemenangan tersebut membuat Timnas Indonesia kini mengoleksi enam poin dan semakin dekat dengan target minimal lolos ke semifinal. Adapun hingga berita ini turun, Vietnam masih memimpin atas Malaysia.

    Timnas Indonesia bermain lebih baik ketimbang saat meladeni perlawanan Kamboja pada laga perdana. Perubahan komposisi starting XI dilakukan pelatih Shin Tae-yong.

    Merah Putih harus menunggu hingga laga memasuki menit 23' untuk mencetak gol. Adalah Asnawi Mangkualam yang menjadi penyumbang gol lewat eksekusi penalti.

    Empat gol lainnya disumbangkan masing-masing oleh Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian, dan Evan Dimas. Sedangkan Laos mencuri satu satu gol lewat aksi Kydavone Saouvanny.

    Bola.com mencatat ada tiga hal menarik yang tersaji pada duel Timnas Indonesia vs Laos dalam ajang Piala AFF 2020. Berikut ini ulasannya:

    2 dari 4 halaman

    Semua Lini Produktif

    Lini belakang, tengah dan depan secara bergantian mencatatkan namanya di papan skor. Lima gol Indonesia kali ini dicetak oleh Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian dan Evan Dimas.

    Ini menunjukkan bahwa Timnas Indonesia tidak bergantung pada 1-2 pemain saja. Artinya, produktivitas tim bisa lahir dari siapa saja dan lewat skema apa aja mengingat semua cara telah dilakukan, mulai dari set piece hingga open play.

    3 dari 4 halaman

    5 Perubahan Starting XI

    Pelatih Shin Tae-yong melakukan lima pergantian starter pada laga tersebut. Pergantian pemain meliputi posisi kiper, lini belakang, tengah, dan depan Timnas Indonesia.

    Posisi penjaga gawang kali ini dipercaya pada Ernando Ari yang menggantikan Syahrul Trisna. Sementara itu, Rizky Ridho menggantikan posisi Ryuji Utomo serta Pratama Arhan yang cedera digantikan oleh Edo Febriansyah.

    Pelatih Shin Tae-yong juga memasukkan Kushedya Hari Yudo yang menggantikan posisi Witan Sulaeman. Adapun pada posisi juru gedor, Shin Tae-yong mempercayakannya kepada Dedik Setiawan.

    Dengan perubahan komposisi dan Timnas Indonesia masih bisa menang besar, ini menunjukkan bahwa kekuatan anak asuh Shin Tae-yong cukup merata.

    4 dari 4 halaman

    Evan Dimas Galak Saat Hadapi Laos

    Jika Lionel Messi selalu jadi momok buat Sevilla, di Timnas Indonesia ada Evan Dimas yang kesetanan saat menghadapi Laos. Pada lanjutan Piala AFF 2020, Minggu (12/12/2021), sang kapten kembali mencetak gol.

    Evan Dimas membukukan gol kelima Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Laos dalam laga kedua Merah Putih di Piala AFF 2020. Itu merupakan gol keduanya di ajang ini.

    Pada laga kontra Laos, Evan Dimas menutup pesta kemenangan Timnas Indonesia. Menerima umpan matang Dewangga dari tengah lapangan, sang kapten dengan tenang mencungkil bola yang gagal diadang kiper lawan.

    Menariknya, gol pertamanya di Timnas Indonesia senior dicetak juga saat berhadapan dengan Laos. Itu dilakukannya kala melakoni debut pada Piala AFF 2014.

    Video Populer

    Foto Populer