Sukses


    8 Pemain yang Mengoleksi 3 Gelar Bergengsi Ballon d'Or, Liga Champions, dan Piala Dunia

    Bola.com, Jakarta - Memenangi gelar juara Liga Champions, trofi Ballon d'Or, dan Piala Dunia bisa jadi pencapaian tertinggi bagi seorang pemain. Hampir tak ada pemain yang tak ingin mendapatkan satu di antara ketiga penghargaan bergengsi itu.

    Seperti diketahui, Liga Champions merupakan turnamen antarklub kasta teratas dan paling elite, tidak hanya di Benua Eropa melainkan juga di konfederasi lain di bawah FIFA, semisal AFC.

    Kemudian, Ballon d'Or merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada pemain terbaik dalam satu musim yang dipersembahkan France Football sejak 1956.

    Sementara, raihan trofi Piala Dunia menjadi puncak tertinggi seorang pemain bersama negara yang dibelanya. Mungkin saja tak ada lagi turnamen sepak bola di muka bumi ini yang menandingi kenikmatan seorang pemain yang sukses merebut gelar juara Piala Dunia.

    Tak banyak pemain yang bisa mengoleksi satu dari tiga gelar bergengsi itu dalam karier profesional mereka. Mungkin hanya beberapa saja yang mampu meraih dua dari tiga gelar itu.

    Namun, sangat jarang seorang pemain sepanjang karier mereka mampu menyabet tiga gelar itu, yakni meraih gelar juara Liga Champions bersama klub, keluar sebagai pemenang Ballon d'Or, dan jadi juara Piala Dunia bersama timnas.

    Faktanya, sejauh ini hanya ada delapan pemain yang mampu menggapai prestasi luar biasa dengan memenangi gelar Liga Champions, Ballon d'Or, dan Piala Dunia. 

    Bahkan dua pemain terhebat masa kini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, tak masuk daftar delapan pemain itu, karena sejauh ini belum melengkapi koleksinya dengan merebut gelar Piala Dunia.

    Nah, lantas siapa saja delapan pemain yang pantas disebut legenda itu berkat pencapaian fantastisnya? Berikut daftarnya.

    2 dari 3 halaman

    1-4

    Rivaldo salah satu pilar saat Barcelona juara La Liga 1998/99 (CHRISTOPHE SIMON / AFP)

    1. Rivaldo

    Pemain asal Brasil ini memenangi Ballon d'Or pada 1999, Liga Champions musim 2002-2003 bersama AC Milan, dan Piala Dunia 2002 di Korea Selatan-Jepang, tentu saja bersama Timnas Brasil.

    Zidane bersama asisten pelatih Real Madrid saat meraih trofi Liga Champions 2018 di Cibeles square, Madrid (27/5/2018).  Zidane mundur dari kursi pelatih Madrid setelah meraih trofi Liga Champions tiga kali. (AFP/Benjamin Cremel)

    2. Zinedine Zidane

    Mantan pelatih Real Madrid ini juga punya prestasi mengagumkan semasa aktif bermain. Zidane mengoleksi gelar Ballon d'Or 1998, Liga Champions 2001-2002 bersama Los Blancos, dan Piala Dunia 1998 yang digelar di negara sendiri, Prancis.

    Zidane bahkan menambah tiga koleksi trofi Liga Champions dalam daftar prestasinya setelah jadi pelatih Real Madrid. Ia mempersembahkan Si Kuping Besar secara beruntun pada edisi musim 2015-2016, 2016-2017, dan terbaru, musim 2017-2018.

    3. Franz Beckenbauer, bek tangguh asal Jerman Barat ini merupakan bagian dari generasi emas tim Panser pada Piala Eropa 1972, sulit untuk bisa menembus penjagaannya. (UEFA)

    3. Franz Beckenbauer

    Pria Jerman ini mengoleksi dua kali gelar Ballon d'Or, yakni pada 1972 dan 1976, tiga kali merasakan juara European Cup, dan gelar juara Piala Dunia 1974 yang berlangsung di Jerman Barat. 

    Gol pertama Italia yang dicetak Paolo Rossi dalam babak final melawan Jerman Barat.

    4. Paolo Rossi

    Pemain asal Italia ini jadi pemain terbaik dengan merebut Ballon d'Or pada 1982. Ia juga meraih gelar European Cup edisi 1984-1985 bersama Juventus, dan jadi pemenang di Piala Dunia 1982 yang digelar di Spanyol

    3 dari 3 halaman

    5-8

    Bintang asal Brasil, Ricardo Kaka (kiri) memutuskan pensiun dari sepak bola pada 15 Oktober 2017 saat berusia 35 tahun. Klub terakhir Kaka sebelum pensiun adalah Orlando City SC. (AFP/Nelson Almeida)

    5. Kaka

    Pemain yang gantung sepatu pada medio Desember 2017 itu masuk daftar setelah mengoleksi trofi Ballon d'Or pada 2007, Liga Champions 2006-2007 bersama AC Milan, serta trofi Piala Dunia edisi 2002 bersama Brasil.

    Sejatinya, Kaka merupakan pemain terakhir yang merebut gelar Ballon d'Or sebelum Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi saling bergantian mencuri perhatian pada penghargaan satu itu. 

    Sir Bobby Charlton menjadi salah satu anggota Busby Babes yang selamat /manutdtransfernews

    6. Sir Bobby Charlton

    Pria Inggris ini disebut sebagai pemain terbesar dalam sejarah sepak bola Inggris dengan raihan Ballon d'Or pada 1966, European Cup 1967-1968, dan Piala Dunia 1966.

    5. Ronaldinho - Tampil apik saat menghajar Real Madrid 3-0 pada laga El Classico di Bernabeu. Bukannya sorakan yang ia dapatkan, malah tepuk tangan kekaguman yang diberikan Madridista kepada pemain ramah tersebut. (AFP/Josep Lago)

    7. Ronaldinho

    Ronaldinho mencatatkan namanya sebagai satu di antara pemain hebat di pentas sepak bola dunia dengan koleksi Ballon d'or 2005, Liga Champions 2005-2006 bersama Barcelona, dan Piala Dunia 2002. 

    Pemain yang identik dengan kucir rambutnya itu meraih gelar Piala Dunia bersama Brasil yang juga dihuni Kaka serta Rivaldo. 

    Gerd Muller (Sokkaa)

    8. Gerd Muller

    Striker Jerman ini dikenang sebagai kekuatan mematikan pada masa 1970-an. Muller berhasil memenangi gelar Ballon d'Or 1970, tiga kali gelar European Cup, dan Piala Dunia 1974 bersama Timnas Jerman Barat, yang juga dihuni Franz Beckenbauer.

    Sumber: Sport Bible

    Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa dengan kualitas HD di sini

    Video Populer

    Foto Populer