Sukses


Alasan Louis van Gaal Bungkam Soal Gangguan Kesehatan Selama Mengantar Timnas Belanda Meraih Tiket Piala Dunia 2022

Bola.com, Jakarta - Peran Louis van Gaal sebagai pelatih Timnas Belanda baru-baru ini diumumkan bakal digantikan oleh Ronald Koeman yang akan mulai bekerja setelah Piala Dunia 2022. Alasannya, baru-baru ini Van Gaal mengungkapkan dirinya berjuang melawan kanker prostat sembari membimbing tim Oranye memastikan tiket Piala Dunia 2022.

Pengakuan dibuat Louis van Gaal setelah Timnas Belanda menjadi juara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Van Gaal mengaku sering bolak-balik ke rumah sakit sembari membimbing anak asuhnya menjalani pertandingan kualifikasi, di mana tak satu pun pemain mengetahuinya.

Setelah pengakuan tersebut, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) bergerak cepat untuk menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih Timnas Belanda. Namun, pergantian pelatih itu baru akan dilakukan setelah Louis van Gaal membimbing Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 yang digelar pada November dan Desember mendatang.

Bicara mengenai alasan merahasiakan penyakitnya selama ini, Louis van Gaal membeberkan pengakuannya. Mantan manajer Barcelona, Manchester United, dan Bayern Munchen itu menegaskan rasa suka terhadap profesi yang dijalaninya membuatnya memilih untuk terus bekerja tanpa mengeluhkan kondisi kesehatannya.

"Saya melakukan pekerjaan ini karena saya menyukainya. Saya senang bekerja bersama skuad ini. Ini adalah sebuah hadiah bagi saya di usia lanjut, begitu saya melihatnya," tegas Louis van Gaal yang sudah tiga kali menjadi pelatih Timnas Belanda kepada FIFA.com.

 

 

2 dari 4 halaman

Disiplin dan Punya Kemauan Keras

Louis van Gaal kemudian juga mengungkapkan alasannya tidak pernah memberitahu siapa pun, terutama para pemainnya, mengenai gangguan kesehatan yang dialaminya. Disiplin dan kemauan keras yang dimiliki Louis van Gaal menjadi kunci bagaimana ia bisa terus merahasiakan hal tersebut.

"Saya harus pergi pada malam hari untuk ke rumah sakit tanpa diketahui oleh para pemain saya. Mereka berpikir saya sehat, tapi sebenarnya tidak," ujar Louis van Gaal.

"Anda tak bisa mati karena kanker prostat, setidaknya tidak dalam 90 persen kasusnya. Namun, kanker saya cukup agresif dan sudah disinari sebanyak 25 kali. Anda harus bisa mengelolanya untuk bisa melalui kehidupan ini."

"Saya tidak ingin memberitahu pemain saya karena ini mungkin memengaruhi pilihan mreka, ketegasan mereka. Jadi saya berpikir mereka tak harus tahu. Saya memiliki disiplin dan kemauan yang sangat keras untuk itu," lanjut pelatih asal Belanda itu.

3 dari 4 halaman

Menjadi Pengalaman Hidup

Louis van Gaal akan membimbing Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, di mana Virgil van Dijk dkk. bakal menghadapi tuan rumah Qatar, Senegal dan Ekuador.

Pelatih yang telah kehilangan istri, juga karena kanker, menegaskan bahwa penyakitnya adalah ujian yang harus dihadapi sembari tetap menjalani kehidupannya.

"Saya telah melalui begitu banyak penyakit, termasuk yang dialami istri saya sendiri. Itu adalah bagian dari kehidupan. Saya pikir sebagai manusia saya mungkin menjadi lebih kaya karena semua pengalaman itu," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Piala Dunia 2022 di Emtek Group

Sementara itu, SCM (Surya Citra Media Tbk.) selaku holding perusahaan di bawah Emtek Group yang memegang hak siar tayang Piala Dunia 2022 di Qatar, akan menyiarkan seluruh laga melalui media multi-platform terlengkap yang dimiliki. Anda dapat menyaksikan seluruh pertandingan, termasuk sepak terjang Timnas Inggris.

Laga-laga Piala Dunia dapat disaksikan melalui stasiun televisi Free To Air yakni SCTV, Indosiar, dan O Channel, TV terestrial digital Mentari TV, saluran khusus olahraga Champions TV yang bisa disaksikan pada layanan TV satelit berlangganan Nex Parabola, hingga layanan OTT (Over The Top) Vidio dengan kemudahan akses bagi penggunanya.

Keseruan Piala Dunia akan diawali dengan pertandingan dari Grup A dan Grup B di hari pertama pada 21 November 2022. Pembagian grup sudah dilakukan melalui undian atau drawing Piala Dunia 2022 yang dilaksanakan di Doha Exhibition and Convention Center, Qatar, pada Jumat (1/4/2022) malam WIB dan tayang di Indosiar.

Sumber: FIFA

Video Populer

Foto Populer