Sukses


    7 Rekor Fantastis Brasil di Piala Dunia: Superior Banget, Susah Dikejar

    Bola.com, Jakarta - Timnas Brasil akan kembali datang ke Piala Dunia 2022 yang bakal berlangsung di Qatar. Piala Dunia edisi ke-22 ini bakal berlangsung mulai 21 November hingga 18 Desember 2022.

    Brasil datang ke Qatar sebagai salah satu favorit peraih gelar juara. Mereka memiliki pemain berpengalaman seperti Neymar Jr hingga youngster berbakat, yakni Vinicius Junior.

    Selecao akan memulai Piala Dunia di babak penyisihan grup G dengan menghadapi sejumlah tim kuat. Tiga lawan Brasil di grup ini adalah Serbia, Swiss, dan Kamerun.

    Sebelum Piala Dunia 2022, Timnas Brasil memiliki rekor menakjubkan. Rekor ini bisa jadi akan bertambah lagi saat Piala Dunia di Qatar ini berlangsung.

    Berikut 7 rekor Timnas Brasil di Piala Dunia. Rekor Brasil ini mungkin akan sulit untuk disamai oleh para negara yang sering tampil di Piala Dunia.

     

    2 dari 8 halaman

    7. Penampilan Terbanyak di Piala Dunia

    Brasil telah bermain dalam 21 edisi Piala Dunia sebelumnya. Jika berlaga lagi di Qatar, maka ini adalah penampilan ke 22 Brasil.

    Dalam 21 edisi Piala Dunia, sudah ada 79 negara yang berpartisipasi. Dari 79 negara yang pernah tampil, hanya Brasil yang selalu hadir di setiap edisi.

    Rekor 21 penampilan Brasil secara berturut-turut di Piala Dunia ini tentu sulit disaingi oleh negara manapun. Jerman adalah negara yang paling terdekat dengan 19 penampilan dan berpeluang menyalip andai saja Brasil gagal di babak kualifikasi Amerika Selatan.

     

    3 dari 8 halaman

    6. Kemenangan Beruntun Terpanjang

    Timnas Brasil yang memenangkan Piala Dunia FIFA 2002 adalah salah satu tim terbesar yang telah memainkan permainan yang indah. Tim itu terdiri dari beberapa pemain hebat sepanjang masa seperti Ronaldo, Ronaldinho, Rivaldo, Cafu, dan Roberto Carlos.

    Brasil memenangi seluruh laga atau tujuh pertandingan di Piala Dunia 2002 dan juga memenangi empat pertandingan pertama Piala Dunia FIFA 2006 sebelum kalah dari Prancis di perempat final. Tujuh kemenangan mereka di Piala Dunia 2002 juga merupakan yang terbanyak dalam satu turnamen.

     

    4 dari 8 halaman

    5. Rekor Tak Terkalahkan Terpanjang

    Tidak hanya rekor kemenangan beruntun, Brasil juga memiliki rekor tidak terkalahkan terpanjang di Piala Dunia. Selecao tidak terkalahkan dalam 13 laganya di Piala Dunia.

    Rekor ini mereka bukukan saat Piala Dunia 1958 berakhir di pertandingan kedua mereka di Piala Dunia 1966. Brasil memainkan 13 pertandingan tanpa kalah selama periode.

    Mereka memenangkan 11 pertandingan di antaranya dan sisanya berakhir imbang. Yang sangat spesial, mereka juga memenangi dua Piala Dunia.

     

    5 dari 8 halaman

    4. Gol terbanyak di Piala Dunia - 228

    Menjadi negara paling banyak tampil di Piala Dunia membuat Brasil sangat produktif untuk urusan mencetak gol. Mereka mencetak 228 gol dalam 21 edisi Piala Dunia.

    Rekor mereka sempat tersalip oleh Jerman pada Piala Dunia 2014. Uniknya Jerman menyalip rekor gol ini saat menang telak 7-1 dari Brasil.

    Keduanya, sempat bersaing ketat dan menyamakan kedudukan gol saat berlaga di Piala Dunia 2018 yakni 226 gol. Sayangnya, Jerman keluar cepat dan Brasil melaju hingga perempat final dan menambah gol lagi.

     

    6 dari 8 halaman

    3. Laga Beruntun Terbanyak Piala Dunia dengan Selalu Mencetak Gol

    Brasil juga menjadi tim yang secara berturut-turut mencetak gol di Piala Dunia yakni 18 laga. Hal ini mereka lakukan mulai Piala Dunia 1934, 1938, 1950 dan 1954 (tahun 1942 dan 1946 Piala Dunia ditiadakan).

    Dalam 18 laga di empat edisi Piala Dunia ini, Brasil mencetak 44 gol dan kebobolan 23 gol, serta paling tidak mencetak satu gol di tiap laga yang mereka jalani. Rekor mereka terhenti saat bermain imbang 0-0 melawan Inggris di babak penyisihan grup Piala Dunia 1958.

    Rekor Brasil yang satu ini juga disamai oleh dengan 18 laga berturutan selalu mencetak gol mulai dari Piala Dunia 1934. Perjalanan mereka berakhir saat imbang tanpa gol melawan Italia pada laga pertama Piala Dunia 1962.

     

    7 dari 8 halaman

    2. Kemenangan Terbanyak di Piala Dunia-73

    Kemenangan melawan Meksiko di babak 16 Besar Piala Dunia 2018 merupakan yang ke-73 Brasil dalam sejarah Piala Dunia. Sayangnya setelah itu mereka kandas dari Belgia di perempat final.

    Total 73 kemenangan Brasil ini, enam lebih banyak dari Jerman yang berada di urutan kedua dan Italia di tempat ketiga dengan 45 kali. Rekor sepanjang masa Brasil di Piala Dunia adalah 73 kemenangan, 18 seri dan 17 kekalahan.

     

    8 dari 8 halaman

    1. Juara Piala Dunia Terbanyak

    Setelah selalu berpartisipasi di setiap edisi Piala Dunia, Brasil telah memenangkan lima gelar Piala Dunia. Rekor ini kemungkinan baru bisa saja terlewati delapan tahun kemudian.

    Brasil memenangkan Piala Dunia pertama mereka pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002. Pele adalah pemain Brasil bahkan dunia yang paling banyak meraih gelar Piala Dunia yakni tiga kali.

    Jerman dan Italia masing-masing telah memenangkan empat piala dunia. Hanya Jerman yang bisa menyamai rekor Brasil jika mereka menjadi juara Piala Dunia 2022 karena Italia gagal lolos.

    Sumber: Sportkeeda 

     

    Video Populer

    Foto Populer