Sukses


Michael Owen di Piala Dunia: Wonderkid The Three Lions di Prancis 1998

Bola.com, Jakarta - Timnas Inggris pernah punya pemain muda yang luar biasa dan memberikan harapan besar di Piala Dunia 1998. Pemain muda itu bernama Michael Owen yang semula dipersiapkan untuk pelapis striker-striker yang lebih senior hingga memperlihatkan performa luar biasa seolah bakal membawa kejayaan bagi The Three Lions.

Piala Dunia 1998 memang merupakan debut Michael Owen di kejuaraan paling bergengsi di bumi itu. Namanya benar-benar fresh bagi para pendukung The Three Lions. Bahkan debutnya bersama Timnas Inggris baru didapatkan empata bulan sebelum Piala Dunia di Prancis itu digelar.

Bermain sebaga istriker, Michael Owen awalnya hanya disiapkan sebagai pelapis Alan Shearer dan Teddy Sheringham yang sudah jadi partner lini depan di Euro 1996. Namun, sejak awal, Michael Owen juga diharappkan bakal bersinar di bawah asuhan Glenn Hoddle.

Harapan tersebut mampu dijawab Michael Owen dalam debut di Piala Dunia. Wonderkid yang saat itu berseragam Liverpool tersebut mencetak dua gol dan satu assist selama memperkuat Timnas Inggris di Piala Dunia 1998.

2 dari 5 halaman

Masih Berusia 17 Tahun

Michael Owen merupakan satu di antara pemain termuda yang menjalani debut di Piala Dunia. Pemain muda Inggris lain yang menjalani debut bersama Michael Owen saat itu adalah Rio Ferdinand, yang saat itu berusia 18 tahun.

Meski baru berusia 17 tahun, Michael Owen berhasil menyihir penonton dengan permainan atraktifnya. Owen berhasil mencetak gol pertamanya dalam pertandingan kedua babak grup.

Ketika itu, Michael Owen menggantikan Teddy Sheringham pada menit ke-73. Ia langsung mencetak gol hanya dalam waktu enam menit saja.

Memanfaatkan bola pantul dari Paul Scholes, Michael Owen yang lincah berhasil menyergap bola dengan kaki kanannya.

 

3 dari 5 halaman

Tampil Mengesankan Menghadapi Argentina

Tergabung di Grup G, Timnas Inggris bersaing dengan Rumania, Kolombia, dan Tunisia. The Three Lions mengakhiri Grup G dengan berada di posisi runner-up di bawah Rumania.

Timnas Inggris pun bertemu dengan juara Grup H, Argentina, di babak 16 besar. Michael Owen yang sebelumnya impresif sebagai supersub, diberikan kesempatan untuk menjadi starter.

Michael Owen berduet dengan Alan Shearer dan berhasil mencetak satu gol gol dan satu assist dalam pertandingan tersebut. Namun, bermain dengan 10 pemain setelah David Beckham dikartu merah membuat laga berakhir imbang hingga ditentukan oleh adu penalti yang membuat Inggris tersingkir.

 

4 dari 5 halaman

Eksekusi Meyakinkan Michael Owen

Saat drama adu penalti berlangsung, Michael Owen kembali diberikan kesempatan menjadi eksekutor. Tembakannya berhasil memperpanjang nafas Inggris dengan membuat kedudukan menjadi 5-5.

Namun, Timnas Inggris akhirnya tersingkir setelah eksekusi David Batty dihalau kiper Argentina. Skor 6-5 dalam drama adu penalti membuat Argentina berhak melangkah ke babak selanjutnya.

Michael Owen yang tampil cemerlang dalam pertandingan itu pun tak bisa menyelamatkan Inggris dari kekalahan. 

5 dari 5 halaman

Michael Owen di Piala Dunia

Kecemerlangan Michael Owen di Piala Dunia 1998 membuat top scorer Premier League 1997/1998 itu menyabet predikat pemain muda terbaik Piala Dunia 1998 dan masuk dalam All Star Team Piala Dunia 1998.

Setelah itu, Michael Owen tercatat bermain dalam dua Piala Dunia, plus 2002 di Korea dan Jepang. Michael Owen mencatatkan empat gol di dua Piala Dunia dan total mengemas 40 gol untuk The Three Lions hingga 2007.

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby/Asad Arifin, published 12/8/2022)

Video Populer

Foto Populer