Sukses


    Profil Kontestan Piala Dunia 2022: Ghana

    Bola.com, Jakarta - Timnas Ghana mulai muncul ke kancah sepak bola internasional pada Piala Dunia 2006. Setelah itu, mereka tampil lagi dalam dua edisi selanjutnya yakni 2010 dan 2014, lalu gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

    Meski baru bermain di tiga edisi Piala Dunia, Timnas Ghana memiliki rekor yang bagus yakni sekali ke perempat final, sekali ke 16 besar dan gagal lolos dari penyisihan grup pada 2014. Bahkan mereka hampir saja ke semifinal pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

    Sayangnya langkah Ghana mandek di perempat final karena ulah Luis Suarez dan penalti gagal Asamoah Gyan. Setelah absen pada edisi sebelumnya, kini Ghana akan tampil lagi di Piala Dunia 2022 atau edisi keempat bagi mereka.

    Negara yang menghuni peringkat 60 FIFA tersebut butuh perjuangan ekstra keras dan keberuntungan untuk mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2022. Di Qatar nanti, mereka berada di Grup H bersama Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan.

    The Black Stars kini telah menemukan pemain hebat pengganti Michael Essien, Sulley Muntari dan Asamoah Gyan untuk terbang ke Qatar. Sebelum melihat aksi mereka di Piala Dunia 2022, simak dahulu profil Timnas Ghana.

     

    2 dari 5 halaman

    Pemain Bintang: Mohammed Kudus

    Penggemar game Football Manager tentu mengenal sosok Mohammed Kudus sebagai wonderkid yang layak dibeli. Pemain yang kini berusia 22 tahun itu telah bergabung bersama Ajax Amsterdam dan digadang-gadang jadi calon gelandang.

    Mohammed Kudus membukukan 52 laga dan mencetak 12 gol serta membantu Ajax Amsterdam dua kali meraih gelar Liga Belanda dan sekali Piala Belanda. Warga Ghana menaruh harapan besar kepada penerus Michael Essien ini. 

    Kudus yang mulai debut di tim senior Ghana sejak 2019 sudah menjalani 16 laga dan mencetak lima gol bersama Black Stars. Dia kini menjadi pemain reguler Ghana meski awalnya sempat dibekap cedera saat kualifikasi Piala Dunia 2022.

    Profil Pelatih: Otto Addo

    Otto Addo termasuk dalam pelatih debutan yang bakal memimpin Ghana berlaga di Piala Dunia 2022. Dia sebelumnya merupakan asisten pelatih Ghana yang saat itu dibesut pelatih asal Serbia, Milovan Rajevac.

    Federasi Sepak Bola Ghana akhirnya memutuskan memecat Milovan Rajevac karena Ghana tersingkir cepat pada Piala Afrika 2021 awal tahun ini. Otto Addo yang sebenarnya hanya pelatih sementara akhirnya menjadi pelatih kepala yang bakal memimpin Ghana di Piala Dunia 2022.

    Hal tersebut karena Otto Addo yang mampu membawa Ghana akhirnya lolos ke Qatar usai menghadapi dua laga penentuan melawan Nigeria. Dia telah memimpin enam laga Ghana selama tahun 2022 ini dan mampu meraih sekali menang, tiga imbang dan dua kali kalah.

     

    3 dari 5 halaman

    Perkiraan Skuad

    • Kiper: Richard Ofori (Orlando Pirates), Joe Wollacott (Swindon), Abdul Manaf Nurudeen (Eupen)
    • Belakang: Denis Odoi (Club Brugge), Tariq Lamptey (Brighton), Alidu Seidu (Clermont), Joseph Aidoo (Celta Vigo), Gideon Mensah (Bordeaux), Daniel Amartey (Leicester), Alexander Djiku (Strasbourg), Abdul-Rahman Baba (Reading), Mohammed Salisu (Southampton), Stephan Ambrosius (Karlsruher)
    • Tengah: Thomas Partey (Arsenal), Iddrisu Baba (Real Mallorca), Elisha Owusu (Gent), Daniel-Kofi Kyereh (St Pauli), Mohammed Kudus (Ajax), Andre Ayew (Al Saad), Osman Bukari (Nantes), Kamaldeen Sulemana (Rennes), Daniel Afriyie Barnieh (Hearts of Oak), Ransford-Yeboah Konigsdorffer (Hamburg), Antoine Semenyo (Bristol City)
    • Depan: Abdul Fatawu Issahaku (Sporting CP), Jordan Ayew (Crystal Palace), Felix Afena-Gyan (Roma), Inaki Williams (Athletic Bilbao), Benjamin Tetteh (Hull City)

     

    4 dari 5 halaman

    Jadwal Pertandingan di Piala Dunia 2022

    • Portugal vs Ghana (24 November 2022)
    • Korea Selatan vs Ghana (28 November 2022)
    • Ghana vs Uruguay (2 Desember 2022)

     

    5 dari 5 halaman

    Road to Qatar

    Ghana harus berjuang alot demi mendapatkan tiket untuk berlaga di Piala Dunia keempat. Pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ghana tergabung di Grup G bersama Afrika Selatan, Ethiopia, dan Zimbabwe.

    Dari enam laga, Ghana menang empat kali, sekali imbang dan sekali kalah serta mengoleksi 13 angka. Angka yang dikumpulkan Ghana serta selisih golnya serupa dengan Afrika Selatan, tetapi The Black Stars lebih beruntung karena lebih produktif mencetak gol.

    Setelah jadi juara grup dan lolos ke babak selanjutnya, Ghana lagi-lagi menghadapi lawan sulit yakni Nigeria. Setelah dua laga, agregat keduanya sama kuat 1-1, namun Ghana berhak ke Piala Dunia 2022 karena aturan gol tandang saat menahan imbang 1-1 tuan rumah Nigeria.

    • 4/9/2021 Ghana 1 - 0 Ethiopia
    • 6/9/2021 Afrika Selatan 1 - 0 Ghana
    • 9/10/2021 Ghana 3 - 1 Zimbabwe
    • 12/10/2021 Zimbabwe 0 - 1 Ghana
    • 11/11/2021 Ethiopia 1 - 1 Ghana
    • 15/11/2021 Ghana 1 - 0 Afrika Selatan
    • 26/03/2022 Ghana 0 - 0 Nigeria
    • 30/3/2022 Nigeria 1 - 1 Ghana

    Sumber: FIFA, berbagai sumber 

    Video Populer

    Foto Populer