Sukses


    Gambaran Skuad Tergarang Argentina di Piala Dunia 2022: Dominasi Messi dan Wajah-wajah Lama

    Bola.com, Jakarta - Dengan semangat 1978 dan 1986, kala itu Timnas Argentina sukses menjadi yang terbaik di Piala Dunia, Lionel Messi dkk menyambangi Qatar dengan satu tekad, juara!

    Tak hanya bagi rakyat Argentina dan pemujanya di seantero jagat, menjadi kampiun juga menjadi harga mati bagi Messi. Maklum, Messi sudah berusia 35 tahun dan beberapa kali gagal di pentas tertinggi empat tahunan dalam balutan jersey La Albiceleste.

    Masih dimotori La Pulga, Argentina masuk daftar unggulan selain Brasil, Jerman, Belanda, serta juara bertahan Prancis.

    Lionel Scaloni, sang pelatih, sudah menyiapkan mesin tempurnya jauh-jauh hari. Selain Messi, skuad Tim Tango sepertinya masih dihuni sederet wajah-wajah lama seperti Angel di Maria dan Nicolas Otamendi.

    Argentina berada di Grup C bareng Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Mereka akan memulai pertandingan Piala Dunia 2022 pada 22 November melawan Arab Saudi di Stadion Lusail.

    Seperti apa kira-kira skema permainan yang akan diterapkan Scaloni? Siapa pula yang masuk daftar starting XI Timnas Argentina untuk Piala Dunia 2022? Cek info di bawah ya!

     

    2 dari 5 halaman

    Kiper: Emiliano Martinez

    Penjaga gawang kepunyaan Aston Villa ini dikenal percaya diri, gesit, dan spesialis adu penalti. Gerakannya di bawah mister kerap membuat striker lawan frustrasi.

    Dalam beberapa tahun terakhir, penjaga gawang berusia 30 tahun itu tampil ciamik bersama timnas. Di Qatar nanti, Martinez diharapkan bisa lebih oke.

     

    3 dari 5 halaman

    Belakang

    Bek Kanan: Nahuel Molina

    Masih berusia 24 tahun, Molina sudah mendapat kepercayaan besar dari Scaloni. Bek anyar Atletico Madrid itu berpeluang jadi pemain inti, jika tak ada kendala berarti.

    Dia melakoni debutnya bersama Timnas Argentina pada Juni 2021. Sejak saat itu, Molina selalu jadi starter. Di Atletico, Molina memang tak tampil konsisten. Dari enam laga, dia baru bermain tiga kali.

    Tapi, statistik itu sepertinya tak memengaruhi penilaian Scaloni. Soalnya, Scaloni butuh bek kanan yang cerdas dan tanpa kompromi.

     

    Bek Tengah: Lisandro Martinez

    Sejauh ini, Martinez tampil impresif bersama Manchester United. Kedatangannya dari Ajax musim ini tak sia-sia. Meski bertubuh tak begitu tinggi untuk bermain di kompetisi Eropa, justru di situ keunggulan bek berusia 24 tahun ini.

    Dia lincah dengan dua kaki yang kuat. Tak terbantahkan lagi, Martinez suskes mencuri hati Scaloni.

     

    Bek Tengah: Cristian Romero

    Satu di antara pemain muda yang akan dibawa Scaloni ke Qatar adalah Romero. Bek Atalanta yang dipinjamkan ke Tottenham Hotspur tipikal pemain bertahan yang tenang, terlebih di kotak penalti.

    Dia sadar betul, sedikit kecerobohan bakal bisa berakibat fatal. Pemain berusia 24 tahun itu juga sangat pandai membaca pergerakan lawan. Pujian yang kerap diberikan pelatih membuat Romero kian percaya diri.

     

    Bek Kiri: Nicolas Tagliafico

    Pengalaman membuat Tagliafico semakin matang dan berhati-hati dalam menjalankan tugas. Dia cepat, cerdas, dan tak melakukan pelanggaran yang tak perlu.

    Dia juga ekstra waspada, terlebih ketika melepaskan umpan jauh ke depan. Bek berusia 30 tahun ini kini bermain bersama Lyon setelah direkeut dari Ajax tahun ini. Dari delapan laga Ligue 1 yang sudah dijalaninya, dia mengemas sebiji gol.

     

     

    4 dari 5 halaman

    Tengah

    Gelandang: Rodrigo de Paul

    Menurut Scaloni, De Paul merupakan pemain pembangkit tenaga di lini tengah. Tugasnya tak cuma menahan gempuran, tapi juga mendistribusikan si kulit bundar kepada pemain depan atau striker.

    Begitu terus dalam sepanjang pertandingan. Tak heran kalau pilar Atletico Madrid berusia 28 tahun itu punya stamina dan fisik yang layak diacungi jempol.

     

    Gelandang: Guido Rodriguez

    Di Copa America 2021 lalu, Rodriguez tampil secara reguler. Di partai final melawan Brasil yang berakhir dengan kemenangan 1-0, gelandang bertahan Real Betis itu tampil penuh dalam 90 menit.

    Di klub, Rodriguez juga andalan dan nyaris tanpa saingan. Melihat dedikasinya yang luar biasa, Scaloni tak ingin pindah ke lain hati.

     

    Gelandang: Giovani Lo Celso

    Lo Celso, 26 tahun, seorang gelandang pekerja keras. Tak egois, pilar Tottenham Hotspur yang kini bermain di Villarreal itu sebagai pemain pinjaman bisa bekerja sama dengan semua pemain.

    Lincah, Lo Celso identik dengan khas permainan Tim Tango. Di Villarreal, Lo Celso sudah tampil dalam tujuh pertandingan dengan tabungan satu gol.

     

     

    5 dari 5 halaman

    Depan

    Sayap Kanan: Lionel Messi

    Semua mata akan tertuju kepadanya. Di Argentina, Messi adalah segalanya. Bersama timnas, Messi sudah berjuang dalam 162 pertandingan dan mengemas 86 gol.

    Tak dipungkiri lagi, La Pulga akan menjadi motor serangan sekaligus pemburu gol utama. Messi dalam kondisi terbaik. Bersama PSG, Messi sejauh ini mengemas enam gol dan delapan assist.

     

    Sayap Kiri: Angel Di Maria

    Selain Messi, Di Maria merupakan pemain kaya pengalaman yang dimiliki Scaloni saat ini. Kendati sudah berusia 34 tahun, Di Maria masih jadi incaran klub-klub beken Eropa.

    Juventus adalah klubnya sekarang setelah tujuh tahun membela PSG (2015–2022). Dia sudah bersama timnas sejak 2008 dan hadir dalam banyak laga-laga penting La Albiceleste.

     

    Striker: Lautaro Martinez

    Scaloni sepertinya enggan membiarkan striker Inter Milan ini lama-lama duduk di bangku cadangan. Ketajaman, kecepatan, etos kerja, serta mental pemenang membuatnya pilihat tepat di lini terdepan skuad besutan Scaloni di pentas Piala Dunia 2022.

    Dia tampil gemilang saat Argentina menggiling Italia 3-0 pada Juni lalu. Ujung tombak berusia 25 tahun itu menyumbang satu lesakan. Di Inter, dia sudah mencetak tiga gol dan satu assist dalam tujuh laga di Serie A musim ini.

    Sumber: Sportskeeda

    Video Populer

    Foto Populer