Sukses


    VIDEO: Makna Tersembunyi dari Jersey Timnas Denmark untuk Piala Dunia 2022

    Bola.com, Jakarta - Apparel Hummel, yang memproduksi jersey untuk Timnas Denmark, mengungkapkan makna dari desain kaus yang akan digunakan di Piala Dunia 2022. Makna tersebut bisa disebut "tersembunyi" karena diungkapkan dengan cara yang menarik.

    Hummel mengungkapkan soal makna desain kaus jersey Timnas Denmark tersebut di media sosial Instagram. Mereka menyebutkan bahwa desain kaus terinspirasi dari kesuksesan Tim Dinamit di Piala Eropa 1992. Dalam ajang tersebut, Denmark menjadi juara setelah mengalahkan Timnas Jerman dengan skor 2-0 pada partai final.

    Selain itu, Hummel membuat desain dengan warna yang gelap untuk logo mereka dan logo federasi sepak bola Denmark yang ditempatkan di bagian depan kaus. Mereka membuatnya menjadi gelap karena tidak ingin terlihat atau menonjol.

    Kaus Timnas Denmark berwarna merah. Sementara logo apparel Hummel dan timnas juga menggunakan warna yang sama, tetapi lebih gelap sehingga memang menjadi samar dan tidak mudah terlihat. Apa alasannya?

    Alasan Hummel adalah mereka tidak ingin terlihat tampil dalam sebuah turnamen yang menurut mereka telah mengorbankan ribuan nyawa. Denmark menilai Qatar sebagai tuan rumah yang telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

    Menurut laporan pada 2021, seperti dilansir Guardian, lebih dari 6.500 pekerja migran meninggal dunia dalam rentang 2011-2020, atau sejak Qatar diumumkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Angka itu didapat dari kumpulan data pemerintah India, Bangladesh, Nepal and Sri Lanka, di mana total terdapat 5.927 pekerjanya yang tewas di Qatar. Data lain berasal dari kedutaan Pakistan di Qatar di mana terdapat 824 pekerja dari Pakistan yang meninggal dunia dalam rentang 2010-2020.

    Namun, Presiden FIFA, Gianni Infantino, pernah membantah bahwa terdapat 6.500 pekerja yang tewas dalam acara Parliamentary Assembly of the Council of Europe (cabang dari Council of Europe, terdiri dari 47 negara yang berdedikasi dalam penegakan HAM, demokrasi, dan hukum) di Prancis pada 26 Januari 2022, seperti dilansir SNTV. Infantino hanya menyebut tiga pekerja yang tewas.

    Seperti apa desain kaus jersey Timnas Denmark untuk Piala Dunia 2022? Para pembaca bisa menyimaknya dalam tayangan singkat di atas. (Video diedit oleh Alpenta Mulia Sitompul, mahasiswa magang dari Universitas Negeri Jakarta).

    Video Populer

    Foto Populer