Sukses


    5 Pemain Hebat yang Borong Trofi Ballon d'Or, Liga Champions, dan Piala Dunia: Zidane dan Rossi di Antara Trio Samba

    Bola.com, Jakarta - Bagi pesepak bola profesional, Ballon d'Or menjadi raihan terbaik dalam karier sebagai seorang individu. Penghargaan bagi pesepak bola terbaik dalam satu tahun itu kerap jadi pelengkap bagi mereka yang berhasil membawa timnya menjuarai Liga Champions atau bahkan meraih trofi Piala Dunia.

    Ya, selain trofi Ballon d'Or yang merupakan penghargaan prestisius bagi individu pesepak bola, trofi Liga Champions di Eropa dan Piala Dunia merupakan hal terbaik dalam karier pesepak bola.

    Jika berhasil memenangi ketiganya, tentu karier seorang pesepak bola akan sangat terasa lengkap. Pasalnya, ketika trofi Liga Champions atau Piala Dunia diraih bersama-sama rekan setim, trofi Ballon d'Or bukanlah hal yang mudah didapatkan karena persaingan dengan individu-individu lain yang juga memperlihatkan performa terbaik dalam satu tahun.

    Bahkan pemain hebat macam Pele, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, bahkan Diego Maradona tidak pernah bisa menyabet ketiga trofi tersebut dalam kariernya. Padahal keempat pemain itu dianggap sebagai yang terbaik dalam sejarah sepak bola.

    Namun, seperti dilansir dari Sportskeeda, ada lima pemain yang tercatat pernah menyabet trofi Piala Dunia, Liga Champions dan dilengkapi dengan Ballon d'Or dalam kariernya. Siapa saja mereka?

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 6 halaman

    5 Paolo Rossi

     

    Legenda sepak bola Italia ini menjadi satu di antara pesepak bola hebat sepanjang masa. Penyerang ini adalah satu dari tiga pemain yang pernah memenangi tiga penghargaan tersebut dalam satu periode Piala Dunia.

    Ia menjuarai Piala Dunia 1982 dan Ballon d'Or pada tahun yang sama. Kemudian ia menjuarai European Cup, yang kini bernama Liga Champions, pada 1984.

    Rossi adalah striker paling hebat yang pernah dimiliki Italia pada era 1980-an. Ia membawa Azzurri menjuarai Piala Dunia 1982 dengan mencetak enam gol yang membuatnya menjadi top scorer.

    Ia menyabet penghargaan Golden Ball dan Golden Boot dalam turnamen tersebut, meski hanya mencetak semua golnya di fase knockout. Ia kemudian menjuarai European Cup bersama Juventus.

     
    3 dari 6 halaman

    4. Rivaldo

     

    Penyerang hebat asal Brasil yang satu ini merupakan satu di antara trio R3 yang tampil luar biasa di Piala Dunia 2002. Penyerang legendaris ini menjuarai Piala Dunia pada tahun itu dan kemudian menjuarai Liga Champions pada 2003.

    Namun, sebelum meraih dua trofi besar bersama tim nasional dan klub tersebut, Rivaldo sudah lebih dulu menyabet penghargaan Ballon d'Or pada 1999.

    Rivaldo merupakan satu di antara pesepak bola berbakat dan elegan di generasinya. Ia terkenal ketika bermain bersama Barcelona, di mana ia menjuarai La Liga dalam dua musim pertamanya, 1997/1998 dan 1998/1999 yang berbuah Ballon d'Or setelah mengantar Blaugrana menjadi juara.

    Rivaldo menjadi bintang di Piala Dunia 2022 yang digelar di Korea dan Jepang. Ia mencetak gol dalam lima dari tujuh pertandingan yang dimainkan Brasil untuk menjadi juara. Ia kemudian menjuarai Liga Champions dalam satu-satunya musim bersama AC Milan pada 2003.

     

    4 dari 6 halaman

    3. Kaka

     

    Kaka dikenal sebagai pemain terakhir yang meraih Ballon d'Or sebelum era duopoli Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Pemain asal Brasil itu menikmati karier profesional yang cemerlang, di mana ia juga menjuarai Piala Dunia dan Liga Champions.

    Kaka dikenal sebagai satu di antara gelandang serang murni dalam sepak bola. Pemain asal Brasil ini sangat menikmati ketika menggiring bola di kakinya dan berlari melewati banyak pemain dengan mudah.

    Ia menjadi bagian dari Timnas Brasil yang menjuarai Piala Dunia 2002 saat masih berusia 20 tahun. Ia menjuarai Liga Champions bersama AC Milan pada 2007 dan Ballon d'Or pada tahun yang sama.

     

    5 dari 6 halaman

    2. Zinedine Zidane

     

    Daftar gelandang terbaik sepanjang masa tak akan lengkap tanpa kehadiran Zinedine Zidane. Pemain asal Prancis itu menikmati karier yang gemilang dengan menjuarai Piala Dunia 1998 dan Ballon d'Or pada tahun yang sama, serta Liga Champions pada 2002.

    Zidane adalah pemain terhebat pada abad ke-21 dan mungkin dalam sejarah sepak bola. Ia adalah instrumen utama dalam keberhasilan Prancis menjuarai Piala Dunia 1998, di mana ia mencetak dua gol dalam pertandingan final.

    Ia meraih Ballon d'Or setelah tampil luar biasa bersama Juventus pada tahun yang sama. Ia juga mencetak gol pada laga final Liga Champions 2002 ketika memperkuat Real Madrid mengalahkan Bayer Leverkusen.

     

    6 dari 6 halaman

    1. Ronaldinho

     

    Ronaldinho mengubah citra sepak bola saat ia bermain. Pesepak bola asal Brasil itu merupakan penghibur di lapangan hijau, selalu bermain dengan senyuman di wajahnya. Ia menjuarai Piala Dunia, Liga Champions, dan Ballon d'Or pada era kejayaannya.

    Ronaldinho merupakan satu di antara pesepak bola dengan skill dan teknik yang sangat luar biasa. Ia dikenal bukan karena kemampuannya mencetak banyak gol, tapi kehadirannya di lapangan yang membuat lawan kesulitan untuk menghentikannya.

    Seperti halnya Rivaldo, Ronaldinho juga merupakan bagian dari trio R3 di Timnas Brasil yang sukses menjuarai Piala Dunia 2002 di Korea dan Jepang. Ia juga memenangkan Ballon d'Or pada 2005 setelah tampil mengesankan bersama Barcelona dan membantu timnya menjuarai Liga Champions satu tahun kemudian.

    Ronaldinho menikmati karier yang sangat sukses dan membangun reputasi sebagai satu di antara yang terbaik sepanjang masa.

    Sumber: Sportskeeda

    Video Populer

    Foto Populer