Sukses


    Masih Mending GBK! Stadion Al Bayt Tempat Opening Ceremony Piala Dunia 2022 Tidak Bersahabat buat Media

    Laporan Hendry Wibowo dan Ade Yusuf Satria, Langsung dari Doha, Qatar

    Bola.com jadi saksi sejarah Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Opening Ceremony telah berlangsung di Stadion Al Bayt, Qatar hari Minggu (20/11/2022).

    Opening Ceremony yang salah satunya diwarnai debut solo Jungkook ini berlangsung meriah dan sukses. Tapi tentu tidak ada yang sempurna.

    Pantauan kami di Stadion Al Bayt ada keluhan dari para peliput media. Di antaranya lokasi tribun media yang justru terletak paling atas.

    Tidak hanya sampai di situ, tidak semua tribune media dilengkapi meja laptop untuk bekerja, termasuk yang didapat Bola.com. Ini tentu mempersulit kerja media.

    Alhasil banyak rekan jurnalis membuat berita dari ponsel masing-masing. Meskipun tidak sedikit juga yang harus memangku laptop di paha.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 7 halaman

    Umumnya Ada Meja

    Jurnalis asal Indonesia yang meliput Piala Dunia 2022 di Qatar, Abdul Haris mengeluhkan hal di atas.

    "Pengalaman saya meliput pertandingan Liga Champions, tribun media pasti ada meja untuk bekerja dan itu semua bisa. Tidak seperti di Al Bayt hanya sebagian yang bisa," kata Abdul Haris.

    “Kertas line-up pemain yang biasanya dibagikan kepada teman-teman media juga tidak ada di sini,” lanjutnya.

    Berdasarkan pengalaman juga, kondisi di Stadion Gelora Bung Karno masih lebih baik ketimbang Stadion Al Bayt, di mana pada tribune khusus wartawan cukup memanjakan kinerja.

    Di GBK para wartawan bisa asyik mengetik karena di depan tempat duduknya ada meja yang cukup luas. Di bawah kursi colokan listrik tersedia. Saat event-event internasional, sebut saja Piala Asia 2007 di tiap tempat duduk jurnalis bahkan tersedia televisi mini.

    Hanya mungkin bedanya, kalau di Senayan sering terjadi penonton umum menguasai area media karena tidak kebagian bangku. Di Qatar, semua penonton tertib duduk di tempatnya sesuai nomor tiket yang didapat. Enggak ada tuh insiden orang ribut rebutan bangku.

    3 dari 7 halaman

    Opening Ceremony Berjalan Meriah

    Patut melihat apakah situasi yang sama akan dirasakan media saat berada di stadion lain. Karena memang total ada delapan stadion yang akan menjadi ajang pertandingan Piala Dunia 2022.

    Meski terganggu dalam urusan kenyamanan, harus penulis akui upacara pembukaan Piala Dunia 2022 berlangsung amat meriah. Satu di antara penampilan terbaik muncul saat artis Morgan Freeman menampilkan aksi teatrikal dengan Ghanim Al-Muftah.

    Freeman membacakan kutipan Al-Quran Surat Al-Hujurat Ayat 13. Netizen pun terpukau dengan inisiatif yang dilakukan oleh tim panitia Piala Dunia 2022.

    Selain itu, ada pula debut solo Jungkook. Sang artis K-Pop menyanyikan single favoritnya.

    4 dari 7 halaman

    Kemegahan Stadion Al Bayt

    Sebagai informasi, Stadion Al Bayt terletak sekitar 35 km dari Doha dan bisa dijangkau oleh publik menggunakan kombinasi transportasi umum yakni metro dan bus.

    Stadion Al Bayt begitu dekat untuk mewakili budaya masyarakat Qatar, sebagaimana namanya yang datang dari bayt al sha'ar atau tenda-tenda tradisional Suku Badawi, masyarakat pengembara jazirah Arab.

    Citra tenda tradisional itu terpampang pada atap Stadion Al Bayt yang dibuat melengkung-lengkung tak ubahnya atap tenda dengan penyangganya yang kukuh.

    Aksen garis-garis hitam putih, yang biasanya melekat pada tenda bayt al sha'ar juga dipakai menjadi warna interior Stadion Al Bayt berpadu dengan corak kain sadu khas Timur Tengah.

    Dengan segenap karakteristik Qatar banget yang melekat, stadion satu ini dipercaya menyelenggarakan delapan pertandingan lagi selain duel pembuka Piala Dunia 2022.

     

    5 dari 7 halaman

    Jadwal Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt

    • 20 November 2022: Qatar Vs Ekuador (Grup A)
    • 23 November 2022: Maroko Vs Kroasia (Grup F)
    • 25 November 2022: Inggris Vs Amerika Serikat (Grup B)
    • 27 November 2022: Spanyol Vs Jerman (Grup E)
    • 29 November 2022: Belanda Vs Qatar (Grup A)
    • 1 Desember 2022: Kosta Rika Vs Jerman (Grup E)
    • 4 Desember 2022: Pemenang Grup B vs Runner-up Grup A (Babak 16 Besar)
    • 10 Desember 2022: Pemenang Pertandingan 51 vs Pemenang Pertandingan 52 (Perempat Final)
    • 14 Desember 2022: Pemenang Pertandingan 59 vs Pemenang Pertandingan 60 (Semifinal)
    6 dari 7 halaman

    Liputan Khusus Piala Dunia 2022

    <p>Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Liputan Langsung Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    7 dari 7 halaman

    Persaingan di Grup A Piala Dunia 2022

    Video Populer

    Foto Populer