Sukses


    Patut Ditiru! Inilah Aksi Simpatik Pelatih Australia untuk Hormati Striker Utama yang Cedera di Piala Dunia 2022

    Bola.com, Doha - Tugas seorang pelatih sepak bola tak melulu memberi program latihan dan taktik permainan di pertandingan. Lebih dari itu, pelatih harus memiliki jiwa leadership dan mengayomi para pemain agar menjadi sebuah kesatuan yang solid.

    Sikap itu ditunjukkan Graham Arnold, pelatih Timnas Australia di Piala Dunia 2022. Bahkan sikap manusiawi juga dilakukan Arnold usai Australia membungkam Tunisia 1-0 lewat gol sundulan Mitchell Duke pada lanjutan penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Sabtu (26/11/2022).

    Dengan menyeka air mata, Graham Arnold ikut larut di tengah kerumunan perayaan yang diiringi lantunan lagu Down Under yang dinyanyikan para suporter melalui pengeras suara stadion setelah peluit akhir.

    Graham Arnold pantas sangat emosional atas kemenangan malam itu. Karena tiga poin atas Tunisia merupakan kemenangan ketiganya dalam 18 pertandingan di ajang Piala Dunia.

    2 dari 8 halaman

    Ikut Dibawa ke Qatar

    Ketika para pemain The Socceroos berkerumun di pinggir lapangan merayakan kemenangan setelah 12 tahun paceklik mendulang tiga poin di ajang Piala Dunia, Graham Arnold menuntun Martin Boyle yang memakai kruk penyangga kaki.

    Boyle adalah striker utama di Timnas Australia. Namun dia absen karena mengalami cedera lutut beberapa minggu sebelum Piala Dunia 2022 digelar. Kendati begitu, Arnold tetap membawa Boyle ke Qatar.

    3 dari 8 halaman

    Beri Motivasi

    Seperti dikutip dari Associated Press, Arnold terus memotivasi dan memberi peran kepada Boyle di dalam tim. Penyerang kelahiran Aberdeen, Skotlandia, itu diberi tugas sebagai staf analisis di skuad Australia. Sebuah posisi strategis yang tentu saja tak mengganggu aktifvtas fisik bagi Boyle yang sedang memakai kruk.

    Martin Boyle telah 15 kali membela Australia di Piala Dunia. Saat ini dia bermain di klub Hibernian di Liga Utama Skotlandia. Boyle sebelumnya bermain di beberapa klub seperti Montrose, Dundee United, dan klub Arab Saudi, Al Faisaly.

    4 dari 8 halaman

    Merasa Kehilangan

    Makanya, Graham Arnold merasa sangat kehilangan dengan absennya gacoan utama di lini depan itu. Beruntung Mitchell Duke sukses menggantikan peran Boyle yang absen.

    "Untuk menjaga agar semua pria tetap bersemangat, saya harus membawa Boyle. Karena dia adalah salah satu pria paling fantastis yang pernah saya temui di tim ini. Tidak mungkin saya memulangkan dia. Sementara dia sangat berjasa untuk Australia. Dia pantas mendapatkannya lebih dari siapa pun setelah ikut meloloskan Australia ke Piala Dunia 2022,” kata Graham Arnold.

    5 dari 8 halaman

    Tetap Membumi

    Di ruang ganti, Arnold mengingatkan para pemainnya jangan terlalu larut atas keberhasilan menjegal Tunisia.

    “Saya hanya berkata, seluruh Australia sangat bangga dengan kalian. Tetapi kita tidak perlu menggelar pesta. Sukses ini akan jadi cerita sampai di rumah. Nikmati saja beberapa menit ini di lapangan bersama para suporter. Kemudian mandi es, pulih, dan bersiap untuk melawan Denmark,'” ucap Arnold.

    6 dari 8 halaman

    Jadi Titik Balik

    Graham Arnold juga yakin kemenangan malam itu bisa mempersatukan bangsa Australia. Socceross adalah julukan Timnas Putra, sedangkan Matildas sebutan untuk Timnas Putri Negeri Kangguru.

    “Ada satu atau dua tim yang mempersatukan bangsa dan, itu adalah Socceroos dan Matildas,” ujar Arnold.

    “Saat Socceroos bermain di Piala Dunia, penggemar AFL, liga rugby, dan kriket, mereka semua menjadi penggemar sepakbola. Saya kira mereka juga bangga bila Matildas sukses seperti Socceroos," jelasnya.

    Sumber: Associated Press

    7 dari 8 halaman

    Persaingan Grup D Piala Dunia 2022

    8 dari 8 halaman

    Piala Dunia 2022 Eksklusif di Emtek Group

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer