Sukses


    Daftar Lengkap Tim yang Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022: Asia 3 Wakil, Tanpa Jerman dan Belgia

    Bola.com, Jakarta - Seluruh tim peserta Piala Dunia 2022 memasuki matchday ketiga Piala Dunia 2022. Grup A, Grup B, Grup C, Grup D, Grup E, Grup F, Grup G, dan Grup H sudah merampungkan laga-laga fase grup. 

    Hingga akhirnya lengkap sudah 16 tim yang menyegel tiket ke babak 16 besar. 

    Prancis menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke babak gugur Piala Dunia 2022. Les Bleus meraih dua kemenangan beruntun di Grup D.

    Setelah itu ada Brasil dan Portugal. Kedua tim juga ikut menjejakkan langkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, setelah mengemas dua kemenangan beruntun. Swiss menjadi tim terakhir yang lolos ke babak gugur.

    Tim-tim terbaru yang lolos salah satunya adalah Korea Selatan. Berikut ini daftar lengkap tim yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022

    2 dari 9 halaman

    Prancis

    Timnas Prancis menjadi tim pertama di Piala Dunia 2022 yang menggenggam tiket ke babak 16 besar. Kepastian itu mereka dapat usai mengalahkan Denmark 2-1, Sabtu (26/11/2022).

    Sepasang gol dari Kylian Mbappe dan hanya satu gol balasan Andreas Christensen membuat tim Ayam Jantan melaju ke babak gugur. Sebelumnya pasukan Didier Deschamps menghajar Australia dengan skor telak 4-1 pada 23 November 2022.

    Prancis berpeluang menjadi juara Grup D Piala Dunia 2022. Ia hanya membutuhkan hasil draw saat melakoni partai terakhir melawan Tunisia.

    3 dari 9 halaman

    Brasil dan Portugal

    Timnas Brasil membuktikan diri sebagai tim favorit di Piala Dunia 2022 juga berhasil lolos dari babak penyisihan grup. Dalam dua laga awal, tim Samba selalu meraih angka penuh.

    Pasukan Tite sukses menghajar Serbia 2-0 pada pertandingan pertama melalui sepasang gol Richarlison. Disusul hasil terbaru mereka yang menang tipis 1-0 atas Swiss, Senin (28/11/2022) malam.

    Gol tunggal Casemiro sudah cukup membuat Brasil menyandak predikat tim teratas dari Grup H. mereka mengumpulkan enam angka dan berpeluang menjadi juara grup. Brasil akan melakoni laga terakhir Grup H dengan bertemu Ghana yang kini ada di posisi kedua.

    Eropa mengirimkan wakil lainnya di babak 16 besar Piala Dunia 2022 selain Prancis. Portugal mengikuti jejak Prancis dengan melaju ke fase gugur setelah memenangkan laga kedua Grup G, Selasa (29/11/2022) dini hari WIB.

    Selecao das Quinas menggasak Uruguay 2-0 dalam laga kedua Grup H di Stadion Lusail Stadium, Doha. Bruno Fernandes menjadi bintang kemenangan Timnas Portugal atas Uruguay. Gelandang klub Manchester United (MU) itu memborong dua gol ke gawang lawan.

    Kemenangan ini membuat Portugal memuncaki Grup H dengan nilai enam dari dua pertandingan dan dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia. Adapun Uruguay masih terpaku di poisisi terbawah dengan nilai satu.

     

    4 dari 9 halaman

    Belanda, Senegal, Inggris, dan AS

    Empat tim terbaru yang juga memastikan melaju ke 16 besar adalah Belanda, Inggris, Senegal, dan Amerika Serikat. 

    Belanda lolos ke 16 besar sebagai juara grup A setelah mengalahkan Qatar 2-0, Selasa (29/11/202). Runner up Grup A menjadi milik Senegal yang pada saat yang bersamaan mengalahkan Ekuador 2-1. 

    Inggris melangkah mulus ke babak 16 besar setelah menumbangkan Wales 3-0, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. The Three Lions menjadi juara Grup B. 

    Posisi runner up Grup dihuni Amerika Serikat, yang pada laga bersamaan menaklukkan Iran 1-0. 

    5 dari 9 halaman

    Argentina, Australia, dan Polandia Menyusul

    Pada pertandingan Rabu malam dan Kamis dini hari WIB, tiga tim memastikan menyegel tiket ke babak 16 besar. 

    Australia menemani Prancis yang lebih dulu melaju ke 16 besar. Prancis jadi juara grup D meski kalah dari Tunisia 0-1 di laga ketiga fase grup, sedangkan Australia melaju setelah mengalahkan Denmark 1-0. 

    Argentina melenggang setelah melibas Polandia 0-2. Tapi, Polandia meskipun kalah tetap lolos karena unggul selisih gol atas peringkat ketiga Grup C, Meksiko. 

    Selanjutnya, Maroko, Kroasia, Jepang, dan Spanyol juga menyusul. Jepang di luar dugaan berhasil melibas Spanyol 2-1, sedangkan Jerman menang 4-2 atas Kosta Rika tapi tetap gagal lolos karena kalah selisih gol dari Spanyol. 

    6 dari 9 halaman

    Korea Selatan

    Korea Selatan secara dramatis mengamankan tiket 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mempermalukan Portugal 2-1 dalam matchday terakhir fase Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Jumat (12/2/2022) malam WIB.

    Portugal unggul lebih dahulu pada menit ke-5 lewat aksi Ricardo Horta. 

    Korea membalas lewat aksi Kim Young-gwon pada menit ke-27. Gol Korea ini berawal dari blunder tak sengaja Cristiano Ronaldo. Punggung Cristiano Ronaldo mengenai bola hasil tendangan sudut Son Heung-min.

    Bola pantulan dari punggung Ronaldo malah mengarah ke mulut gawang Diogo Costa dan langsung disambar Kim Young-gwon. Skor pun menjadi 1-1 dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

    Babak kedua, Korea membuat kejutan pada injury time. Pada menit ke-90, Hwang Hee-chan membuyarkan Portugal pada menit ke-90 setelah berhasil merangksek ke kotak penalti.

    Menerima umpan Son Heung-min, Hwang Hee-chan sukses menjebol gawang Diogo Costa.

    Portugal yang sudah lolos sejak matchday kedua dipastikan menjadi juara grup. Sementara, Korea Selatan yang sama-sama meraih empat poin dengan Uruguay yang mengalahkan Ghana 2-0. Korea mengamankan posisi 16 besar Piala Dunia 2022, karena unggul produktivitas dari Uruguay

    7 dari 9 halaman

    Swiss Susul Brasil

    Swiss akhirnya menemani Brasil sebagai wakil grup G yang melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tak lepas dari kemenangan Swiss atas Serbia dengan skor 3-2 dalam partai pamungkas Grup G di Stadium 974, Sabtu (3/12/2022) dini hari WIB.

    Ketiga gol kemenangan Swiss masing-masing dicetak oleh Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, dan Remo Freuler. Sementara Serbia hanya bisa membalas dua gol melalui Aleksandar Mitrovic dan Dusan Vlahovic.

    Hasil ini membuat Swiss mengumpulkan nilai enam dari tiga laga. Adapun Serbia baru memetik satu poin dan tersingkir dari pentas Piala Dunia 2022 Qatar. Swiss menjadi runner-up grup G dan akan bersua juara grup H yaitu Portugal di babak 16 besar.

    8 dari 9 halaman

    Daftar Tim yang Lolos dan Gugur di Piala Dunia 2022

    Tim yang lolos ke babak gugur

    1. Prancis (juara Grup D)
    2. Brasil (Juara Grup G)
    3. Portugal (Juara Grup H)
    4. Belanda (juara Grup A)
    5. Senegal (runner up Grup A)
    6. Inggris (juara Grup B)
    7. Amerika Serikat (runner up Grup B)
    8. Australia (runner up Grup D)
    9. Argentina (juara Grup C)
    10. Polandia (runner up Grup C)
    11. Maroko (juara Grup F)
    12. Kroasia (runner up Grup F)
    13. Jepang (juara Grup E)
    14. Spanyol (runner up Grup E)
    15. Korea Selatan (runner-up Grup H)
    16. Swiss (Runner-up Grup G)

    Tim yang tersingkir

    1. Qatar
    2. Kanada
    3. Ekuador
    4. Wales
    5. Iran 
    6. Meksiko
    7. Arab Saudi 
    8. Tunisia
    9. Denmark 
    10. Belgia
    11. Jerman
    12. Kosta Rika 
    13. Uruguay
    14. Ghana
    15. Serbia
    16. Kamerun
    9 dari 9 halaman

    Piala Dunia 2022 Eksklusif di Emtek Group

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer