Sukses


    Piala Dunia 2022: Senegal Diduga Lakukan Pelanggaran, Timnas Inggris Diuntungkan?

    Bola.com, Jakarta - Timnas Senegal sedang mengalami kondisi yang tidak mengenakkan. Mereka disebut sedang diselidiki Komite Disiplin FIFA atas potensi pelanggaran menjelang pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Timnas Inggris.

    Pasukan Aliou Cisse itu berhasil melaju ke-16 besar Piala Dunia 2022. Mereka menjadi runner-up Grup A di bawah Belanda.

    Kepastikan Senegal melaju ke fase gugur terjadi pada laga terakhir Grup A. Dalam pertandingan yang berlangsung Selasa (29/11/2022) malam WIB itu, Ismaila Sarr dkk. menang 2-1 atas Ekuador.

    Ini adalah kelolosan pertama mereka ke-16 besar Piala Dunia sejak edisi 2002. Menariknya, saat itu Aliou Cisse masih berstatus sebagai pemain Senegal.

    2 dari 5 halaman

    Konferensi Pers

    Menurut laporan dari Sportbible, FIFA mengonfirmasi pada Rabu (30/11/2022), Federasi Sepak Bola Senegal menghadapi penyelidikan dari penyelenggara Piala Dunia 2022. Kasus yang diselidiki adalah konferensi pers sebelum laga antara Ekuador melawan Senegal.

    Seperti diketahui, setiap tim wajib mengirim dua orang yang berisi pelatih dan perwakilan pemain di setiap konferensi pers pada satu hari sebelum pertandingan.

    Namun, pada konferensi pers jelang laga antara Ekuador kontra Senegal, hanya Aliou Cisse yang hadir. Tidak ada pemain Senegal yang menemani Cisse saat itu.

    Sang pelatih berbicara cukup panjang pada konferensi pers tersebut. Diketahui pelatih dengan gaya rambut nyentrik itu berbicara selama lebih dari 40 menit.

    3 dari 5 halaman

    Sedang Diproses

    FIFA pada Rabu mengonfirmasi pihaknya telah membuka proses investigasi terhadap FA Senegal, dan pelanggaran terkait konferensi pers tersebut.

    “Komite Disiplin FIFA telah membuka proses terhadap Federasi Sepak Bola Senegal karena potensi pelanggaran pasal 44 Regulasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022, pasal 2.7.2 Regulasi Media dan Pemasaran dan pasal 8.5.3 Tim Handbook,” kata FIFA dalam sebuah pernyataan.

    “Potensi pelanggaran terkait dengan konferensi pers wajib yang berlangsung pada 28 November menjelang pertandingan Piala Dunia FIFA Ekuador vs Senegal.”

    FIFA sebelumnya menjatuhkan denda kepada Jerman sekitar £8.800 karena melanggar pelanggaran yang sama menjelang pertandingan melawan Spanyol pada Minggu (27/11/2022).

    Kini, sepertinya FA Senegal akan menghadapi dampak yang sama dengan Jerman setelah FIFA mengeluarkan denda atas pelanggaran tersebut.

    4 dari 5 halaman

    Inggris Diuntungkan?

    Pada-16 besar Piala Dunia 2022, Senegal sudah ditunggu Timnas Inggris. Hukuman yang mengintai Senegal ini tentu bisa sedikit menguntungkan Inggris.

    Paling tidak, skuad Senegal sedikit terganggu secara psikologis jika memang ada hukuman yang dijatuhkan FIFA kepada mereka.

    Inggris pun sedang dalam kepercayaan diri yang bagus. Mereka memastikan lolos ke fase knock-out sebagai juara Grup B.

    5 dari 5 halaman

    Posisi Senegal di Grup A Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022_2 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer