Sukses


    Statistik 4 Negara Semifinalis Piala Dunia 2022 di Babak 4 Besar: Argentina Terkinclong, Prancis Paling Sering

    Bola.com, Jakarta - Komposisi peserta semifinal Piala Dunia 2022 cukup di luar dugaan. Ada dua negara yang tidak terlalu diperhitungkan ternyata memberi kejutan besar. 

    Prancis dan Argentina yang sejak awal jadi kandidat juara masih bertahan. Dua negara lainnya adalah Kroasia dan Maroko yang tidak diperhitungkan.

    Luputnya Kroasia dan Maroko sebagai kandidat juara tidak lepas dari rekam jejak kedua negara di Piala Dunia. Mereka belum pernah jadi juara Piala Dunia, bahkan untuk bersaing di babak semifinal saja masih diragukan.

    Beda halnya dengan Prancis dan Argentina. Kedua negara ini pernah juara Piala Dunia lebih dari sekali. Untuk masuk babak semifinal pun terhitung sering.

    Lantas bagaimana rekam jejak Prancis, Argentina, Kroasia, dan Maroko di babak semifinal Piala Dunia? Simak ulasan selengkapnya di bawah.

     

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 7 halaman

    Prancis Paling Sering

    Di antara empat semifinalis lain, Prancis adalah tim dengan partisipasi tertinggi di babak semifinal Piala dunia. Prancis sudah enam kali menjejak ke babak semifinal.

    Semifinal pertama Prancis tercipta terjadi pada edisi 1958. Selanjutnya, Prancis pernah menembus empat besar lagi pada edisi 1982, 1986, 1998, dan 2018.

    Meski begitu, Prancis punya persentase kelolosan ke final yang cukup rendah, yaitu hanya 50 persen atau hanya tiga pertandingan yang dimenangkan. Tiga pertandingan yang dimenangi Prancis itu dua di antaranya berakhir dengan juara di partai final, termasuk pada 2018.

     

    3 dari 7 halaman

    Argentina Paling Mujur

    Nasib berbeda justru dialami oleh Argentina. Albiceleste memang baru lima kali menjejak ke semifinal, masing-masing pada edisi 1930, 1978, 1986, 1990, dan 2014.

    Kendati begitu, Argentina justru jadi tim yang paling mujur setiap mencapai empat besar. Argentina tidak pernah kalah sama sekali kalah dan selalu mencapai ke laga final.

    Di partai final, nasib Argentina tidak mujur-mujur amat karena baru memenanginya dua kali. Terakhir kali Argentina juara terjadi pada edisi 1986.

     

    4 dari 7 halaman

    Kroasia Incar Hasil Lebih Baik

    Kroasia bukanlah tim yang sering mencapai semifinal Piala Dunia, sekalipun tim berjuluk Vatreni ini adalah finalis Piala Dunia 2018. Kroasia baru dua kali mencapai semifinal, itu terjadi di edisi 1998 dan 2018.

    Dari dua kesuksesan itu, Kroasia belum pernah keluar jadi juara. Pada 1998, Kroasia gagal di semifinal dan hanya bisa menempati peringkat ketiga. Lalu di edisi terakhir, Kroasia berhasil di semifinal, tetapi hanya bisa jadi runner-up.

    Maka dari itu, keberhasilan Kroasia mencapai empat besar lagi di Piala Dunia 2022 mengusung target untuk mengincar hasil lebih baik. Skuad mereka tidak banyak berubah dengan penambahan kualitas dan mentalitas finalis yang masih bertahan.

     

    5 dari 7 halaman

    Maroko Baru Pertama Kali

    Apabila Kroasia kurang berpengalaman di semifinal, maka Maroko adalah anak baru. Ya, tim berjuluk Singa Atlas ini sebelumnya belum pernah menjejak ke partai semifinal.

    Partisipasi Maroko di Piala Dunia 2022 adalah yang keenam kalinya sepanjang sejarah. Perjalanan terjauh tim asal Afrika ini adalah mencapai babak 16 besar di edisi 1986.

    Selain itu, partisipasi Maroko di edisi 1970, 1994, 1998, dan 2018 hanya berakhir di fase grup. Oleh karena itu, Maroko akan mencoba sekuat tenaga untuk bisa mencapai fase sejauh yang mereka bisa.

     

    6 dari 7 halaman

    Jadwal Semifinal Piala Dunia 2022

    Rabu, 14 Desember 2022

    • 02.00 WIB: Argentina vs Kroasia
    • Venue: Lusail Iconic Stadium

    Kamis, 15 Desember 2022

    • 02.00 WIB: Prancis vs Maroko
    • Venue: Al Bayt Stadium

    Sumber: berbagai sumber

    Disadur dari: Bola.net (Penulis Abdi Rafi Akmal, published 12/11/2022)

    7 dari 7 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com di Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer