Sukses


    Mengintip Kekuatan Timnas Israel U-20 di Piala Dunia U-20 2023, Negara yang Bisa Picu Kontroversi di Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Timnas Israel U-20 menjadi salah satu negera yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Ini merupakan kali pertama mereka tampil di ajang bergengsi level usia muda tersebut.

    Piala Dunia U-20 2023 bakal berlangsung di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023 di enam kota dan kabupaten. Ada enam stadion yang dijadikan venue pertandingan turnamen dua tahunan tersebut.

    Keenam stadion tersebut yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

    Bola.com menyajikan sejumlah fakta terkait keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia. Berikut ulasannya dibawah ini.

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Penampilan Perdana

    Total ada 24 peserta Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Dua di antaranya berstatus debutan, yaitu Republik Dominika dan Israel.

    Timnas Israel U-20 sebelumnya pernah lolos ke Piala Dunia edisi 1970, tapi ini kali pertama mereka lolos dengan status wakil benua Eropa.

    Kepastian lolos ke Piala Dunia U-20 didapat setelah Israel finis di peringkat dua klasemen babak penyisihan Grup B Piala Eropa U-19 di Slovakia. Di tabel klasemen, Israel berada di bawah Inggris serta mengungguli Austria dan Serbia.

    Mereka mengemas empat poin dari tiga pertandingan yang dilakoni. Israel tampil cukup baik disepanjang fase Grup B Piala Eropa U-19.

    Israel masing-masing meraih sekali kemenangan, hasil imbang, dan kekalahan. Tim berjulukan The Blue and Whites itu mengoleksi enam gol dan kebobolan sebanyak lima kali.

    Kemenangan Israel didapat ketika menundukkan Austria dengan skor 4-2 (22/6/2022). Kemudian bermain imbang 2-2 kontra Serbia (19/6/2022) dan ditundukkan Inggris 0-1 di laga pamungkas (25/6/2022).

    Meski cuma finish di posisi kedua klasemen Grup B, Oscar Gloukh dkk. berhak lolos ke Indonesia karena Eropa memiliki jatah tiket bagi empat semifinalis. Serta satu negara yang lolos melalui play-off di Piala Eropa U-19 2022.

    3 dari 5 halaman

    Prestasi Israel

    Kejutan demi kejutan diciptakan oleh Timnas Israel di bawah tangan dingin juru taktik, Ofir Haim. Ya, setelah memastikan tiket ke Piala Dunia U-20 di Indonesia, mereka secara mengejutkan berhasil melenggang ke final Piala Eropa U-19.

    Kepastian itu didapat setelah di semifinal mereka mengalahkan Timnas Prancis dengan skor 2-1 di MOL Arena, pada 29 Juni 2022. Sayang, di partai puncak The Blue and Whites harus mengakui keunggulan Timnas Inggris dengan skor 3-1 di City Arena Trnava, Slovakia pada 28 Juni 2022.

    Ketika masih bergabung dengan Asia atau AFC, Israel pernah menjuarai Piala Asia U-19 pada edisi 1964, 1965, 1966, 1967, 1971, dan 1972. Selain itu mereka juga pernah berlaga di Piala Oseania dan menjadi runner-up pada 1985 dan 1986.

    4 dari 5 halaman

    Bintang Lapangan: Oscar Gloukh

     
     
     
    View this post on Instagram

    A post shared by אוסקר (@oscar.gloukh)

    Kesuksesan Timnas Israel melenggang ke babak final Piala Eropa U-19 2022 tak lepas dari andil sang gelandang serang, Oscar Gloukh. Total pemain berusia 18 tahun itu mencetak tiga gol bagi Israel disepanjang turnamen.

    Dua gol pemain FC Red Bull Salzburg itu di antaranya tercipta di babak penyisihan Grup B. Sedangkan sebiji gol lainnya dilesakkan ke gawang Inggris di partai final Piala Eropa U-19 2022.

    Berkat penampilan gemilangnya di Piala Eropa U-19, sejumlah tim besar pun kepincut menggunakan jasa Oscar Gloukh. Sebelum berlabuh ke RB Salzburg pada 27 Januari 2023, Tottenham Hotspur, Borussia Dortmund, hingga Barcelona dikabarkan tertarik mendatangkan Oscar.

    Oscar Gloukh dikontrak selama empat musim hingga Juni 2027. Dia didatangkan RB Salzburg dari klub Israel, Maccabi Tel Aviv. Selama berkostum Maccabi Tel Aviv, Oscar bermain dalam 10 pertandingan dan mencetak tiga gol.

    5 dari 5 halaman

    Timbulkan Polemik

    Keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 dikhawatirkan menimbulkan polemik bagi Indonesia selaku tuan rumah. Terlebih, sampai saat ini Indonesia tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

    Dalam sejarahnya, Indonesia bahkan pernah menolak bertanding melawan Israel. Itu terjadi dalam kualifikasi Piala Dunia 1958. Sikap tersebut sebagai upaya untuk tidak mengakui keberadaan Israel.

    Indonesia sendiri dikenal sebagai negara yang pro terhadap Palestina terkait konflik berkepanjangan dengan Israel. Dalam hal ini Israel dianggap negara yang merampas kemerdekaan rakyat Palestina.

    Gelombang penolakan Israel tampil di Piala Dunia U-20 sempat muncul di media sosial. Sebagian besar warga Indonesia menolak kehadiran Israel. Mereka bahkan menyamakan Israel dengan Rusia yang dilarang ikut Piala Dunia 2022 lantaran dianggap menjajah Ukraina.

    Video Populer

    Foto Populer