Sukses


    Kans Timnas Indonesia U-20 Masuk di Grup Ringan pada Piala Dunia U-20 2023: Berpotensi Jumpa Israel

    Bola.com, Jakarta - Pengundian babak grup Piala Dunia U-20 2023 baru akan dilakukan pada 31 Maret mendatang. Tetapi hitung-hitung peluang Timnas Indonesia U-20 untuk dapat lolos ke babak 16 besar sudah dimulai setelah pengumuman pembagian pot.

    Sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-20 mendapatkan keuntungan untuk berada di pot pertama. Setidaknya, mereka dipastikan terhindar dari terkaman Uruguay, Amerika Serikat, Prancis, Senegal dan Italia yang sama-sama menghuni pot tertinggi.

    Untuk pot kedua, terdapat beberapa negara kuat yakni Inggris, Korea Selatan, Selandia Baru, Kolombia, dan Ekuador. Brasil yang merupakan salah satu juara terbanyak turnamen ini juga berada di pot ini.

    Pot ketiga, dihuni tim yang cukup beragam. Nigeria, Jepang, dan Honduras merupakan langganan turnamen ini. Sementara Uzbekistan, Irak, dan Fiji baru-baru ini sempat berhadapan dengan Timnas Indonesia U-20.

    Terakhir, pot keempat dihuni beberapa tim yang tak terlalu garang yakni Guatemala, Gambia, Slovakia, dan Tunisia. Bahkan, Israel dan Republik Dominika baru akan menjalani debut turnamen.

    Dengan aturan tim yang berasal dari konfederasi sama tidak akan saling bertemu. Hokky Caraka dkk mungkin bisa mendapatkan lawan yang cukup ringan. Siapa saja lawan yang dimaksud?

    Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

    2 dari 5 halaman

    Selandia Baru (Pot Kedua)

    Melihat daftar tim yang ada di pot kedua, Selandia Baru jadi lawan paling realistis bagi Timnas Indonesia U-20. Walaupun sudah enam kali tampil di turnamen ini, prestasi terbaik tim asal Oseania ini hanya sampai di babak 16 besar.

    Meski begitu, Garuda Nusantara tak boleh menyepelekan kekuatan Selandia Baru. Dalam turnamen mini beberapa waktu lalu, anak asuh Shin Tae-yong takluk 1-2 dari tamunya tersebut.

    Namun, pertemuan itu juga bisa dijadikan pembelajaran yang baik. Setidaknya mereka sudah memahami kekuatan dan kelemahan Selandia Baru.

    3 dari 5 halaman

    Honduras di Pot Ketiga

    Dengan Selandia Baru jadi lawan dari pot kedua, praktis Honduras jadi satu-satunya lawan yang cukup mudah untuk dihadapi Timnas Indonesia U-20 dari pot ketiga.

    Walaupun cukup sering tampil di putaran final, prestasi Honduras tak pernah berubah. Dalam delapan kali keikutsertaan, mereka selalu terhenti di fase grup.

    Menghadapi mereka seharusnya menjadi sebuah keuntungan bagi Timnas Indonesia U-20. Apalagi mereka akan didukung puluhan ribu suporter yang setia di belakang mereka.

    4 dari 5 halaman

    Tunisia / Israel di Pot Keempat

    Seperti halnya Honduras, Tunisia tak pernah bisa unjuk gigi di turnamen ini. Dalam dua kesempatan sebelumnya, mereka selalu terhenti di babak grup. Catatan itu menjadi pertimbangan untuk memasukkan mereka di daftar ini.

    Sementara itu, Israel juga bisa jadi lawan yang masuk akal bagi Timnas Indonesia U-20. Walau tampil luar biasa di ajang Piala U-19 beberapa waktu lalu, tetap saja turnamen ini bakal jadi debut untuk tim berjulukan Si Biru Putih tersebut.

    Panasnya hubungan diplomatik antar kedua negara juga bisa jadi bumbu tambahan andai pertemuan mereka tak terhindarkan. Pertarungan keduanya dipastikan akan menyedot perhatian publik Indonesia.

    5 dari 5 halaman

    Nikmati Sajian Piala Dunia U-20 di Emtek Group

    <p>Piala Dunia U-20 - Emtek Official Broadcaster Piala Dunia U-20 (Bola.com/Erisa Febri/Adreanus Titus)</p>

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia U-20 2023 menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai platform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang muda dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Nikmati berita-berita eksklusif Piala Dunia U-20 di Bola.com, dengan mengklik tautan ini.  

    Video Populer

    Foto Populer