Sukses


    Piala Dunia U-17 2023: FIFA Sudah Injak Rumput JIS Sabtu Siang, Ratu Tisha Jelaskan Kondisinya

    Bola.com, Jakarta - FIFA telah memeriksa Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (29/7/2023) siang WIB. Bagaimana hasilnya?

    Perwakilan FIFA datang ke JIS bersama Wakil Ketua PSSI, Ratu Tisha Destria. Kedua belah pihak terlihat bercengkerama di rumput lapangan utama.

    Selain JIS, FIFA juga dijadwalkan mengecek sejumlah stadion dan lapangan latihan yang diajukan PSSI untuk menjadi penyelenggara Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember 2023.

    Dari daftar kunjungan FIFA yang diperoleh Bola.com, Federasi Sepak Bola Internasional itu juga menginspeksi Stadion Madya, Lapangan ABC, Gelora Soemantri Brodjonegoro, Lapangan Hoki, dan Pancoran Soccer Field pada hari Sabtu (29/7/2023).

    2 dari 4 halaman

    Penjelasan Ratu Tisha

    Ratu Tisha mengatakan bahwa FIFA fokus terhadap tiga pokok dalam meninjau stadion dan lapangan latihan calon tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

    "Pertama kesiapan venue, termasuk stadion dan lapangan-lapangan latihan," ungkap Ratu Tisha dinukil dari laman PSSI.

    Tisha mengungkapkan FIFA juga bakal menginspeksi pitch management atau lapangan dengan lebih spesifik terkait jenis dan kondisi rumput.

     
    3 dari 4 halaman

    Rumput JIS Harus Diganti

    FIFA, kata Tisha, juga bakal memperhatikan team services yang berkaitan dengan akomodasi para peserta Piala Dunia U-17 2023.

    FIFA, pemerintah, dan PSSI juga sepakat bahwa rumput JIS, yang berjenis rumput hibrida alias kombinasi rumput zoysia japonica dengan sintetis, harus diganti.

    FIFA juga telah mengirimkan surat kepada PSSI untuk merombak rumput JIS mengingat intensitas pertandingan di Piala Dunia U-17 2023 cukup tinggi.

    "Di surat FIFA juga disebutkan bahwa pemulihan perbaikan rumput ini membutuhkan waktu selama 8-10 pekan," imbuh Ratu Tisha.

    4 dari 4 halaman

    Baik untuk Indonesia

    "Menurut saya, ini inisiatif yang sangat baik dari FIFA agar Indonesia bisa mempersiapkan JIS untuk digunakan di Piala Dunia U-17 2023," ungkapnya.

    Selain JIS, tujuh stadion calon tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 ialah Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, hingga Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

    Selain itu, juga Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

    Video Populer

    Foto Populer