Sukses


Indonesia Sapu Bersih 12 Kru-200 Meter Perahu Naga

Bola.com, Singapura - Cabang olah raga dayung di nomor perahu naga menyumbangkan dua medali emas pada hari pertama perlombaan SEA Games 2015. Emas itu diperoleh dari nomor 12 kru-200 meter putri dan 12 kru-200 meter putra.

Bertempat di lokasi terpopuler di Singapura, Marina Bay, tim perahu naga Indonesia langsung memenuhi target perolehan dua emas. Padahal, di nomor pembukaan pada perlombaan hari pertama, 6 kru-200 meter putri, peruntungan seolah tak memihak kubu Indonesia.

Perahu yang dikayuh enam pedayung itu keluar jalur saat sedang memimpin. Tak hanya membuat emas melayang, posisi tiga besar pun tak bisa diraih. Pada nomor lain yang dipertandingkan sesudahnya, Indonesia juga gagal mendapat medali.

Namun, angin peruntungan berubah. Indonesia menyapu bersih dua nomor terakhir, yakni 12 kru-200 meter putri dan 12 kru-200 meter putra. Sontak, hasil ini disambut kelegaan dan kegembiraan luar biasa baik dari para pedayung, tim pelatih dan ofisial, hingga jurnalis yang meliput perjuangan tim perahu naga Indonesia di SEA Games 2015.

"Tidak sia-sia kami berjuang hingga akhir. Terima kasih semuanya," kata Young Mardinal, manajer tim perahu naga Indonesia.

Salah satu pelatih perahu naga, Kuat, juga mengungkapkan kelegaannya. Pasalnya, secara khusus, emas yang diraih di nomor 12 kru-200 meter putri jadi yang pertama setelah sekian tahun lamanya.

"Seingat saya, selagi berkarier sebagai atlet maupun kini jadi pelatih, terakhir kali Indonesia meraih emas dari nomor 12 kru-200 meter putri itu pada SEA Games 1995. Kala itu perahu naga Indonesia memang masih berjaya, tetapi lantas kalah bersaing dari Myanmar," tutur Kuat.

Dengan alasan itu pula keberhasilan Astri Dwijayanti dkk. pantas dirayakan. Terlebih kesuksesan itu dilengkapi dengan medali emas yang diraih tim putra.

Akan tetapi, tim perahu naga Indonesia tak boleh cepat berpuas diri karena tantangan esok hari masih menanti. Tim perahu naga Indonesia masih akan berjuang di hari kedua kelas perahu naga, Minggu (7/6), di empat nomor, yakni 6 kru-500 meter putra dan putri serta 12 kru-500 meter putra dan putri.

"Kami mohon kembali doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar bisa meraih medali emas lagi," kata Kuat.

Dari empat nomor yang diperlombakan Sabtu (6/6) ini, empat medali emas dibagi rata Indonesia dan Thailand. Bila Indonesia menyabet di nomor 12 kru-200 meter putra dan putri, Negeri Gajah Putih menang di nomor 6 kru-200 meter putra dan putri.

Baca Juga:

[[WAWANCARA] Marjuki, Peraih Emas Pertama Indonesia](2246608 "")

Indonesia Raya Berkumandang Pertama Kali di Venue SEA Games 2015

Indonesia Tambah Emas dari Tunggang Serasi Berkuda

Video Populer

Foto Populer