Sukses


Oasis di Tengah Paceklik Medali Emas Indonesia

Bola.com, Singapura - Di saat perolehan medali dari mayoritas cabang olah raga seret, dayung jadi oasis buat kontingen Indonesia di SEA Games 2015. Dayung sukses menyabet delapan medali emas, enam medali perak, dan empat perunggu.

Perolehan itu membuat tim dayung Indonesia yang diperkuat 32 atlet keluar sebagai juara umum. Sejauh ini dayung jadi cabor ketiga yang mampu jadi juara umum dari 32 cabor yang diikuti Indonesia di SEA Games 2015. Sebelumnya, judo dan berkuda memberikan kebanggaaan dengan jadi juara umum dengan koleksi masing-masing lima dan dua medali emas.

Delapan emas dari dayung ini juga jadi yang terbanyak yang disumbangkan oleh satu cabor di SEA Games 2015. Di SEA Games ke-28 ini, Indonesia turun di 32 cabor.

Dengan perolehan delapan emas, enam perak, dan empat perunggu, praktis Indonesia mendapatkan medali, setidaknya perunggu, di setiap nomor yang diikuti karena Tim Merah-Putih turun di 18 nomor dari 18 nomor yang diperlombakan di cabor dayung SEA Games 2015.

Raihan delapan medali emas dari dayung ini melampui proyeksi medali yang dicanangkan Satlak Prima, yakni enam medali emas. Sementara bila mengacu pada target yang ditetapkan Pengurus Besar (PB) Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), jumlah delapan emas itu belum sesuai target. PB PODSI menargetkan sembilan emas, empat perak, dan lima perunggu.

Meski begitu, hasil di SEA Games 2015 tetap disyukuri dan pantas jadi kebanggaan di tengah melesetnya target medali yang dialami beberapa cabang olah raga.

Secara keseluruhan, PB PODSI mampu memenuhi proyeksi emas di SEA Games 2015 yang dicanangkan Satlak Prima. Selain dari dayung dengan target enam emas, proyeksi kano dan perahu naga masing-masing tiga dan satu emas juga sukses diwujudkan. Khusus perahu naga, tim Indonesia bahkan mendapat dua emas. Total medali yang diperoleh cabor di bawah PB PODSI adalah 13 emas, 10 perak, dan 10 perunggu.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian atlet di SEA Games kali ini," kata Achmad Sutjipto, Ketua PB PODSI, usai perlombaan di Marina Channel, Singapura, Minggu (14/6).

Pada SEA Games 2013 di Myanmar, tim dayung Indonesia hanya turun di sembilan nomor dan membawa pulang lima medali emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Baca juga :

Rajai Hari Terakhir, Dayung Sumbang 5 Emas

Kalah Lagi, Jonatan: Saya Minta Maaf

Langkah Linda Terhenti di Perempat Final

 

Video Populer

Foto Populer