Sukses


Eksklusif dari Austria: Start Posisi 5, Rio Berharap Trek Kering

Bola.com, Jakarta Rio Haryanto menunjukkan determinasi tinggi pada seri ke-4 GP2 Austria di sirkuit Red Bull Ring. Itu diperlihatkan pebalap asal Surakarta ini pada sesi latihan bebas dan kualifikasi yang digelar Jumat (19/6) waktu setempat.

Pada sesi latihan bebas, Rio mencatat waktu tercepat ke-8. Pebalap yang tergabung bersama Campos Racing itu sekaligus mengungguli rekan setimnya asal Perancis, Arthur Pic, dengan catatan waktu 1:15.568 atau selisih tipis 0,001 detik. Performa Rio pada sesi kualifikasi terus membaik.
 
Ia berhasil memperbaiki catatan waktunya lebih cepat dari sesi latihan bebas, yakni 1:14.481. Berkat catatan waktu itu, pebalap kelahiran 22 Januari 1993 ini pun berhak start di posisi ke-5 pada feature race, Sabtu (20/6). Bola.com mendapat kesempatan mewawancarai Rio usai menjalani sesi kualifikasi, Jumat (19/6) sore waktu setempat. Berikut petikan wawancaranya:
 
Rio, ada komentar tentang sesi latihan bebas dan kualifikasi?

Terima kasih atas supportnya. Catatan waktu di sesi latihan bebas kurang baik. Saya hanya berada di posisi ke-8. Tapi itu sudah saya perbaiki pada sesi kualifikasi. Catatan waktu saya lebih baik, dan saya berhasil menempati posisi ke-5 untuk race pertama.
 
Apa kendala pada sesi latihan bebas sehingga catatan waktunya cukup jauh dari posisi pertama?

Lintasannya waktu sesi latihan bebas masih sedikit basah. Itu penyebabnya. Pada sesi kualifikasi, lintasannya sudah kering. Kondisi ini sangat membantu saya untuk bisa memacu mobil lebih cepat lagi. Selain treknya yang sudah kering, pergantian ban juga sangat membantu.
 
Apakah puas start di posisi ke-5 pada feature race?

Ssaya rasa ini posisi start yang terbaik yang pernah saya peroleh di GP2 tahun ini. Pada seri-seri sebelumnya saya justru harus start di posisi lebih jauh lagi. Jarak waktu dengan posisi 1 juga hanya terpaut 0,307 detik. Ini sangat bagus bagi saya dan tim Campos Racing. Kans untuk naik podium cukup terbuka.
 
Selain podium, apa yang diharapkan pada balapan?

Tentu meraih poin. Tapi satu hal yang saya harapkan untuk balapan adalah treknya tidak basah. Semoga lintasannya kering. Karena setingan mesinnya bagus untuk trek kering. Andaikan pada balapan nanti lintasannya basah, tim teknisi sudah mengantisipasi semuanya.
 
Hasil Sesi Kualifikasi, Jumat (5 Besar)

Stoffel Vandoorne (Belgia/ART Grand Prix) 1:14.174
N. Matsushita (Jepang/ART Grand Prix) 1:14.263
Pierre Gasly (Prancis/DAMS) 1:14.300
Sergey Sirotkin (Rusia/Rapax) 1:14.434
Rio Haryanto (Indonesia/Campos Racing) 1:14.481

Untuk balapan di Red Bull Ring Spielberg tahun ini, Bola.com akan meliput langsung aksi pebalap asal Surakarta tersebut di sirkuit yang sejak dua tahun terakhir ini kembali menjadi salah satu venue balapan Formula 1. Nikmati laporan eksklusif dari Austria.
 
Baca Juga:

Eksklusif dari Austria: Rio Haryanto Berhasrat Naik Podium Lagi

Eksklusif dari Austria: Rio Haryanto Was-was Hujan di Spielberg

Eksklusif dari Austria: Optimisme Manajer Rio Haryanto

Video Populer

Foto Populer