Sukses


MotoGP San Marino: Rivalitas Rossi vs Lorenzo Dalam Angka

Bola.com, San Marino - Sejak Jorge Lorenzo berkiprah di ajang MotoGP pada 2008, rivalitasnya dengan Valentino Rossi perlahan terbentuk. Persaingan kedua pebalap mengkristal saat sama-sama mengusung panji tim Yamaha pada periode 2009-2010.

Menengok hasil-hasil balapan beberapa tahun terakhir, Misano jelas menjadi wilayah kekuasaan Yamaha. Dani Pedrosa yang memperkuat Honda menjadi satu-satunya pebalap non-Yamaha yang mampu juara di Misano sejak kemenangan Casey Stoner bersama Ducati pada 2007. Sisanya, seluruh kemenangan disapu bersih Yamaha, melalui Rossi maupun Jorge Lorenzo.

Berikut rivalitas Rossi versus Lorenzo dalam angka, seperti dilansir Sportyou, Senin (7/9/2015).

2008

Valentino Rossi berhasil memencundangi Lorenzo di musim ini. Pebalap Italia itu melintasi garis finis lebih cepat 3,163 detik dibanding Lorenzo. Saat sesi kualifikasi, Rossi hanya mampu menjadi yang tercepat kedua, sedangkan Lorenzo di posisi ketiga. Pole position jadi milik Casey Stoner.

2009

Lagi-lagi Rossi menjadi juara, unggul 2,416 detik atas Lorenzo. Pada balapan ini Rossi memenangi pole position, Lorenzo start dari posisi ketiga, di belakang Pedrosa.

2010

Gelar juara tak jadi milik Rossi maupun Lorenzo. Pedrosa lah yang menjadi kampiun. Lorenzo finis kedua, disusul Rossi di urutan ketiga.

2011

Tahun terburuk Rossi di Sirkuit Misano. Saat itu The Doctor membalap bersama Ducati. Lorenzo memenangi balapan ini. Tragisnya, Rossi finis di posisi ketujuh. Catatan waktunya defisit sekitar 23 detik dari sang pemenang. Pole menjadi milik Stoner (Honda) dan Lorenzo finis kedua, sedangkan Rossi di urutan keenam.

2012

Dalam kondisi lintasan kering, Rossi sukses finis kedua. Ini adalah hasil terbaik Rossi bersama Ducati. Hal tersebut cukup mengejutkan karena Ducati kerap kesulitan di lintasan kering. Lorenzo jadi juara, unggul 4,398 detik atas Rossi. Saat kualifikasi, Pedrosa mampu menempati pole, Lorenzo di posisi kedua, dan Rossi di urutan keenam.

2013

Kemenangan ketiga beruntun Lorenzo di Sirkuit Misano. Rossi, yang telah kembali ke Yamaha hanya finis keempat, tertinggal 15 detik di belakang Lorenzo. Pole position direbut Marc Marquez, ditemani Lorenzo dan Rossi di baris terdepan.

2014

Kembalinya sang Raja Misano. Rossi menjadi juara setelah mengalahkan Lorenzo dengan keunggulan 1,578 detik.

2015

Siapakah yang bakal jadi juara?

Secara keseluruhan, Lorenzo merupakan pebalap terbaik di Sirkuit Misano sejak 2008. Total dia mengoleksi 135 poin, dibandingkan 113 poin yang diaih Rossi dalam periode yang sama.

Baca Juga: 

Rossi Khawatirkan Rekor Apik Lorenzo di Misano

5 Alasan Rossi Anggap MotoGP San Marino Spesial

 

 

Video Populer

Foto Populer