Sukses


Lagi, Federer Dinobatkan sebagai Petenis Terkaya di Dunia

Bola.com, New York - Roger Federer memuncaki daftar petenis terkaya versi Forbes dalam sembilan tahun beruntun. Selama setahun, petenis asal Swiss tersebut meraup penghasilan total senilai 67 juta dollar Amerika arau setara Rp 979,4 miliar, yang berasal dari hadiah turnamen dan kesepakatan dengan sponsor. Pendapatan tersebut dihitung sejak 1 Juni 2014 hingga 1 Juni 2015.

Mantan petenis nomor satu dunia tersebut belum menunjukkan tanda-tanda bakal gantung raket meskipun usianya telah menginjak usia 34 tahun. Hadiah uang segar yang didapatnya dari berbagai turnamen telah mencapai sekitar 100 juta dollar Amerika (Rp 1,46 triliun) sepanjang kariernya.

Menurut Forbes, Sabtu (26/9/2015), petenis pengoleksi 17 gelar Grand Slam tersebut merupakan atlet terkaya kelima dunia. Sedangkan posisi pertama ditempati petinju Floyd Mayweather yang mampu meraup penghasilan senilai 300 juta dollar Amerika atau setara Rp 4,38 triliun. Namun, untuk kategori petenis Federer masih menjadi yang terkaya.

Posisi kedua daftar petenis terkaya ditempati Novak Djokovic. Petenis Serbia yang baru saja menjuarai AS Terbuka 2015 itu mampu meraup pendapatan 48,2 juta dollar Amerika (Rp 704,6 miliar) dalam setahun. Adapun Rafael Nadal berada di posisi ketiga dengan penghasilan mencapai 32,5 juta dollar Amerika atau setara Rp 475,1 miliar.

Komposisi Federer, Djokovic, dan Nadal di posisi tiga besar peringkat petenis terkaya di dunia ini sama seperti tahun lalu. Pendapatan ketiganya jika digabungkan bisa mencapai 148 juta dollar Amerika (Rp 2,16 triliun).

Sementara itu, Maria Sharapova masih menjadi petenis putri berpenghasilan terbesar di dunia. Pemegang lima gelar Grand Slam tersebut memuncaki daftar dengan penghasilan sebesar 29,7 juta dollar Amerika atau setara Rp 434 miliar. Sebanyak 23 juta dollar Amerika (Rp 336 miliar) di antaranya berasal dari sponsor. Kekayaannya hanya berada di urutan ke-21 untuk total seluruh atlet. Sedangkan Serena Williams berada di posisi ke-47 daftar keseluruhan atlet, dengan penghasilan setahun mencapai Rp 359 miliar.

Baca Juga: 

Piala Davis: Belgia Jamu Inggris Raya di Lapangan Tanah Liat

Sembuh dari Cedera, Sharapova Siap Beraksi di Tiongkok

Raih 3 Grand Slam, Djokovic Jadi Favorit di ATP World Tour Finals

 

Video Populer

Foto Populer