Sukses


    Menguak Makna Logo dan Maskot Asian Games 2018

    Bola.com, Jakarta - Logo dan maskot Asian Games 2018 resmi diluncurkan di Jakarta, Minggu (27/12/2015). Burung Cendrawasih menjadi inspirasi di balik logo dan maskot yang dipilih Indonesia.

    Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengaku telah memberikan beberapa pilihan kepada Ketua Olympic Council of Asia (OCA), Syeikh Ahmad Al-Fahad Al- Sabah. Setelah melalui beberapa pertimbangan akhirnya terpilih Logo Burung Cendrawasih.

    "Logo Asian Games 2018 berupa seluit Burung Cendrawasih. Ini untuk memastikan Asian Games 2018 bukan hanya perhelatan 4 provinsi yang ditunjuk melainkan milik masyarakat Indonesia," kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa tersebut, seperti dikutip situs resmi Kemenpora, hari ini.

    Untuk maskot, Kemenpora mengambil nama Drawa dari kata Cendrawasih. Drawa pun didesain sedemikian rupa memakai baju kebesaran pencak silat.

    "Kami berkepentingan pencak silat tidak hanya dipertandingkan di Asian Games, tetapi semoga ke depan pencak silat dipertandingkan di Olimpiade," ujar Imam Menpora.

    Sebelumnya, Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, berharap pemilihan burung Cendrawasih akan membawa kesuksesan dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

    "Saya harapkan burung Surga ini bisa selalu jadi pedoman untuk menyukseskan Asian Games yang akan digelar tiga tahun mendatang," kata Jusuf Kalla dalam sambutannya. "Burung Paradise ini memang sangat jarang ada, tapi jangan sampai medalinya juga jarang."

    Video Populer

    Foto Populer