Sukses


Sirkuit F1: Monaco, Trek Menantang Sekaligus Membosankan

Bola.com, Monte Carlo - Sirkuit Monaco merupakan lintasan balap mobil yang menggunakan jalanan kota Monte Carlo dan La Condamine di sekitar pelabuhan Monaco. Sirkuit ini termasuk di antara trek yang paling berbahaya di ajang Formula 1 (F1).

Maklum, Sirkuit Monaco menyajikan trek yang terbilang sempit dan juga berkelok. Sirkuit ini jelas lebih membutuhkan kemampuan pebalap ketimbang kecepatan mobil.

Tidak adanya ruang bagi pebalap untuk melakukan kesalahan karena tidak adanya run-off area atau gravel. Jika sedikit saja melakukan kesalahan, pebalap kemungkinan besar akan menghantam pagar pembatas.

Sirkuit Monaco. (Formula 1)

Selain berbahaya, Sirkuit Monaco juga disebut sebagai trek yang paling menarik karena memiliki banyak tanjakan dan turunan. Tak hanya itu, sirkuit yang berkapasitas 37.000 orang tersebut memiliki sejumlah tikungan tajam yang menantang.

Namun, sayangnya ada beberapa pihak yang menilai karakter Monaco justru membuat balapan F1 menjadi membosankan. Karakter trek di Sirkuit Monaco yang sempit membuat pebalap jadi sulit melakukan aksi salip-menyalip.

Akibatnya, hasil akhir dari balapan sudah bisa diprediksi sejal awal. Sejumlah pihak menuding, pemenang di Sirkuit Monaco sudah ditentukan dari posisi start. Strategi pitstop juga memiliki peranan penting bagi pebalap yang ingin menang di sirkuit ini.

Data Sirkuit Monaco:

Nama: Sirkuit Monaco (Circuit de Monaco)
Lokasi: Monte Carlo, Monaco
Panjang: 3,337 km
Jumlah lap: 78 lap
Jumlah tikungan: 19 tikungan
Juara musim 2015: Nico Rosberg
Rekor Fastest Lap (2015) : Daniel Ricciardo 1 menit 18,063 detik

Video Populer

Foto Populer