Sukses


F1 Telah Aman Kendati Jules Bianchi Meninggal di Sirkuit

Bola.com, London - Bernie Ecclestone bersikeras mengklaim bahwa ajang balap F1 sudah aman kendati Jules Bianchi menghembuskan nafas terakhirnya setelah koma selama sembilan bulan akibat kecelakaan di GP Jepang tahun lalu. Bos F1 tersebut mengatakan kematian Bianchi terjadi karena insiden di luar standar keamanan ajang adu cepat jet darat tersebut.

Ecclestone menilai bahwa F1 sesungguhnya sudah aman dan tabrakan yang dialami Bianchi dinilainya bukan sesuatu yang sering terjadi. Pria 84 tahun itu menegaskan akan tetap memprioritaskan keamanan, meskipun rencananya adalah untuk membuat mobil lebih kencang dan lomba lebih menantang.

“Crane yang ditabrak Bianchi semestinya tidak berada di situ. Jika demikian, dia pasti dalam posisi yang sama seperti pebalap lain yang melipir dan menghantam pembatas ban," ucapnya dalam wawancaranya dengan Sky Sports.

“Sekarang ini Formula 1 aman. Mobil-mobilnya super aman, sirkuitnya aman, semuanya baik. Seperti saya katakan, kalau truk itu tidak ada di sana, mungkin insiden itu tidak terjadi. Itulah yang mereka komplain belakangan ini, bahwa mungkin kami harus sangat aman dan bersih."

Ecclestone juga yakin, Bianchi pasti ingin supaya olah raga ini tetap menantang. Menurut Ecclestone, pihaknya telah membuat balapan seaman mungkin. Akan tetapi, ia mengakui para pebalap juga berpacu sekencang mungkin, sehingga perlombaan F1 tetap penuh resiko meskipun aman.

"Semua orang tahu, ada bahaya pada olah raga ini, dan mereka hidup dengan itu," imbuhnya.

Pria berkebangsaan Inggirs itu turut memberi testimoni dan ungkapan duka pada Bianchi. "Pertama, dia pribadi yang sangat menyenangkan. Kedua, dia sangat berbakat. Ini sungguh sebuah kehilangan yang besar, baik buat olahraga ini apalagi keluarganya," tandasnya.

Jules Bianchi meninggal dunia di Rumah Sakit Centre Hospitaler di Nice, Prancis, Sabtu (18/7/2015) WIB. Bianchi mengembuskan napas terakhir setelah berjuang hidup sembilan bulan lamanya dalam koma, akibat cedera otak yang dialaminya akibat kecelakaan di Sirkuit Suzuka pada Grand Prix Jepang, Oktober 2014.

Kecelakaan hebat tersebut terjadi saat sirkuit dalam keadaan basah. Mobil Marussia yang ia kemudikan menabrak sebuah crane yang sedang meminggirkan mobil Sauber milik Adrian Sutil di pinggir trek.

Baca Juga:

Koma 9 Bulan, Pebalap F1 Jules Bianchi Meninggal Dunia

Jules Bianchi Meninggal, Dunia F1 Sampaikan Belasungkawa

Jules, Klan Kedua Bianchi yang Tewas Akibat Kecelakaan

Video Populer

Foto Populer